Analisis Implementasi Kurikulum Cambridge pada Salah Satu Sekolah Internasional di Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p48-64Keywords:
Pendidikan, Kurikulum, Nasional, InternasionalAbstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam kehidupan dan kualitas pendidikan yang diwujudkan dalam perubahan kurikulum. Kurikulum di Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda misalnya kurikulum nasional dna kurikulum internasional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kurikulum nasional seringkali lebih terkait dengan budaya lokal dan nilai-nilai nasional, menciptakan fondasi yang mencerminkan identitas dan kebutuhan masyarakat. Sedangkan kurikulum internasional, seperti kurikulum Cambridge dan International Baccalaureate (IB) mencerminkan aspirasi global dan standar yang relevan dalam skala internasional (Cambridge Assessment International Education, 2021). Pada salah satu sekolah internasional di Jakarta terdapat beberapa jenis kurikulum, meliputi: Singapore Curriculum, IGCSE, dan IB Diploma. Terdapat tingkat prasekolah yang menggunakan Kurikulum Singapura, di tingkat dasar dan menengah menggunakan IGCSE dan Kurikulum Singapura, sedangkan di tingkat perguruan tinggi junior menggunakan kurikulum IB Diploma. Pembelajaran pada kurikulum nasional dan internasional memiliki perbedaan pada penggunaan bahasa, misalnya pada kurikulum nasional menggunakan bahasa utama Bahasa Indonesia sedangkan pada kurikulum internasional menggunakan bahasa utama Bahasa Inggris.
References
Abdulloh, A. & Makruf, I. (2023). Manajemen Implementasi Perpaduan Kurikulum Cambridge dan Kurikulum Nasional di SMP Islam Al Abidin Surakarta. ISLAMIKA, 5(1), 391-409. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v5i1.2838.
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Surabaya: Refika Aditama.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A.H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.
Bahri, S. (2011). Curriculum Development "Basics and Objectives". Scientific Journal: Islam Futura. 11(1). 16-34. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61.
Cholilah, M., Tatuwo, A.G.P., Rosdiana, S.P., & Fatirul, A. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 56-67. DOI: https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110.
Elfrida, D., Santosa, H., & Soefijanto, T.A. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru dan Implementasi Kurikulum Asing Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Internasional Jakarta Utara. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 4(1), 53-66. DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v4i1.1358
Fajrina. R.A., Yanti, K.D., Damayanti, P., Asiyah, S., dan Rohmatin, Y.D. (2023). Analisis Pemikiran Siswa Tentang Proses Pembelajaran Menggunakan Kurikulum Cambridge Assessment International Education dalam Kelas Internasional X SMA Negeri 3 Ponorogo. Jurnal Edupedia Universitas Muhammadiyah Ponorogo. 7(1). 57-67. DOI: https://doi.org/10.24269/ed.v7i1.1927.
Fitria, S. D., Sujono, G., & Rokhman, M. (2021). Implementasi Kurikulum Cambridge di SDI Kreatif Mutiara Anak Sholeh Sukodono Sidoarjo. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 188-198. Retrieved from:
https://jurnal.stituwjombang.ac.id/index.php/irsyaduna/article/view/300.
Fitrianah, R.D. (2018). Sistem Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural di Negara Negara Asean (Malaysia, Filipina, Singapura dan Brunei Darussalam). At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 17(2), 231-240. DOI: http://dx.doi.org/10.29300/attalim.v17i2.1414.
Laili, D.R. (2019). Implementation of the Cambridge Curriculum in the Learning System at Mi Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), 1–11. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/28717.
Hasanah, U. (2019). The Integration Model of 2103 Curriculum and Cambridge Curriculum In Elementary Schools. Jurnal Pendidikan Guru MI, 6(2), 144-158. DOI:https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v6i2.4939.
Indana, N. (2018). Penerapan Kurikulum Terintegrasi dalam Mengembangkan Mutu Belajar Siswa (Studi Kasus di SMA Darul Ulum 1 Unggulan Bppt Jombang). Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 121-147. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v3i2.80.
Kartiana, L. (2023). Studi Dekriptif Kualitatif Implementasi Kurikulum International Baccalaureate (IB) Primary Years Programme di TK Sekolah Victory Plus Kota Bekasi. Seroja: Jurnal Pendidikan, 2(5), 249-259. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja/article/view/1283.
Kartiko, A. & Azzukhrufi, J.R. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pendidik di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Mazro’atul Ulum Paciran. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 207–226. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v4i2.351.
Muthoifin, M., Saefuddin, D., & Husaini, A. (2013). Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 152–197. DOI: https://doi.org/10.32832/tadibuna.v2i2.562.
Nabila, Z. (2022). Cambridge Curriculum Implementation At SMP Madina Islamic School. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(1), 101-112. DOI: https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1932.
Nafisah, N.F. (2018). Implementasi Kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Internasional Al Al-Abidin Surakarta dan Sekolah Dasar Integral Walisongo Sragen. Profetika: Jurnal Studi Islam. 19(2). 154-162. DOI: https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8122.
Nugroho, H. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Cambridge International Primary Program di Sekolah Taman Rama Denpasar Bali. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 412. Retrieved from: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs/article/view/412.
Nuraeni, Y. (2020). A Case Study of Curriculum Implementation and K-13 Challenges in Indonesia. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(1), 14-18. DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v2i1.2263.
Purwadhi. (2019). Curriculum Management in the 21st Century Learning. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan, 12(2), 143-156. Retrieved fom: https://www.journals.mindamas.com/index.php/sosiohumanika/article/view/1238.
Ramadianti, A.A. (2023). Analisis Global Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Dunia Pendidikan. Ecodunamika. 4(2), 7144. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/7144
Rofiah, C. (2022). Analisis Data Kualitatif : Manual atau dengan Aplikasi?. Develop. 6(1). 33-46. DOI: https://doi.org/10.25139/dev.v6i2.4389.
Setiawan, B. & Suwandi, E. (2022). The Development of Indonesia National Curriculum and its Changes : The integrated Science Curriculum Development in Indonesia. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 3(4), 528-535. DOI: http://dx.doi.org/10.46843/jiecr.v3i4.211.
Suarga, S. (2017). Kerangka Dasar Dan Landasan Pengembangan Kurikulum 2013”, Inspiratif Pendidikan, 6(1), 15-23. Retrieved from: https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3579.
Tarigan, M., Alvindi, Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dan Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Mahaguru : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 149-159. Retrieved from: https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/view/3922/1439.
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyu, K. (2018). Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran di SD Hj Isriati Baiturrahman 1 Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved from: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/34313.
Wahyudin. (2018). Optimalisasi Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 6(2), 249-265. Retrieved from: https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1932.
Widjanarko, J., & Pd, B.S. (2018). Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Pembelajaran Matematika. Education, 6(6), 1030-1039. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23925.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Nisa Adilah, Jay Galvez, Suliyanah Suliyanah, Utama Alan Deta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.