Profil Level Argumentasi Topik Hujan Es di Surabaya pada Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya

Authors

  • Choirunisa Sudarini Universitas Negeri Surabaya
  • Fajaria Meli Susanti Universitas Negeri Surabaya
  • Misbah Universitas Lambung Mangkurat
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Admoko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p33-39

Keywords:

Profil, Level Argumentasi, Hujan Es, Toulmin

Abstract

Argumentasi merupakan suatu proses penguatan sebuah klaim yang diperoleh melalui proses berpikir kritis yang berdasarkan pada bukti dan alasan yang logis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil level argumentasi topik hujan es di Surabaya pada mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya yang melibatkan 73 responden. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dalam menganalisis level argumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan level argumentasi mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya terkait fenomena hujan es di Surabaya terdiri atas 0% pada level 1,83% pada level 2, 10% pada level 3, dan 7% pada level 4. Hal ini karena mahasiswa memberikan argumentasi dengan komponen Toulmin yang berbeda beda. Dapat disimpulkan bahwa level argumentasi terkait fenomena hujan es di Surabaya pada mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya berada pada level 2 karena hanya mengandung claim yang disertai dengan alasan atau data yang mendukung claim, dan perlu dilakukannya pembelajaran berbasis argumentasi yang dapat meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan argumentasi dengan harapan akan menghasilkan kualitas argumentasi ilmiah yang tinggi dan bernilai.

References

Amiroh, F., & Admoko, S. (2020). Tinjauan Terhadap Model- Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Knsep Fisika Dengan Metode Library Research. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 207–214.

Anwarudin, G. A., & Admoko, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Untuk Meningkatkan Argumentasi Ilmiah Materi Getaran Harmonis. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3), 804–809.

Demircioglu, T., & Ucar, S. (2015). Investigating the effect of argument-driven inquiry in laboratory instruction. Educational Sciences, Theoty and Practce, 15(1), 267-283.

Deta, U.A., Fadillah, R.N., Ria Agustina, P.Z., Prakoso, I., Nurlailiyah, A., Saregar, A., Misbah, & Lestari, N. A. (2020). The Scientific Argumentation Profile of Earthquake Mitigation of Non-Science Undergraduate Student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012037

Deta, U.A., Yanti, V.K., Misbah, Mahtahari, S., & Alamsyah. (2021). The scientific argumentation profile of annular solar eclipse phenomenon June 21st2020 of physics undergraduate student in Universitas Negeri Surabaya. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796, 012103,

Devi, N.D.C., Susanti VH,E., & Indriyanti, N.Y. (2018). Analysis of High School Students’ Argumentation Ability in the topic of Buffer Solution. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 141.

Sambada, D.. (2012). Peranan Kreativitas Siswa Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Dalam Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 2(2), 37-47.

Dwikoranto, D. (2011). Aplikasi Metode Diskusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif, Afektif Dan Sosial Dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 1(2), 40-49.

Fadholi, A. (2012). Analisa Kondisi Atmosfer pada Kejadian Cuaca Ekstrem Hujan Es ( Hail ). Simetri, Jurnal Ilmu Fisika Indonesia, 1(September), 74–80.

Ginanjar, W.S., Utari, S., & Muslim, D. (2015). Penerapan Model Argument-Driven Inquiry Dalam Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Smp. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 20(1), 32-37.

Haruna, A., & Nahadi. (2021). Menjelajahi Hubungan Level Argumentasi Dengan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ikatan Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2686–2694.

Kristianto, A., Jhonson, I., Saragih, I.J.A., Larasati, G., & Akib, K. (2018). Identifikasi Kejadian Hujan Es Menggunakan Citra Radar dan Satelit Cuaca. Prosiding Pit Ke-5 Riset Kebencanaan Iabi Universitas Andalas, Padang 2-4 Mei 2018, 349-362.

Noer, H.A., Setiono, S., & Pauzi, R.Y. (2020). Profil Kemampuan Argumentasi Siswa Smp Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal Pelita Pendidikan, 8(2), 138–144.

Probosari, R.M., Ramli, M., Harlita, H., Indrowati, M., & Sajidan, S. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 29-33.

Rahayu, Y., Suhendar, S., & Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. Biodik, 6(3), 312–318.

Soekisno, R.B.A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120-139.

Widhi, M.T.W., Hakim, A.R., Wulansari, N.I., Solahuddin, M.I., & Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79–91.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Sudarini, C., Susanti, F. M., Misbah, Deta, U. A., & Admoko , S. (2022). Profil Level Argumentasi Topik Hujan Es di Surabaya pada Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 33–39. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p33-39

Most read articles by the same author(s)