Analisis Kualitas Butir Soal Asesmen Sumatif Geografi pada Materi Peta, Penginderaan Jauh, dan Sistem Informasi Geografis
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p102-113Keywords:
Analsis Butir Soal, Asesmen Sumatif, Pembelajaran GeografiAbstract
Asesmen sumatif berfungsi untuk mengukur capaian siswa setelah menyelesaikan suatu materi pembelajaran. Diperlukan analisis butir soal untuk memastikan instrumen berkualitas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kualitas butir soal pada asesmen sumatif materi peta, penginderaan jauh, dan sistem informasi geografis. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif deskriptif yang dipilih dengan teknik purposive sampling pada 34 siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Malang. Data diperoleh melalui studi dokumentasi instrumen asesmen dan jawaban siswa, teknik analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, indeks kesukaran, daya beda, dan efektivitas distraktor. Hasil menunjukkan 84% butir soal valid dan reliabilitas 0,76 (reliabel). Tingkat kesukaran soal didominasi kategori sedang 88%. Daya beda butir soal optimal sebesar 88% item, sedangkan efektivitas distraktor berfungsi pada 68%. Profil pemahaman siswa menunjukkan bahwa materi peta memiliki rata-rata dan nilai tertinggi dibandingkan penginderaan jauh dan SIG. Secara keseluruhan, asesmen sumatif geografi telah memenuhi standar kualitas instrumen meskipun diperlukan revisi pada butir soal yang bermasalah untuk meningkatkan akurasi penilaian dimasa mendatang. Penelitian ini memberikan kerangka kuantitatif yang dapat diadopsi oleh guru untuk meninjau dan merevisi butir soal, serta mendorong penerapan analisis butir soal secara rutin guna meningkatkan efektivitas penilaian pembelajaran geografi.
References
Ajmi, M.A., Mustakim, S.S., Roslan, S., & Almehrizi, R. (2024). Psychometric characteristics of the numerical ability test for Gulf students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 13(4), 2552-2561. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v13i4.28917.
Amalia, N., Kamaruddin, T., & Amri, A. (2019). Analisis butir soal geografi kelas XI semester ganjil tahun ajaran 2017/2018 di SMA Negeri Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah, 4(1), 105–112. Retrieved from: https://jim.usk.ac.id/geografi/article/view/13243.
Arifin, Z. (2017). Evaluasi pembelajaran (edisi ke-1). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arwansyah, Y.B., Setiawan, K.E.P., & Yuda, R.K. (2022). Analisis butir soal penilaian akhir tahun (PAT) bahasa indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Polanharjo Klaten. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(2), 25-33. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v11i2.6620.
Bano, V.O., Marambaawang, D.N., & Njoeroemana, Y. (2022). Analisis kriteria butir soal ujian sekolah mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Waingapu. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(1), 145–152. Retrieved from: https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/660.
Basileo, L.D., Otto, B., Lyons, M., Vannini, N., & Toth, M.D. (2024). The role of self-efficacy, motivation, and perceived support of students’ basic psychological needs in academic achievement. Frontiers in Education, 9, 1385442. DOI: https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1385442.
Brownlie, N., Burke, K., & van der Laan, L. (2024). Quality indicators of effective teacher-created summative assessment. Quality Assurance in Education, 32(1), 30–45. DOI: https://doi.org/10.1108/QAE-04-2023-0062.
Darwin, D., Boeriswati, E., & Murtadho, F. (2023). Asesmen pembelajaran bahasa dalam kurikulum merdeka belajar pada siswa SMA. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(2), 25-36. DOI: https://doi.org/10.31000/lgrm.v12i2.8639.
Efendi, M., Zulhimmah, Z., Lubis, N., & Harahap, H.A. (2024). Penerapan asesmen formatif dan sumatif dalam kurikulum merdeka di Madrasah Aliyah Swasta Darul Hadits Huta Baringin. Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan, 2(2), 64–72. DOI: https://doi.org/10.61292/cognoscere.169.
Erfan, M., Maulyda, M.A., Hidayati, V.R., Astria, F.P., & Ratu, T. (2020). Analisis kualitas soal kemampuan membedakan rangkaian seri dan paralel melalui teori tes klasik dan model Rasch. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 3(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080.
Fachruddin, F., Amiruddin, A., Lidan, A., Putra, E., Nasution, S., & Yuliana, Y. (2022). Pengaruh manajemen kesiswaan terhadap prestasi belajar peserta didik. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1443–1450. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2166.
Farida & Musyarofah, A. (2021). Validitas dan reliabilitas dalam analisis butir soal. Al-Mu’arrib: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, I(1), 34–44. Retrieved from: https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/AL-MUARRIB/article/view/2100.
Forthmann, B., Förster, N., Schütze, B., Hebbecker, K., Flessner, J., Peters, M. T., & Souvignier, E. (2020). How much g is in the distractor? Re-thinking item-analysis of multiple-choice items. Journal of Intelligence, 8(1), 11. DOI: https://doi.org/10.3390/jintelligence8010011.
Garcia, C., Olivas, L., Olivella, R., & Peliova, A. (2021). Edusat: remote sensing as an educational resource. The use of data from the Copernicus program as an innovative teaching method for students, teachers, and researchers. AGILE: GIScience Series, 2, 1–6. DOI: https://doi.org/10.5194/agile-giss-2-26-2021.
Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis butir soal ujian matematika kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. MATHEMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57-66. DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459.
Hardianti, H., Liliawati, W., & Tayubi, Y.R. (2023). Karakteristik tes kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi momentum dan impuls: Perbandingan classical theory test (CTT) dan model Rasch. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 8(1), 21–28. DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v8i1.30958.
Hidayati, A., Firdaussiah, L., Utami, I.R., & Ayu, N.P. (2022). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal matematika ekonomi pada materi fungsi permintaan dan penawaran ditinjau dari kemampuan koneksi matematis. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(3), 451–458. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i03.261.
Jati, P., Alawiati, A., Jibril H.A., Mudin, A., & Prisma S.C. (2023). Analisis kualitas butir soal geografi. Jurnal Pendidikan Geosfer, 8(2), 287–298. DOI: https://doi.org/10.24815/jpg.v8i2.32500.
Logayah, D.S., Ruhimat, M., Arrasyid, R., & Islamy, M.R.F. (2024). Item analysis of national geography olympiad Multiple-Choice Questions (MCQs) in Indonesia. Cogent Social Sciences, 10(1), 2354971. DOI: https://doi.org/10.1080/23311886.2024.2354971.
Lusiyanti, Amilda, & Laksono, P.J. (2021). Analisis butir soal pilihan ganda pada soal ulangan semester ganjil mata pelajaran kimia kelas X tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Al’ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 11-18. Retrieved from: https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/alilmi/article/view/14422.
Mangla, M., Mehta, V., Pattnaik, C.R., & Mohanty, S.N. (2023). Students’ feedback- An effective tool towards enhancing the Teaching Learning Process. EAI Endorsed Transactions on Scalable Information Systems, 10(5), 3347. DOI: https://doi.org/10.4108/eetsis.3347.
Mark, J. & Philip, M. (2017). Debates in geography education. Oxfordshire: Routledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9781315562452.
Nafs, H., Sridana, N., Hikmah, N., & Soeprianto, H. (2023). Analisis kualitas butir soal ulangan akhir semester genap mata pelajaran matematika kelas VII SMPN 6 Mataram tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2324–2331. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1785.
Pinaka, T. & Apri, D.S.K. (2024). Analisis butir soal model klasik pada Penilaian Harian Bersama (PHB) Mata Pelajaran bahasa indonesia kelas VII MTS Negeri 5 Magelang. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(1), 31–45. DOI: https://doi.org/10.31002/ijel.v7i1.835.
Putri, R.A. & Rosliyah, Y. (2020). Analisis distraktor butir soal bunpou shokyuu kouhan semester 2 tahun 2018/2019 prodi pendidikan bahasa jepang UNNES. KIRYOKU, 4(1), 18–25. DOI: https://doi.org/10.14710/kiryoku.v4i1.18-25.
Rahmah, R. & Cahyadi, A. (2024). Analisis implementasi permendikbud no. 21 tahun 2022 dalam standar penilaian pendidikan di Indonesia. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 831-843. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3460.
Rokhim, D.A., Tyas, F.K., Rahayu, S., & Habiddin, H. (2022). Perspektif siswa dan guru dalam pelaksanaan AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) Pada mata pelajaran kimia. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 46–52. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v5i12022p46.
Saputra, H.D., Purwanto, W., Setiawan, D., Fernandez, D., & Putra, R. (2022). Hasil belajar mahasiswa: Analisis butir soal tes. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(1), 15–27. DOI: https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i1.3432.
Saputro, R., Liesnoor, D., Setyowati, & Hardati, P. (2020). The students spatial critical thinking skill by using map and remote sensing imagery on geography lesson. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), 250-254. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.049.
Sarfraz, F., Sarfraz, F., Jawad, I., Zia-Ul-Miraj, M., Ahmad, R.Z., & Saleem, J. (2021). OSCE: An effective tool of assessment for medical students. Pakistan Journal of Medical and Health Sciences, 15(8), 2235–2239. DOI: https://doi.org/10.53350/pjmhs211582235.
Savika, H.I., Zuhriyah, I.A., & Susilawati, S. (2025). Peran guru dalam analisis butir soal di sekolah dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 3313–3319. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7534.
Sodikin, S., & Gumiandari, S. (2022). Analisis SWOT mutu evaluasi pembelajaran. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1), 59-69. DOI: https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p59-69.
Somayana, W. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 350–361. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33.
Sözcü, U., Türker, A., & Dündar, E. (2023). High school students’ evaluations on the reflections of geographical information on daily life. Journal of Teacher Education and Lifelong Learning, 5(1), 275–294. DOI: https://doi.org/10.51535/tell.1264253.
Sugiharni, G.A.D. (2023). Content validity of flipped learning-based statistical learning evaluation instruments at tourism colleges. Journal of Education Research and Evaluation, 7(2), 335–344. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v7i2.61240.
Teig, N., Scherer, R., & Nilsen, T. (2019). I know i can, but do i have the time? The role of teachers’ self-efficacy and perceived time constraints in implementing cognitive-activation strategies in science. Frontiers in Psychology, 10, 1697. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.01697.
Trianingsih, L. (2023). Analisis kualitas tes dan butir soal integral pada evaluasi formatif matematika teknik. Indonesian Journal of Civil Engineering Education, 9(2), 44-57. DOI: https://doi.org/10.20961/ijcee.v9i2.84711.
Wahyudi, M.W.P., Indryani, I., & Amanda, R.S. (2024). Analisis penggunaan asesmen sumatif sebagai alat penilaian perkembangan dan pembelajaran pada anak usia dini di TK Kirana Kota Jambi. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 8(1), 64–72. DOI: https://doi.org/10.31537/jecie.v8i1.1536.
Xiang, X. & Liu, Y. (2017). Understanding ‘change’ through spatial thinking using Google Earth in secondary geography. Journal of Computer Assisted Learning, 33(1), 65–78. DOI: https://doi.org/10.1111/jcal.12166.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hadar Rafliansyah Rivaldi, Adip Wahyudi, Ratna Arum Nur Indah Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





