Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS dan Keterampilan Sosial Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v4n2.p1-12Keywords:
Hasil belajar, Keterampilan Sosial, Media pembelajaran, Monopoli, Pembelajaran berbasis permainanAbstract
Kurangnya antusias siswa pada pembelajaran IPS di salah satu SMP di Surabaya membuat suasana kelas membosankan. Metode ceramah yang masih mendominasi berdampak pada rendahnya hasil belajar serta kurang berkembangnya keterampilan sosial siswa. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran menarik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Media edukatif Monopoli dirancang sebagai strategi interaktif dan menyenangkan yang dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan media pembelajaran Monopoli dalam meningkatkan hasil belajar IPS dan keterampilan sosial siswa SMP. Metode penelitian menggunakan PTK yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Data dihimpun melalui observasi, wawancara, dan tes kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji N-Gain dan secara kualitatif melalui analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran Monopoli mampu meningkatkan hasil belajar dan keterampilan sosial siswa. Persentase ketuntasan klasikal siswa semula 75% di siklus I meningkat menjadi 92,86% di siklus II. Selain itu, keterampilan sosial siswa, yang mencakup kemampuan bekerja sama, komunikasi, dan pemecahan masalah, juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis permainan seperti Monopoli dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran serta mengembangkan aspek sosial siswa.
References
Affandi, L., Sappaile, B.I., Warwer, F., Widianingsih, B., Nugroho, W., Yana, M., & Kirom, A. (2023). Penggunaan alat permainan edukatif sebagai media pembelajaran dalam kegiatan bermain sambil belajar. Global Education Journal, 1(3), 141–149. DOI: https://doi.org/10.59525/gej.v1i3.152.
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ariya, P., Wongwan, N., Intawong, K., & Puritat, K. (2025). Digital literacy through gaming: A comparative study of knowledge acquisition, social presence, and emotional reactions in digital and non-digital board games. Social Sciences and Humanities Open, 11(August 2024), 101387. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2025.101387.
Barth, V., Wanner, T., Gelderie, M., & Schüle, J. (2024). Is attacking more fun than defending? Observations from developing and evaluating practical game based learning. Procedia Computer Science, 246, 3148–3157. DOI: https://doi.org/10.1016/j.procs.2024.09.357.
Bustomi, Sukardi, I., & Astuti, M. (2024). Pemikiran konstruktivisme dalam teori pendidikan kognitif Jean Piaget dan Lev Vygotsky. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 7899–7906. Retrieved from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/37551.
Choirunnisa, M. & Arini, N.W. (2023). Pengembangan media pembelajaran Polysoc (Monopoly Social) untuk pembelajaran IPS kelas V sekolah dasar. Research and Development Journal of Education, 9(2), 788. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.19232.
de Ribaupierre, A. (2015). Piaget’s theory of cognitive development. In J.D. Wright (Ed.). International encyclopedia of the social & behavioral sciences (2nd ed., pp. 120-124). Amsterdam: Elsevier. DOI: https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.23093-6.
Dewi, D.K. (2024). Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Buku Press.
Edison & Aman. (2024). Comparison of cognitive learning outcomes among eighth-grade junior high school students using monopoly games and pop-up books as educational media in ASEAN social studies. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 16, 5507–5520. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5917.
Gumilang, J. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran monopoli terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri 1 Gondang. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 1(2), 25-34. DOI: https://doi.org/10.29100/eduproxima.v1i2.1112.
Hasmawaty, H., Saman, A., Syamsuardi, S., Rusmayadi, R., Ruswiyani, E., & Sadaruddin, S. (2024). Refleksi pembelajaran dan penelitian tindakan kelas. Madaniya, 5(2), 305–311. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.745.
Hutapea, R.H. (2019). Instrumen evaluasi non-tes dalam penilaian hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik. BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 2(2), 151–165. DOI: https://doi.org/10.34307/b.v2i2.94.
Hwang, G.J., Chiu, L.Y., & Chen, C.H. (2015). A contextual game-based learning approach to improving students’ inquiry-based learning performance in social studies courses. Computers and Education, 81, 13–25. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.09.006.
Kurniawati, E. (2021). Penerapan media pembelajaran berbasis permainan monopoli untuk meningkatkan prestasi belajar PPKn. Pedagogi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1–5. DOI: https://doi.org/10.56393/pedagogi.v1i1.74.
Mokhtar, N.M., Zhi, X.L., Lokman, H.F., & Mat, N.H.C. (2023). Theory, literature review, and fun learning method effectiveness in teaching and learning. International Journal of Social Science and Education Research Studies, 03(08), 1738–1744. DOI: https://doi.org/10.55677/ijssers/v03i8y2023-30.
Mukarromah, A. & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43–50. DOI: https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7.
Nurfahillah, S. (2021). Media pembelajaran pengertian media pembelajaran, landasan, fungsi, manfaat, jenis-jenis media pembelajaran, dan cara penggunaan kedudukan media pembelajaran. Tangerang: CV Jejak.
Paino, M. & Chin, J. (2011). Monopoly and critical theory: Gaming in a class on the sociology of deviance. Simulation and Gaming, 42(5), 571–588. DOI: https://doi.org/10.1177/1046878110391022.
Putri, T.E., Nuraini, A.F., Herman, T., & Hasanah, A. (2024). Media pembelajaran berbasis game untuk meningkatkan antusias belajar siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Cimahi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 49-54. DOI: https://doi.org/10.33087/phi.v8i1.329.
Raztiani, H. & Indra, P. (2019). Pengaruh model pembelajaran interaktif terhadap motivasi belajar siswa. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 72–86. Retrieved from: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2845.
Sari, Y.P., Lusa, H., & Gunawan, A. (2020). Pengaruh media permainan monopoli terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Gugus 15 Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 2(3), 229–236. DOI: https://doi.org/10.33369/juridikdas.2.3.229-236.
Seraji, F. & Musavi, H.O. (2023). Does applying the principles of constructivism learning add to the popularity of serious games? A systematic mixed studies review. Entertainment Computing, 47, 100585. DOI: https://doi.org/10.1016/j.entcom.2023.100585.
Suhirman. (2021). Penelitian tindakan kelas (pendekatan teoritis & praktis). Mataram: Sanabil.
Syahrul, S. (2017). Penerapan metode fun learning untuk meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tompobulu Kabupaten Gowa. Konfiks : Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 63-70. DOI: https://doi.org/10.26618/jk.v3i1.385.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. DOI: https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.
Ulfaeni, S. (2018). Pengembangan media monergi (monopoli energi) untuk menumbuhkan kemampuan pemahaman konsep IPA Siswa Kelas III SDN Pedurungan Kidul 02 Semarang. Profesi Pendidikan Dasar, 1(2), 136-144. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v1i2.4990.
Uno, H.B. & Lamatenggo, N. (2016). Tugas guru dalam pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wibowo, D.C., Ocberti, L., & Gandasari, A. (2021). Studi kasus faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika di SD Negeri 01 Nanga Merakai. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 60–64. DOI: https://doi.org/10.54367/aquinas.v4i1.974.
Widodo, I. & Mukminan, M. (2018). Pengembangan e-learning mata pelajaran geografi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 12–25. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v5i1.12534.
Yusuf, M., Susanti, T., & Sembiring, D.A.E.P. (2023). Monopoly game as a science learning media for junior high school: A validity analysis. Asian Journal of Science Education, 5(2), 66–71. DOI: https://doi.org/10.24815/ajse.v5i2.33019.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miladiyati Isnaini, Miftahul Fithri Nurirrohmah, Moh. Khoirul Muslim, Mokhamad Misbakhul Anam, Muhammad Bashiruddin, Katon Galih Setyawan, Sukarti Sukarti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





