Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Inkuiri Untuk Melatih Keterampilan Sosial
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p49-62Keywords:
Buku pop-up, Keterampilan sosial, Media pembelajaran, Pendidikan dasar, Pendekatan InkuiriAbstract
Pendidikan dasar menjadi fondasi penting dalam perkembangan pada anak terutama dalam aspek keterampilan sosial, namun masih rendahnya keterampilan sosial siswa dengan lingkungan sekitar dan masih kurangnya media pembelajaran yang dapat membantu melatih keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book berbasis inkuiri untuk melatih keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D), dan mengadopsi model Borg and Gall yang dibatasi 7 langkah dari 10 langkah, yang melibatkan validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi serta penilaian kepraktisan. Sampel terdiri dari 44 anak dari salah satu sekolah dasar di kabupaten, Lampung Barat provinsi lampung, dengan instument berupa lembar wawancara, observasi, dan kuesioner skala likert. Hasil validasi penelitian menunjukkan validitas yang tinggi dengan skor 90% ahli media, 93%, ahli bahasa dan 96% ahli materi, sementara penilaian kepraktisan menghasilkan skor mencapai 95% dari guru, sedangkan uji coba peserta didik menunjukkan skor 95 (kelompok kecil) dan 90 (kelompok besar), yang mengkategorikan media pop-up book tersebut sangat praktis, dengan tampilan visual yang menarik, kemudahan penggunaan, materi kontekstual sesuai dan potensi untuk menumbuhkan keterampilan sosial di antara para siswa, dengan demikian disimpulkan media pop-up book mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan adanya media pop-up book ini dapat menjadi solusi permasalah tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam pendidikan dengan mengembangkan media pop-up book berbasis inkuiri yang ditujukan untuk menumbuhkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar yang menggarisbawahi alat pembelajaran interaktif dalam menumbuhkan keterampilan sosial, namun penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk menguji efektifitas media pop-up book secara lebih luas pada jenjang atau mata pembelajaran berbeda.
References
Abdulrahaman, M.D., Faruk, N., Oloyede, A.A., Surajudeen-Bakinde, N.T., Olawoyin, L.A., Mejabi, O.V., Imam-Fulani, Y.O., Fahm, A.O., & Azeez, A.L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11), e05312. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312.
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada pembelajaran bahasa indonesia kelas III sekolah dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. DOI: https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24.
Afrizal, D., Kusniawan, W., Tartiburrohman, F., Fajrul, M., Munauwarah, R., Setiawan, F., & Dahlan, U.A. (2021). Analisis kebijakan pendidikan mengenai perkembangan dan peningkatan profesional profesi guru. Pensa: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 213-225. DOI: https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1324.
Alzeer, J. & Benmerabet, H. (2023). The development of human personality: A comprehensive overview. Psychological Disorders and Research, 6(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.31487/j.PDR.2023.01.01.
Anggraini, Y. & Febrianto, P.T. (2022). pengembangan media pembelajaran pop up book tema 7 subtema 2 kelas V UPTD SDN Gili Barat. Seminar Nasional III LPPM Universitas Muhammadiyah Mataram, 1, 477-487. Retrieved from: https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/9775.
Anwar, S., Sukisno, S., Waston, W., Nirwana, A., Utami, Y., Reistanti, A.P., Nurhartanto, A., & Muthoifin, M. (2024). Development of the concept of Islamic education to build and improve the personality of school-age children. Multidisciplinary Reviews, 7(8), 2024139. DOI: https://doi.org/10.31893/multirev.2024139.
Arifatin, F.W. (2022). A narrative inquiry study on language learning through pop-up book. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 8(3), 1021-1028. DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.912.
Arumningtyas, D.P. (2020). Pengembangan media pembelajaran dengan aplikasi powtoon pada mata pelajaran penataan produk kelas XI pemasaran di SMK Kusuma Negara Kertosono. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 667-673. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/32039.
Azizah, R.R.N., Rahmi, E., & Herman, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran teka-teki kimia (tatik) berbasis android pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X Di SMA N 1 Koto Baru. Jurnal Education and Development, 11(1), 53–59. DOI: https://doi.org/10.37081/ed.v11i1.4235.
Borg and Gall. (1983). Educational Research, An Introduction. New York and. London : Longman Inc.
Botes, E., Van Der Westhuizen, L., Dewaele, J.-M., MacIntyre, P., & Greiff, S. (2022). Validating the short-form foreign language classroom anxiety scale. Applied Linguistics, 43(5), 1006–1033. DOI: https://doi.org/10.1093/applin/amac018.
Cahyani, D.D. & Sari, M.M.K. (2020). Penggunaan media pop up book dalam menanamkan pendidikan moral pada anak usia dini. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 73-86. DOI: https://doi.org/10.26740/jcms.v5n1.p73-86.
CETAKITA. (2025). Mengenal kertas art paper: Karakteristik, manfaat, dan kelebihannya. Retrieved from: https://www.cetakita.com/a/mengenal-kertas-art-paper-karakteristik-manfaat-dan-kelebihannya.
Daryanes, F., Darmadi, D., Fikri, K., Sayuti, I., Rusandi, M.A., & Situmorang, D.D.B. (2023). The development of articulate storyline interactive learning media based on case methods to train student’s problem-solving ability. Heliyon, 9(4), e15082. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e15082.
Dewanti, H., Toenlioe, A.J.E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228. Retrieved from: https://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551.
Dewi, A.C., Firdaus, A., Fauzan, A., Maulani, I., Patila, I., & Almes, A. (2024). Pendidikan menjadi pondasi dalam pembentukan karakter peserta didik. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 55-63. DOI: https://doi.org/10.31539/jima.v2i1.751.
Dewi, N.K.A.K. (2022). Discovery learning in e-book with natural science lesson at elementary school. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 5(1), 111–122. DOI: https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i1.44733.
Disas, E.P. (2017). Analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan profesi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan (JPP), 17(2), 158-166. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v17i2.8251.
Fahri, L.M. & Qusyairi, L.A.H. (2019). Interaksi sosial dalam proses pembelajaran. PALAPA, 7(1), 149–166. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194.
Fleer, M. (2021). Conceptual playworlds: The role of imagination in play and learning. Early Years, 41(4), 353–364. DOI: https://doi.org/10.1080/09575146.2018.1549024.
Ganiansyah, A.P., Hidayah, N., & Saregar, A. (2024). Design and evaluation of a 3d pop-up textbook with finger puppets for thematic learning in 10-11 year olds. Smart Society: Community Service and Empowerement Journal, 4(2), 81-90. DOI: https://doi.org/10.58524/smartsociety.v4i2.616.
Handayani, D., Elvinawati, E., Isnaeni, I., & Alperi, M. (2021). Development of guided discovery based electronic module for chemical lessons in redox reaction materials. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(07), 94-106. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v15i07.21559.
Handayani, F. & Maharani, R.A. (2022). Pengaruh penggunaan media sosial terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11362–11369. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.4244.
Hapsari, A.S., Hanif, M., Gunarhadi, G., & Roemintoyo, R. (2019). Motion graphic animation videos to improve the learning outcomes of elementary school students. European Journal of Educational Research, 8(4), 1245–1255. DOI: https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1245.
Hariyanto, Joyoatmojo, S., Nurkamto, J., & Gunarhadi. (2019). Developing inquiry-based learning materials to promote students’ academic achievement. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(1), 50-61. Retrieved from: http://www.ijlter.net/index.php/ijlter/article/view/604.
Hartati, Y., Dewi, N.K., & Affandi, L.H. (2022). Pengembangan media big book berbasis cerita rakyat lombok batu golog untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN Kumbak. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2094–2104. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.899.
Irawan, A. & Hakim, M.A.R. (2021). Kepraktisan media pembelajaran komik matematika pada materi himpunan kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. DOI: https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934.
Jamison, D., Suppes, P., & Wells, S. (2018). The effectiveness of alternative instructional media: A survey. Review of Educational Research, 44(1), 1-67. DOI: https://doi.org/10.3102/00346543044001001.
Jebb, A.T., Ng, V., & Tay, L. (2021). A review of key likert scale development advances: 1995–2019. Frontiers in Psychology, 12, 637547. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.637547.
Keifert, D. & Stevens, R. (2019). Inquiry as a members’ phenomenon: Young children as competent inquirers. Journal of the Learning Sciences, 28(2), 240–278. DOI: https://doi.org/10.1080/10508406.2018.1528448.
Laksana, D.N.L., Dasna, I.W., & Degeng, I.N.S. (2019). The effects of inquiry-based learning and learning styles on primary school students’ conceptual understanding in multimedia learning environment. Journal of Baltic Science Education, 18(1), 51–62. DOI: https://doi.org/10.33225/jbse/19.18.51.
Latifah, N., Dewi, G.K., & Wibowo, S. (2024). Pengembangan media pop up book terhadap hasil belajar siswa kelas II Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 9(4), 674-687. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.19624.
Leung, S.K.Y. & Yuen, M. (2023). Exploring talented children’s humour through creating pop-up storybooks. Education 3-13, 51(8), 1325–1341. DOI: https://doi.org/10.1080/03004279.2022.2071453.
Liu, F.F.H. (2019). Understanding children’s literature and material culture through pop-up books. Tamkang Review, 49(2), 49–70. Retrieved from: http://www.link.gale.com/apps/doc/A651424364/AONE?u=anon~df53dd78&sid=googleScholar&xid=6f78736e.
Mafithroh, G.D., & Wulandari, D. (2025). Development of pop-up book learning media on IPAS class IV elementary school energy material. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 11(1), 1106–1116. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v11i1.7977.
Marwiyah, St., Ismail, I., & Masruddin, M. (2023). Implementation of smart pop up book media to improve read-write literacy in children. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 11(1), 864–869. DOI: https://doi.org/10.24256/ideas.v11i1.3789.
Masturah, E.D., Mahadewi, L.P.P., & Simamora, A.H. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 212–221. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20294.
Mupidin, P., Sundawa, D., & Masyitoh, I.S. (2024). Implementation project citizen model based on pop-up books in civics education learning. PAEDAGOGIA, 27(2), 265-274. DOI: https://doi.org/10.20961/paedagogia.v27i2.84035.
Ningsih, R., Munandar, H., & Junita, S. (2020). Pengembangan media pop up book untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V pada pembelajaran IPA tema lingkungan sahabat kita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan UBBG, 1(1), 82. Retrieved from: https://jim.bbg.ac.id/pendidikan/article/view/82.
Nicolaou, C., Matsiola, M., & Kalliris, G. (2019). Technology-enhanced learning and teaching methodologies through audiovisual media. Education Sciences, 9(3), 196. DOI: https://doi.org/10.3390/educsci9030196.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D.A., Ramadhania, P.R., & Sifa, U.N. (2021). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa SD Negeri Kohod III. PENSA, 3(2), 243-255. DOI: https://doi.org/10.36088/pensa.v3i2.1338.
Nurhidayah, A.B., Nur’afifah, U.U., & Dimas, A. (2023). Efektivitas penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas I di SDN Wonokerto 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Global Education Journal, 1(2), 319–326. DOI: https://doi.org/10.59525/gej.v1i2.245.
Pangestu, A. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk mengembangkan kompetensi berpikir komputasional siswa. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Prasetiyo, M.B. & Rosy, B. (2020). Model pembelajaran inkuiri sebagai strategi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 109–120. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p109-120.
Purna, R.S. & Angraini, F. (2021). Kompetensi sosial dan emosional anak dan remaja. Padang: LPPM Universitas. Andalas Publishing.
Putra, H.M.R. & Andriansyah, E.H. (2022). Pengembangan media interaktif berbasis kontekstual berbantuan mentimeter dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran ekonomi. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v10i1.44107.
Putri, G.D.Y., Popiyanto, Y., & Pratiwi, D.E. (2023). Pengembangan media pop up book pada pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Bangkingan II/ 442 Surabaya. Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3), 15–22. DOI: https://doi.org/10.47861/khirani.v1i3.345.
Rakhmawati, I., Priadi, M.A., Yolida, B., & Marpaung, R.R. (2020). Analysis of pop-up book and biology virtual reality video toward students’ habits of mind. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012074. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012074.
Ritiauw, S.P. & Salamor, L. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar melalui implementasi model pembelajaran sosial inkuiri. Pedagogika: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 4(1), 42–56. DOI: https://doi.org/10.30598/pedagogikavol4issue1page42-56.
Riza, L.S., Firdaus, D.S., Junaeti, E., Hidayat, T., Abdullah, A.G., Nandiyanto, A.B.D., & Abdullah, C.U. (2018). A concept and implementation of instructional interactive multimedia for deaf students based on inquiry-based learning model. Journal of Engineering Science and Technology, 13(7), 2016-2035. Retrieved from: https://jestec.taylors.edu.my/Vol%2013%20issue%207%20July%202018/13_7_10.pdf.
Salsabila, I. & Ninawati, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran pop-up book berbasis kontekstual muatan pelajaran PPKN kelas IV sekolah dasar. Jurnal Paedagogy, 9(4), 684. DOI: https://doi.org/10.33394/jp.v9i4.5665.
Setiyanigrum, R. (2020). Media pop-up book sebagai media pembelajaran pascapandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 3(1), 216-220. Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/620.
Siregar, N.M. & Sukmawarti, S. (2024). Pengembangan media pop up book berbasis inkuiri pada pembelajaran geometri ruang di kelas V SD. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(4), 473–484. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/9450.
South, L., Saffo, D., Vitek, O., Dunne, C., & Borkin, M.A. (2022). Effective use of likert scales in visualization evaluations: A systematic review. Computer Graphics Forum, 41(3), 43–55. DOI: https://doi.org/10.1111/cgf.14521.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sukmawarti, E. (2021). Pengembangan media pop up book pada pembelajaran PKN Di SD. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 2(4), 110–122. DOI: https://doi.org/10.51178/jesa.v2i4.321.
Sumarni, S. (2019). Model penelitian dan pengembangan (R&D) lima tahap (mantap). Project Report. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga.
Sumianto, S., Admoko, A., & Dewi, R.S.I. (2024). Pembelajaran sosial-kognitif di sekolah dasar: Implementasi teori albert bandura. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 102–109. DOI: https://doi.org/10.31004/irje.v4i4.1015.
Sunarti, Anggraini, D., Sarie, D.P., & Jana, P. (2023). The effectiveness of pop-up book media in learning reading skills of grade II elementary school. Cakrawala Pendidikan, 42(2), 493–506. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v42i2.50381.
Suroiha, L., Dewi, G.K., & Wibowo, S. (2021). Pengembangan media pop-up book terhadap keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 516–523. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1856.
Susanto, N., García-Jiménez, J.V., Nowak, A.M., Setyawan, H., Pavlovic, R., Rusdiawan, A., & Syaukani, A.A. (2024). Development assessment model for talent identification of young indonesian basketball players: Anthropometrics, biomotor, technical, and tactical skills. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 12(4), 625–635. DOI: https://doi.org/10.13189/saj.2024.120403.
Susilo, T., Sujadi, I., & Indriati, D. (2018). Developing a media ‘visual design of pop up mathematics book’ as a supporting tool in inquiry-based learning for learning three-dimensional figures. Journal of Physics: Conference Series, 1108, 012029. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012029.
Su’ud, F.M. (2017). Pengembangan keterampilan sosial anak usia dini analisis psikologi pendidikan islam. Al-Manar, 6(2), 227–253. DOI: https://doi.org/10.36668/jal.v6i2.11.
Ulfa, M.S., & Nasryah, C.E. (2020). Pengembangan media pembelajaran pop – up book untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), Article 1. DOI: https://doi.org/10.51276/edu.v1i1.44.
Wahyuni, U.I., Sulandra, I.M., & Sukmayadi, D. (2024). Pengembangan media pop up book berbantuan hp android dalam upaya pengembangan keterampilan berpikir kritis dan karakter peduli lingkungan pada kurikulum merdeka. INOVASI, 11(2), 471–485. DOI: https://doi.org/10.32493/Inovasi.v11i2.p471-485.43174.
Widiana, G.T., Wardani, I.K., & Zahrotan, I.F. (2023). Penerapan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Afkar Puri Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26-45. Retrieved from: https://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/4028.
Wolff, A., Wermelinger, M., Petre, M. (2019). Exploring design principles for data literacy activities to support children’s inquiries from complex data. International Journal of Human-Computer Studies, 129, 41-54. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2019.03.006.
Yang, W. (2022). Artificial intelligence education for young children: Why, what, and how in curriculum design and implementation. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100061. DOI: https://doi.org/10.1016/j.caeai.2022.100061.
Yolanda, M.O., Azheri, B., & Fauzi, W. (2020). Strength of fiduciary deed in the implementation of bad credit execution by financial institutions. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 593-605. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1726.
Yusnaldi, E., Sabila, I.H., Nasution, K., Lestari, N., Lubis, A., & Siregar, W.A. (2024). Implementasi media pop up book pada materi keragaman suku dan budaya indonesia untuk meningkatkan sikap toleransi antarsiswa di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 3549–3558. DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12946.
Yusroh. (2020). Developing pop-up book to teach vocabulary. Language-Edu, 9(1), 5325. Retrieved from: https://jim.unisma.ac.id/index.php/LANG/article/view/5325.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2025 Okta Rika Aisya, Chairul Amriyah, Antomi Saregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





