Analisis Bibliometrik Penelitian Argumentasi Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di Era Revolusi Industri 4.0 Society 5.0

Authors

  • Fithrotin Nazidah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Shokhibul kafii Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Admoko Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p7-14

Keywords:

Revolusi, Keterampilan, Argumentasi, Pembelajaran Sains

Abstract

Abad ke-21 ditandai dengan era revolusi industri 4.0, society 5.0 sebagai abad keterbukaan atau abad globalisasi, peningkatan kualitas pembelajaran  menjadi salah satu tantangan bagi para pendidik. Salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran inovatif yang memanfaatkan penggunaan teknologi, pendekatan berbasis masalah, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan tren penelitian argumentasi ilmiah dalam pembelajaran sains di era revolusi industri 4.0, society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka. Metode yang digunakan bersifat studi literatur (review). Analisis yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan memanfaatkan database Google Scholar yang memiliki banyak sumber seperti jurnal atau prosiding konferensi antara tahun 2014 sampai 2022. Selanjutnya disajikan analisis data berupa gambar grafis dengan bantuan VOSviewer, dan analisis deskriptif yang berupa penjelasan sistematis tentang fakta yang diperoleh saat melakukan penelitian. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa penelitian mengenai keterampilan argumentasi dalam pembelajaran sains setiap tahun semakin meningkat. Keterampilan argumentasi bagi peserta didik tidak hanya mampu mengungkapkan apa saja teori yang diketahuinya namun juga dituntut harus mampu membuktikan kebenarannya sehingga dapat mencari pemecahan masalah yang dihadapi dengan sumber daya informasi yang tersedia. Model pembelajaran berbasis argumen sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan belajar dan berargumentasi bagi peserta didik sehingga mampu meningkatkan kualitas diri yang lebih kompleks dalam bersaing di masa yang akan datang.

References

Admoko, S., Jauhariyah, M.N.R., Hariyyono, E., dan Madlazim. (2021). Bibliometric Profile of Science Education Research on Argumentation and the Contribution of Indonesia. Proceeding of The International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021), pp. 502-509.

Chinn, C.A., Buckland, L.A., dan Samarupungavan, A. (2011). Expanding The Dimensions of Epistemic Cognition: Argumens from Phylosophy and psycology. Educational Psychologist, 46(3), 141-167.

Deta, U.A., Yanti, V.K., Misbah., Mahtahari, S., dan Alamsyah. (2021). The scientific argumentation profile of annular solar eclipse phenomenon June 21st 2020 of physics undergraduate student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1796, 012103.

Fischer, F., Kollar, I., Ufer, S., Sodian, B., Hussmann, H., Pekrun, R., Neuhaus, B., Dorner, B., Pankofer, S., Fischer, M., Strijbos, J. W., Heene, M., dan Eberle, J. (2014). Scientific Reasoning and Argumentation: Advancing an Interdisciplinary Research Agenda in Education. Frontline Learning Research, 5, 28-45.

Romano, L.G., Occelli, M., dan Adúriz-Bravo, A. (2021). School Scientific Argumentation Enriched by Digital Technologies: Results with Pre- and In-Service Science Teachers. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(7), em1982.

Handayani, P., Murniati., dan Sardianto, M. S. (2015). Analisis Argumentasi Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan menggunakan Model Argumentasi Toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60-68.

Hanifah, N., dan Admoko, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), 593-597.

Hasnunidah, N. (2013). Pembelajaran Biologi dengan Strategi Argument-Driven Inquiry dan Keterampilan Argumentasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1- 29.

Jumadi, J., Perdana, R., dan Rosana, D. (2021). The Impact of Problem-Based Learning with Argument Mapping and Online Laboratory on Scientific Argumentation Skill. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 16-23.

Liu, S. dan Roehrig, G. (2019). Exploring Science Teachers’ Argumentation and Personal Epistemology About Global Climate Change. Research in Science Education, 49, 173–189.

Melin, A. (2020). Designing and Implementing Argumentation Through Digital Platform: A Framework for Beginning 3rd-6th Science. School of Education and Leadership Student Capstone Projects. 553.

Merkel, A. (2014). Speech by Federal Chancellor Angela Merkel to the OECD Conference. Retrived from: https://www.bundesregierung.de/breg-en/chancellor/speech-by-federal-chancellor-angela-merkel-to-the-oecd-conference-477432.

Perdana, R., Jumadi, J., dan Rosana, D. (2019). Relationship between Analytical Thinking Skill and Scientific Argumentation Using PBL with Interactive CK 12 Simulation. International Journal on Social and Education Sciences, 1(1), 16-23.

Probosari, R.M., Ramli, M., Harlita, Indrowati, M., dan Sajidan. (2016). Profil Keterampilan Argumentasi Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi Fkip UNS pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Bioedukasi, 9(1), 29-33.

Rahayu, Y., Suhendar, S., dan Ratnasari, J. (2020). Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Materi Sistem Gerak SMA Negeri Kabupaten Sukabumi-Indonesia. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3), 312-318.

Rahman, A., Diantoro, M., dan Yuliati, L. (2018). Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa pada Hukum Newton di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 900-911.

Redhana, I.W. (2015). Menyiapkan Lulusan FMIPA yang Menguasai Keterampilan Abad XXI. Proceedings Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA V, 138-155.

Riel, J., dan Lawless, K.A. (2022). Developing Written Argumentation Skills with an Educational Simulation Game (ESG): The Design and Implementation of the GlobalEd vESG. In Preparing Faculty for Technology Depedency in the Post-COVID-19 Era. Pennsylvania: IGI Global.

Riwayani, R. Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J. dan Kuswanto, H. (2019). Analisis kemampuan argumentasi ilmiahsiswapada materi optik: Problem-based learningberbantuan edu-media simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45-53.

Sadler, T.D., dan donnellly, L.A. (2016). Socioscientific Argumentation: The Effect of Content Knowlodge and Morality. International Journal of Science Education, 28, 121463-1488.

Sutarto, H. (2018). Lingkungan dalam Pembelajaran dan Pengajaran Matematika yang Memunculkan 4C Abyility sebagai Penyiapan SDM Unggul di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 465-476.

Ulpa, M., Abdurrahman, dan Wahyudi. (2014). Perbandingan Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Kemampuan Argumentasi Oral dan Tertulis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(3), 1-13.

Widhi, M.T.W., Hakim, A.R., Wulansari, N.I., Solahuddin, M.I., dan Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79-91.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Nazidah, F., kafii, M. S., & Admoko , S. (2022). Analisis Bibliometrik Penelitian Argumentasi Ilmiah dalam Pembelajaran Sains di Era Revolusi Industri 4.0 Society 5.0. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p7-14

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)