Penerapan PhET Simulations Pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p56-65Keywords:
Problem Based Learning, PhET Simulations, Literasi SainsAbstract
Kemampuan literasi sains menekankan pada penggunaan pengetahuan dan informasi, mengubah cara orang berinteraksi dengan dunia dan bagaimana dunia dapat digunakan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik setelah diterapkan model Problem Based Learning berbantuan virtual lab (PhET Simulations) pada pembelajaran fisika. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan design penelitian nonequivalent control group design. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis N-gain skor untuk mengetahui peningkatan skor pada nilai pretes dan posttest. Kemampuan literasi sains peserta didik meningkat pada kelas eksperimen secara signifikan dengan rata-rata n-gain sebesar 0,718 yang berkategori tinggi sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,409 berkategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan virtual lab pada pembelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik SMA kelas X.
References
Aiman, U., Amelia, R., & Ahmad, R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1, 1–5.
Ayu Aprilia, D., Miftahul, Nuraini, L., & Sedayu, A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Scientific Berbantuan PhET Simulations Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidkan Fisika Undhiksa, 12(2), 176–180.
Azaly, Q. R., & Fitrihidajati, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Microsoft Office Sway pada Materi Perubahan Lingkungan untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 218–227.
Berlian, M., Mujtahid, I. M., Vebrianto, R., & Thahir, M. (2021). Profil Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Era Covid-19: Studi Kasus di Universitas Terbuka. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 77.
Borich, G. D. (1994). Observation Skills for Effective Teaching. New York: McMillan Publishing Company.
Daniah. (2020). Pentingnya Inkuiri Ilmiah pada Praktikum dalam Pembelajaran IPA untuk Peningkatan Literasi Sains Mahasiswa. Pionir: Jurnal Pendidikan, 9(1), 144–153.
Hadiyanti, D. R., Mahardika, I. K., & Astutik, S. (2018). Efektivitas Model PBL Berbantuan Simulasi PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2018, 3(2), 119–124.
Hafizah, E., & Nurhaliza, S. (2021). Implementasi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 1–11.
Ichsan, Suhaimi, Amalia, K. N., Santosa, T. apra, & Yulianti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis TPACK Terhadap Ketrampilan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA Siswa Tingkat SD sampai SMA: Sebuah Meta-Analisis. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 2173–2181.
Jayanti, M. I., & Nurfathurrahmah. (2023). Gerakan Penguatan Literasi Sains melalui Praktikum IPA Sederhana di SMPN 11 Kota Bima. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–8.
Khery, Y., Sarjan, M., Ahzan, S., & Efendi, I. (2022). Konseptualisasi Literasi Sains Mengacu pada Kerangka PISA Sejak Tahun 2000. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(4), 194–225.
Masita, S. I., Donuata, P. B., Ete, A. A., & Rusdin, M. E. (2020). Penggunaan PhET Simulation dalam Meningkatan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(2), 136-141.
Muliani, Marhami, & Lukman, I. R. (2021). Persepsi Mahasiswa Calon Guru Tentang Literasi Sains. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(1), 1575. DOI: 10.58258/jisip.v5i1.1575.
Munif, A. (2022). Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 17–25. DOI: 10.31004/jpdk.v4i2.3815.
Nasution, E. S., Siregar, E., Rahmawati, T., & Nasution, F. (2023). Pengaruh Literasi Sains Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di Pondok Pesantren Mardhotillah Tanoponggol. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5, 3820–3828.
Nisa, H., Junus, M., & Komariyah, L. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Simulasi PhET Berbasis Instrumen HOTS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 560-567.
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Tokyo: OECD Publishing.
Radhiyah, R. W., & Hariyono, E. (2022). Pemanfaatan Terrarium Sederhana dengan Model Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Iklim. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(2), 299-311.
Ramadani, E. M., & Nana. (2020). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Virtual Lab PhET pada Pembelajaran Fisika Guna Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA: Literature Review. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online (JPFT), 8(1), 87–92.
Riduwan. (2012). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
Sumanik, N. B., Nurvitasari, E., & Siregar, L. F. (2021). Analisis Profil Kemampuan Literasi Sains Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Kimia. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 22-32. DOI: 10.20527/quantum.v12i1.10215.
Susanti, I. D., & Ishafit. (2023). Pembelajaran Virtual Lab untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Ditinjau dari Kemampuan Literasi Sains. Jurnal Sains, Teknologi Dan Informatika, 10(2), 147–153.
Wahyuningsih, S. (2021). Modul Literasi Sains. Jakarta: Direktorat Sekolah Dasar.
Widiana, R., Maharani, A. D., & Rowdoh. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. SCIENING : Science Learning Journal, 3(1), 14–21.
Wulandari, A. S., Suma, K., & Mardana, I. B. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Peningkatan LIterasi Sains Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(1), 682–689.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Qori Aina, Eko Hariyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.