Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v2n2.p65-71Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi BelajarAbstract
Observasi peserta didik memperlihatkan bahwa motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran fisika masih tergolong rendah. Oleh karena itu perlu dilakukan penerapan model pembelajaran problem-based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran problem-based learning terhadap motivasi belajar fisika peserta didik kelas XI-1 SMAN 13 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas pada materi vektor yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket motivasi belajar yang memuat 4 indikator motivasi yaitu perhatian, relevansi, percaya diri, dan kepuasan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I terdapat 54,1% peserta didik yang berada pada kategori motivasi Tinggi dan pada siklus II 100% peserta didik telah mencapai motivasi Tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model problem-based learning dapat meningkatkan motivasi belajar fisika. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan skor motivasi pada setiap siklusnya.
References
Agusmin, R., Nirwana, N., & Rohadi, N. (2018). Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan Model Problem Based Learning berbantuan simulasi PhET di kelas XI IPA-C SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 53–59. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.53-59.
Faudiah, I.S., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah ditinjau dari penalaran siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi, 10(1), 41-46. DOI: https://doi.org/10.25134/quagga.v10i01.920.
Guntari, R., Hadiyanti, A.H.D., & Kriswanto, Y.B. (2023). Peningkatan Kemampuan critical thinking dan hasil belajar siswa melalui penerapan Model Problem-Based Learning. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 83–93. Retrieved from: https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/14596.
Kerans. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fisika materi dinamika partikel di kelas X MIPA SMAS Santo Darius Larantuka Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2(10), 3987-4000. DOI: https://doi.org/10.53625/jirk.v2i10.5244.
Mardani, N.K., Atmadja, N.B., & Suastika, I.N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55-65. DOI: https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272.
Marsila, W., Connie, C., & Swistoro, E. (2019). Upaya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar fisika melalui penggunaan Model Discovery Learning berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.1.1-8.
Muslich, M. (2007). KTSP pembelajaran berbasis kompetensi dan kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara
Ningrum, I.P. & Marsinun, R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Basicedu, 6(5), 8205-8214. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3784.
Nugroho, A.P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII materi gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11-18. Retrieved from: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1769.
Rahmatiah, R. & Baso, B.S. (2022). meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia V UPT SDN 11 Kabupaten Soppeng. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Bahasa, 1(2), 190–213. DOI: https://doi.org/10.55606/jurribah.v1i2.528.
Ramli. (2018). Upaya meningkatkan motivasi belajar fisika melalui Metode Experiential Learning pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Jeneponto. Skripsi. Makasar, Indonesia: Universitas Muhammadiyah Makassar. Retrieved from: https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/699Full_Text.pdf.
Rezkillah, I.I., & Haryanto. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi High Order Thinking Skill terhadap kemampuan berpikir kritis dan sikap percaya diri. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 257–268. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i217322.
Rosyidah, N.D., Nagara, D.T., & Supriana, E. (2019). Model Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. FKIP E-Proceeding, 4(1), 46-49. Retrieved from: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/15126.
Simanjuntak, M.P. (2014). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada konsep suhu dan kalor. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 2(3), 126-133. DOI: https://doi.org/10.24114/inpafi.v2i3.1993.
Salam, A., Rusmawati, R.D., & Suhari, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning serta motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 113–123. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1232.
Siregar, E. & Nara, H. (2014). Teori belajar dan pembelajaran. Bogor, Indonesia: Ghalia Indonesia.
Susilo, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan berpikir kritis siswa SMA. Journal of Primary Education, 1(1), 57-63. DOI: https://doi.org/10.15294/jpe.v1i1.58.
Wahyuningtyas, R., & Kristin, F. (2021). Meta analisis penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan motivasi belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 49–55. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32676.
Yasmini, I.G.K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(2), 159–164. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i2.33603.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Nandaru Diaz, Suliyanah Suliyanah, Kholifah Kholifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.