Implementasi Kurikulum Semesta pada Salah Satu SMA di Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p36-47Keywords:
Kurikulum 2013, Kurikulum merdeka, Kurikulum Semesta, Fisika, SMAAbstract
Saat ini sebagian besar sekolah di Indonesia tengah menerapkan kurikulum 2013 (K-13) untuk kelas XII dan kurikulum merdeka untuk kelas X dan XI. Berbeda dengan salah satu SMA di Jombang, dimana tidak hanya menerapkan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka, akan tetapi juga menerapkan kurikulum semesta sebagai kurikulum kearifan pesantren. Berdasarkan kondisi tersebut, penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum yang telah diterapkan pada salah satu SMA di Jombang, baik kurikulum 2013, kurikulum merdeka, maupun kurikulum semesta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, wawancara, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini kurikulum yang diterapkan pada SMA di Jombang adalah kurikulum nasional, akan tetapi secara aplikatif di lapangan menerapkan kurikulum semesta yang merupakan adopsi dari kurikulum nasional. Berdasarkan pelaksanaan empat Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang diterapkan, dapat disimpulkan bahwa implementasi pengembangan kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka sudah terlaksana dengan baik. Implementasi pengembangan Kurikulum Semesta secara keseluruhan berdasarkan komponen pengembangan kurikulum Ralph Tyler yaitu Objectives, Selecting Learning Experiences, Organizing Learning Experiences, and Evaluation dapat disimpulkan secara keseluruhan sudah sesuai dan terlaksana dengan baik.
References
Agnezi, L.A. & Rahmah, S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 6(2), 136-145. DOI: https://doi.org/10.24036/jppf.v6i2.108700.
Alfaini, S., dkk. (2021). Kajian Teoritis Organisasi dan Pengembangan Kurikulum. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian, 2(3), 28-40. DOI: https://doi.org/10.56806/jh.v2i3.22
Al-Jannah, S. & Aly, H.N. (2023). Kurikulum sebagai Pilar Pengembangan Individual Siswa SMA: Pendekatan Holistik untuk Masa Depan yang Berkilau. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(4), 540–548. Retrieved from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/18069.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A.H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877-5889. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149.
Ansyar, M. (2017). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media.
Aufaa, M.A. & Andaryani, E.T. (2023). Dampak Transformasi Pendidikan Nasional dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka: Kajian Literatur. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 3(2), 150-156. Retrieved from: https://jurnal.medanresourcecenter.org/index.php/PED/article/view/1122.
Baderiah. (2018). Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Barlian, U.C. & Iriantara, Y. (2021). Penerapan Kurikulum 2013 Revisi di Masa Pandemi Pada SMK IBS Tathmainul Quluub Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 118-126. https://japendi.publikasiindonesia.id/index.php/japendi/article/view/74.
Camellia dkk. (2022). Pendampingan dan Pengenalan Kurikulum Merdeka bagi Guru. SATWIKA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 63-74. DOI: https://doi.org/10.21009/satwika.020201.
Chodijah, S, dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-19. Retrieved from: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jppf/article/view/603.
Deta, U.A. & Suprapto, N. (2012). Pembelajaran Fisika Model Diskusi Ditinjau dari Kecerdasan Intrapersonal Siswa. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 2(1), 30-36. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v2n1.p30-36.
Deta, U.A. & Widha, S. (2013). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing dan Proyek, Kreativitas, serta Keterampilan Proses Sains terhadap Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(1), 28-34. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/nju/JPFI/article/view/2577.
Dewi, E.R. (2018). Metode Pembelajaran Modern dan Konvensional pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 44-52. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442.
Efendi, M., dkk. (2005). Pengantar Arah Pengembangan Kurikulum dan Pengajaran. Laboratorium Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan UNM: Malang.
Fadly, W., dkk. (2014). Kajian Teoritis Model Productive: Suatu Model Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek yang Dikembangkan Melalui Kegiatan Komunikatif. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Retrieved from: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/5080.
Fitri & Zaenul, A. (2013). Manajemen Kurikulum Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.
Hidayat & Sholeh. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Khoirurrijal dkk. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi.
Kustijono, R. & HM, E.W. (2014). Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika SMK di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p1-14.
Konstelnik, M.J., Soderman, A.K., & Whiren, A.P. (1999). Praktik Terbaik Kurikulum Sesuai Perkembangan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Upper Saddle River: Praentice-Hall.
Laili, D.R. & Soedjarwo. (2019). Implementasi Kurikulum Cambridge Pada Sistem Pembelajaran di MI Muslimat NU Pucang Sidoarjo. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 7(3), -11. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/28717.
Laeliyah, I. & Deta, U.A. (2022). The Implementation of Education Unit Curriculum in Special Condition in Physics Lessons at SMAN 18 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.26740/ipf.v11n1.p11-19.
Lestari, N.A., Suprapto, N., Deta, U.A., & Yantidewi, M. (2018). Implementation of Multimodel Active Learning to Improve Basic Teaching Skills of Pre-Service Physics Teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1), 012119. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012119/pdf
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 5(1), 66–78. Retrieved from: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317
Mulyasa, H. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT Remaja.
Multazam, D., & Utomo, A.P. (2014). Sistem Informasi Monitoring Studi Siswa SMA Berbasis Kurikulum Nasional 2013. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 6(2), 102-109. DOI: https://doi.org/10.35315/informatika.v6i2.3806.
Muttaqin, A. (2018). Konstruksi Kurikulum Sains Islam Keindonesiaan (Integrasi Islam, Sains Kealaman, Sains Humaniro dan Keindonesiaan). Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan. 16(1). 80-96. DOI: https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i1.460.
Nasution, S. (2008). Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurmalasari, R., dkk. (2016). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Berkala Program Pascasarjana UM Malang, 722-733. Retrieved from: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/55-Riana-Nurmalasari-Reta-Dian-Purnama-Wati-Poppy-Puspitasari.pdf
Pangestu, H.P., dkk. (2022). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 1 -19. Retrieved from: https://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/372.
Pertiwi, A.D., Nurfatimah, S.A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan metode pembelajaran berorientasi student centered menuju masa transisi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8839-8848. Retrieved from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3780.
Prahani, B.K., Deta, U.A., Yasir, M., Astutik, S., Pandiangan, P., Mahtari, S., & Mubarok, H. (2020). The Concept of" Kampus Merdeka" in Accordance with Freire's Critical Pedagogy. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 21-37. DOI: https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.8.
Prahani, B.K., dkk. (2020). ORNE Learning model to improve problem-solving skills of physics bachelor candidates: An alternative learning in the Covid-19 pandemic. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 10(1), 71-80. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v10n1.p71-80.
Pratama, H. & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44-50. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v6n2.p44-50.
Rachmawati, D.W., dkk. (2021). Teori dan Konsep Pedagogik. Cirebon: Penerbit Insania
Rakhmawati, S. & Azmi, N. (2016). Analisis pelaksanaan kurikulum 2013 ditinjau dari standar proses dalam pembelajaran biologi kelas X di SMA Negeri 1 Krangkeng. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 156-164. Retrieved from: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/sceducatia/article/view/1931.
Ramadianti, A.A. (2023). Analisis Global Implementasi Kurikulum Cambridge dalam Dunia Pendidikan. Ecodunamika, 4(2), 7144. Retrieved from https://ejournal.uksw.edu/ecodunamika/article/view/7144.
Ramdhan, T.W. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi dan Kompetensi Peserta Didik). Jurnal Pendidikan Agama Islam: PIWULANG, 1(2), 121-136. DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ngulang.v1i2.233.
Redhana, I.W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/nju/JIPK/article/view/17824
Rusman. (2009). Managemen Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.
Saraswati, S., Safitri, A., & Kabiba, K. (2020). Peran Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran (JPP), 1(3), 120-128. DOI: https://doi.org/10.51454/jpp.v1i3.56.
Padhmasari, T. (2016). Pembelajaran PAI dalam Kurikulum Semesta: Studi Kasus di SMA Trensains Tebuireng Jombang. Doctoral dissertation. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from: http://etheses.uin-malang.ac.id/6229/1/14770072.pdf.
Sary, D. R, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Peserta didik Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Boyolali Tah. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(1), 12-18. Retrieved from: https://jurnal.uns.ac.id/JPKim/article/view/24550.
Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit. Jakarta: Bumi Aksara.
Subandijah, (1993). Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana & Nana. (2005). Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Sukmadinata & Syaodih, N. (2005). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Winoto, S. (2017). Konsep Materi dan Konsep Pembelajaran Teks Eksposisi Pada Kurikulum 2013 dan KTSP. Thesis. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Retrieved from: https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/2262.
Yamin, M. (2009). Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva Pres.
Zaini, M. (2009). Pengembangan Kurikulum: Konsep Implementasi Evaluasi dan Inovasi. Yogyakarta: Teras.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Sibahah Niah Musaadah, Fitri Diana Devi, Mohamad Wahdiansyah Arrahmat, Nita Indasa Nita Indasa, Utama Alan Deta, Suliyanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.