Profil Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dalam Memahami Konsep Fisika

Authors

  • Beta Elok Yuanata Universitas Negeri Surabaya
  • Kafa PAI Artanti Universitas Negeri Surabaya
  • Antomi Saregar UIN Raden Intan Lampung
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p1-6

Keywords:

Keterampilan argumentasi ilmiah, Toulmin’s Argumentation Pattern

Abstract

Argumentasi merupakan aktivitas kognitif yang bertujuan untuk membangun pengetahuan sains. Argumentasi digunakan untuk memperkuat klaim yang disertai dengan bukti-bukti dari alasan logis melalui analisis berpikir kritis. Salah satu pola argumentasi yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran melalui argumentasi adalah Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan ilmiah peserta didik SMA dalam memahami konsep fisika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dengan melibatkan 113 responden peserta didik kelas 10 dan 11 MIPA tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 1 Sekaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan peserta didik terkait fenomena banjir sudah cukup baik. Namun, keterampilan argumentasi peserta didik SMAN 1 Sekaran berada pada level dan kemampuan dalam memberikan argumentasi ilmiah berada pada tahap memberikan klaim yang tepat, tetapi tidak disertai dengan bukti dan dukungan yang kuat. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengetahuan peserta didik terkait fenomena banjir sudah cukup baik, namun kemampuan dalam memberikan argumentasi masih berada pada level rendah. Oleh karena itu, dapat direkomendasikan agar peserta didik dapat meningkatkan dan melatih pemahaman konsep melalui proses argumentasi.

References

Abduh, N.K., Sastromiharjo, A., dan Anshori, D.S. (2019). Pola argumentasi pada genre teks eksposisi karangan siswa SMA. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 71-84.

Amin, Astuti M., dan Corebima, A.D. (2016). Analisis Persepsi Dosen Terhadap Strategi Pembelajaran Reading Questiong And Answering (RQA) Dan Argument Driven Inquiry (ADI) Pada Program Studi Pendidikan Biologi Di Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional II, 333–47.

Amiroh, F., dan Admoko, S. (2020). Tinjauan Terhadap Model-Model Pembelajaran Argumentasi Berbasis TAP Dalam Meningkatkan Keterampilan Argumentasi dan Pemahaman Konsep Fisika dengan Metode Library Research. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 207-214.

Anderson, L.W., Krathwohl, D., dan Bloom, B.S. (2001). Revised Bloom’s Taxonomy. In A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives, Newyork: Addison Wesley Longman. Pp. 3-279.

Agusni, H., Abdurrahman, A., dan Wahyudi, I. 2017. Pengaruh Skill Argumentasi Menggunakan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 5(4), 97–104.

Baharsyah, A.I., dan Admoko, S. (2020). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmins Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi pada Pembelajaran Fisika SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(3), 318-324.

Deta, U.A., Fadillah, R.N., Agustina, P.Z.R., Prakoso,I., Nurlailiyah,A., Saregar,A., dan Lestari, N.A. (2020). The Scientific Argumentation Profile of Earthquake Mitigation of Non-Science Undergraduate Student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012037.

Deta, U.A., Yanti, V.K., dan Mahtahari, S. (2021). The scientific argumentation profile of annular solar eclipse phenomenon June 21st 2020 of physics undergraduate student in Universitas Negeri Surabaya. Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012103.

Eliana, D., dan Admoko, S. (2020). Tren Pembelajaran Argumentasi Berbasis Toulmins Argument Pattern (TAP) dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Dan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 246-255.

Erduran, S., and Jimenez-Aleixandre, M.P. (2007). Argumentation in Science Education: Perspectives from Classroom-Based Research. In Contemporary Trends and Issues in Science Education (CTISE). New York: Springer.

Erduran, S., Simon, S., dan Osborne, J. (2004). TAPping into Argumentation: Developments in the Application of Toulmin’s Argument Pattern for Studying Science Discourse. Science Education, 88(6), 915–33.

Handayani, P. (2015). Analisis argumentasi peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Palembang dengan menggunakan model argumentasi toulmin. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 60-68.

Hanifah, N., dan Admoko, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) untuk Melatihkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2), 593-597.

Hendri, S., dan Defianti, A. (2015). Membentuk Keterampilan Argumentasi Siswa Melalui Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), pp. 545-548.

Hikmah, Naila Zahratul., & Suprapto, Nadi. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Diskusi Kelas Tipe Buzz Group untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Kelas X MIA Materi Usaha dan Energi. Inovasi Pendidikan Fisika. 8(2), 608-612.

Irvan, A., dan Admoko, S. (2020). Analisis Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa Berbasis Pola Toulmin’s Argument Pattern (TAP) Menggunakan Model Argument Driven Inquiry dan Diskusi Pada Pembelajaran Fisika SMA. Inovasi Pendidika Fisika. 9(3), 318-324.

Jaafar, R., dan Resnita, L. (2020). Developing Student Worksheets Using Inquiry - based Learning Model with Scientific Approach to Improve Tenth Grade Students ’ Physics Competence. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 10(1), 56–70.

Maison, M., Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., Kuswanto, K., dan Ningsi, A.P. (2021). Correlation Of Science Process Skills On Critical Thinking Skills In Junior High School In Jambi City. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya, 11(01), 29–38.

Muslim, M. (2015). Implementasi Model Pembelajaran Argumentasi Dialogis dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 13-18.

Riwayani, R., Perdana, R., Sari, R., Jumadi, J., dan Kuswanto, H. (2019). Analisis Kemampuan Aargumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Optik: Problem Based Learning Berbantuan Edu-Media Simulation. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 45-53.

Widhi, M. T. W., Hakim, A. R., Wulansari, N. I., Solahuddin, M. I., dan Admoko, S. (2021). Analisis Keterampilan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dalam Memahami Konsep Fisika Dengan Metode Library Research. PENDIPA Journal of Science Education, 5(1), 79-91.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Yuanata, B. E., Artanti, K. P., Saregar, A., & Deta, U. A. (2022). Profil Keterampilan Ilmiah Peserta Didik pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) dalam Memahami Konsep Fisika. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p1-6