Pengaruh Literasi Digital terhadap Prestasi Akademik Siswa Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p25-31Keywords:
Literasi Digital, Prestasi Akademik, Siswa SMA, Teknologi PendidikanAbstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat telah memberikan dampak signifikan, termasuk dalam dunia pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi digital terhadap prestasi akademik siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan menyoroti peran keterampilan berpikir kritis, analisis, komunikasi, dan kolaborasi melalui teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan 25 siswa dari berbagai SMA. Data dikumpulkan melalui survei untuk mengukur hubungan antara tingkat literasi digital dan kinerja akademik, serta wawancara untuk mengeksplorasi pengalaman siswa dalam menggunakan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan perangkat digital memiliki korelasi kuat dengan intensitas tugas dan aktivitas belajar siswa. Siswa dengan literasi digital tinggi cenderung memperoleh hasil akademik yang lebih baik, karena mampu memahami materi, menyusun argumen, serta menemukan solusi kreatif secara efektif. Literasi digital berperan penting dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, dan kolaborasi, yang berdampak langsung pada pencapaian akademik. Namun, hambatan seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan guru, dan rendahnya kesadaran orang tua terhadap pentingnya literasi digital masih menjadi tantangan dalam optimalisasi pembelajaran berbasis teknologi.
References
Aisyah, S. & Dewi, R.M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139–147. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147.
Asipi, L.S. (2022). Hubungan Literasi Digital dengan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Berbasis Kemandirian Belajar pada Era Pandemi Covid 19 Siswa SMA di Majalengka Lili. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 9918–9926. Retrieved from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9958.
Aulia, A.F., Asbari, M., & Wulandari, S.A. (2023). Kurikukulum Merdeka: Problematik Guru dalam Implementasi Teknologi Informasi pada Proses Pembelajaran. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(2), 65–70. Retrieved from: https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/955.
Cynthia, R.E. & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital : Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31712–31723. Retrieved from: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/12179.
Fauzi & Marhamah. (2021). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Pencegahan Informasi Hoaks pada Remaja di SMA Negeri 7 Kota Lhokseumawe. Jurnal Pekommas, 6(2), 77-84. DOI: https://doi.org/10.56873/jpkm.v6i2.4271.
Fitriyani, F. & Nugroho, A.T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(1), 307–314. DOI: https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416.
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri: SWOT dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Moder, 10(1), 32-42. DOI: https://doi.org/10.37471/jpm.v10i1.1053.
Judijanto, L. (2024). Analisis Pengaruh Tingkat Literasi Digital Guru dan Siswa Terhadap Kualitas Pembelajaran di Era Digital di Indonesia. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 50–60. DOI: https://doi.org/10.58812/spp.v2i02.391.
Khasanah, D.N. & Yushita, A.N. (2023). Pengaruh Literasi Digital, Kemandirian Belajar, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Dasar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 21(1), 1–18. DOI: https://doi.org/10.21831/jpai.v21i1.44398.
Landa, Z.R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–734. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529.
Marpaung, R.W. (2024). Implementasi Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi Siswa di Era Digital. Indonesian Research Journal on Education, 4(2), 550–558. DOI: https://doi.org/10.31004/irje.v4i2.677.
Milasari, D. & Nugraheni, N. (2024). Integrasi Pendidikan Konservasi dan Teknologi untuk Mewujudkan Pendidikan Inklusif dan Berkualitas dalam Pencapaian SDGs. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 119-125. DOI: https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.988.
Naufal, H.A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195-202. DOI: https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32.
Nurulita L. (2021). Peran Literasi Digital dalam Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Implementasi, 1(2), 139–145. Retrieved from: http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/ji/article/view/57.
Putri, S.A. & Dewi, R.M. (2022). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-E3 SMA Negeri 3 Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(2), 139-147. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v10n2.p139-147.
Setiawi, A.P., Patty, E.N.S., & Making, S.R.M. (2024). Dampak Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 680–684. Retrieved from: https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/826.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suharyat, Y., Nurhayati, S., Januliawati, D., Haryono, P., Muthi, I., & Zubaidi, M. (2023). Tantangan Pemberdayaan Orang Tua dalam Meningkatkan Mutu Layanan PAUD Era Digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 406–415. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3827.
Ully, C.S. & Nugraheni, N. (2024). Teknologi Berperan Penting dalam Pendidikan Lanjutan Khususnya di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(3), 133-141. DOI: https://doi.org/10.62017/jppi.v1i3.986.
Wulandari, D., & Khusaini, E.N.S. (2021). Pengaruh Sumberdaya Manusia dan Infrastruktur Sekolah Terhadap Prestasi Belajar yang di Mediasi Literasi Digital Siswa/i SMAN 5 Kabupaten Tanggerang. Journal of Business Education and Social, 2(2), 23–35. Retrieved from: https://ejournal.unis.ac.id/index.php/JBS/article/view/2618.
Wulandari, D., Khusaini, K., & Syamiya, E.N. (2022). Literasi Digital sebagai Faktor Penentu Prestasi Akademik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3), 350-360. DOI: https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.11925.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Ilyas Adi Saputra, Aulia Ramadhani, Melani Zahra Khairunnisa, Nur Ainiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.