Analisis Kebijakan Pendidikan Program Alazka Islamic Character Building pada Salah Satu SD Islam di Surabaya

Authors

  • Zuanita Shofia Ade Kurnia Universitas Negeri Surabaya
  • Erny Roesminingsih Universitas Negeri Surabaya
  • Murtadlo Murtadlo Universitas Negeri Surabaya
  • Mufarrihul Hazin Universitas Negeri Surabaya
  • Amrozi Khumaidi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p34-48

Keywords:

Kebijakan Pendidikan, Karakter Islami, Islamic Character Building, Pendidikan Dasar, Analisis Kebijakan

Abstract

Era digital menuntut lembaga pendidikan dasar tidak hanya unggul dalam aspek teknologi, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai karakter Islami yang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan pendidikan Program Alazka Islamic Character Building (A-ICB) pada salah satu SD Islam di Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis kebijakan publik berdasarkan model William N. Dunn, Edward III, serta Howlett & Ramesh, yang mencakup enam dimensi utama: konten, agenda setting, formulasi, aktor, implementasi, dan evaluasi kebijakan. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan A-ICB ditetapkan melalui Surat Keputusan Kepala Sekolah dan mengintegrasikan nilai Rabbaniyah, Ilmiyah, Insaniyah, dan Alamiyah ke dalam pembelajaran, pembiasaan, dan berbagai kegiatan sekolah. Pelaksanaan kebijakan didukung oleh aktor internal dan eksternal dengan struktur organisasi serta panduan teknis yang jelas. Namun demikian, ditemukan kesenjangan pemahaman di antara pelaksana serta kurang optimalnya pengukuran capaian karakter secara objektif. Disimpulkan bahwa A-ICB merupakan strategi kebijakan yang relevan dan adaptif dalam membangun karakter Islami peserta didik di tengah tantangan digitalisasi. Penelitian ini memberikan dampak positif berupa model implementasi pendidikan karakter Islami yang kontekstual dan aplikatif, yang dapat direplikasi oleh lembaga pendidikan dasar Islam lainnya. Selain itu, hasil penelitian ini mendorong pentingnya penguatan pelatihan guru, evaluasi berbasis data, dan kolaborasi lintas pemangku kepentingan dalam menciptakan ekosistem pendidikan karakter yang berkelanjutan dan responsif terhadap perkembangan zaman.

References

Al Ghifari, M.A., & Rahmat, R. (2024). Penguatan Pendidikan karakter melalui kolaborasi tripusat pendidikan. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(3), 270-276. DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v7i3.24383.

Amelia, L., Nurfatimah, S.A., Hasna, S., & Prihantini, P. (2022). Implementasi manajemen kurikulum dan pembelajaran berbasis konsep pendidikan karakter. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 277-299. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v6i2.11207.

Anderson, J.E. (2014). Public policymaking (8th ed.). Boston: Cengage Learning.

Ariyanti, Y. P., & Hazin, M. (2024). Evaluasi kebijakan kurikulum merdeka. Almufi Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(1), 23-29. Retrieved from: https://www.almufi.com/index.php/ASH/article/view/276.

Dunn, W.N. (2003). Pengantar analisis kebijakan publik (Edisi Bahasa Indonesia, diterjemahkan oleh M. Sofyan Effendi). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Edward III, G.C. (1980). Implementing public policy. Washington D.C.: Congressional Quarterly Press.

Fatmariyanti, Y. & Fauzi, A. (2023). Kebijakan publik versi William Dunn: Analisis dan implementasi. Journal of Humanities and Social Studies, 1(1), 1–9. DOI: https://doi.org/10.31004/hj.v1i1.3.

Fika, N., Fauzi, A., Qurtubi, A., Sultan Maulana Hasanuddin Banten, U., Jendral Sudirman, J. N., Cipocok Jaya Kec Serang, P., & Serang, K. (2023). Analisis Kebijakan Versi William Dunn dalam Pondok Pesantren Modern. Journal on Education, 5(4), 16737–16747. Retrieved from: http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2861.

Grindle, M.S. (1980). Politics and policy implementation in the third world. Princeton: Princeton University Press.

Hartoko, B. (2024). Manajemen kurikulum berbasis pendidikan karakter (Studi multi kasus Di SMPN 2 Widang dan di SDN Ngadirejo Kecamatan Widang Kabupaten Tuban). Doctoral dissertation. Gresik: Universitas Gresik.

Howlett, M., & Ramesh, M. (2003). Studying public policy: Policy cycles and policy subsystems (2nd ed.). Oxford: Oxford University Press.

Husaini, H. (2021). Integrasi nilai religius dalam pembelajaran MI/SD untuk membangun karakter siswa. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 4(1), 65-76. DOI: http://doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12372.

Margerison, C.J. and Ravenscroft, M.D. (2020). Coordinating Character and curriculum for learning and development. Journal of Work-Applied Management, 12(1), 97–104. DOI: https://doi.org/10.1108/JWAM-11-2019-0034.

Miles, M.B., Huberman, A.M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. California: SAGE Publications.

Mujiburrohman, H.S.M. & Sulastini, R. (2021). Manajemen pengembangan kurikulum pendidikan karakter berbasis pesantren. Cakrawla: Jurnal Kajian Manajemen Pendidikan Islam dan Studi Sosial, 5(2). https://doi.org/10.33507/cakrawala.v5i2.353.

Muslich, M. (2019). Pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Muslim, Yusri, Y., Sayafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen kepala sekolah dasar islam dalam mengembangkan pendidikan karakter religius di era disrupsi (Studi kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru). Journal on Education, 5(3), 10192-10204. Retrieved from: https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/1913.

Mustopadidjaja, A.R. (2003). Reformasi administrasi negara dalam rangka mendukung terwujudnya good governance. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Nizar, A.R., Putra, A.S.Z., Al-fawwaz, A.C., Anggriani, F.L., and Damayanti, Z.A. (2025). Strategi pengembangan karakter siswa sekolah dasar di luar jam sekolah: Peran guru dan orang tua dalam era digital. Nusantara Educational Review, 3(1), 44–50. DOI: https://doi.org/10.55732/ner.v3i1.1579.

Oktavia, P. and Khotimah, K. (2023). Pengembangan metode pembelajaran pendidikan agama islam di era digital. An Najah Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan, 2(5), 1–9. Retrieved from: https://journal.nabest.id/index.php/annajah/article/view/167/118.

Onibala, N., Mantiri, J., & Sendouw, R. (2023). Buku ajar analisis kebijakan publik. Tondano: Tahta Media Group.

Prabawati, I., Rahaju, T., & Kurniawan, B. (2020). Analisis kebijakan publik. Surabaya: Unesa University Press.

Purnawanto, A.T. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila dalam pembelajaran kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 5(2), 76–87. DOI: https://doi.org/10.63889/pedagogy.v15i2.139.

Rahmawati, E. & Hanafi, I.R. (2022). Internalisasi pendidikan karakter pelajar melalui pembentukan revolusi mental. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 1(2), 220-243. DOI: https://doi.org/10.58561/jkpi.v1i2.38.

Stufflebeam, D.L., & Shinkfield, A.J. (2007). Evaluation Theory, Models, and Applications. San Francisco: Jossey-Bass.

Sucipto & Hidayati, D. (2023). Manajemen kurikulum berbasis karakter diera digital pada Muhammadiyah Boarding School (MBS) Weleri Kendal. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(3), 1955–1960. DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v9i3.5765.

Susanto, S. (2021). Dampak inovasi pembelajaran berbasis karakter terhadap pengembangan karakter positif di SD Karakter Genius Islamic School Kota Depok. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 13(2), 687-708. DOI: https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1066.

Ula, H., Suradji, M., and M̤ṳk̤h̤l̤a̤s̤. (2024). Manajemen program pendidikan karakter dalam meningkatkan sikap sosial siswa di era disrupsi informasi. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(2), 349-362. DOI: https://doi.org/10.52166/talim.v7i2.6837.

Utami, H.A. (2022). Manajemen kurikulum berbasis karakter di sekolah dasar karakter genius islamic school. Doctoral dissertation. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Van Meter, D.S., & Van Horn, C.E. (1975). The policy implementation process: A conceptual framework. Administration & Society, 6(4), 445–488. DOI: https://doi.org/10.1177/009539977500600404.

Yanti, N. (2023). Implementasi kebijakan publik: Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading. (2024). Buku panduan manajemen kurikulum A-ICB. Surabaya: SD Islam Al-Azhar Kelapa Gading.

Downloads

Additional Files

Published

12-08-2025

How to Cite

Kurnia, Z. S. A., Roesminingsih, E., Murtadlo, M., Hazin, M., & Khumaidi, A. (2025). Analisis Kebijakan Pendidikan Program Alazka Islamic Character Building pada Salah Satu SD Islam di Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 34–48. https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p34-48

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.