Validitas Perangkat Pembelajaran Project-Based Inquiry Science Terintegrasi Pendidikan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis

Authors

  • Kartika Septyaningrum Universitas Negeri Surabaya
  • Nurita Apridiana Lestari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p1-16

Keywords:

perangkat pembelajaran, validitas, project-based inquiry science, pendidikan lingkungan, berpikir kritis

Abstract

Pendidikan menjadi upaya yang paling penting dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia. Pengembangan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendidikan formal di sekolah yang diterapkan pada peserta didik semua jenjang pendidikan, salah satunya melalui pembelajaran fisika. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis hasil dari validitas perangkat pembelajaran project-based inquiry science terintegrasi pendidikan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan jenis metode ADDIE. Terdapat tiga tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap analisis (analyze), tahap desain (design) dan tahap pengembangan (development). Penelitian dan pengembangan ini dibatasi sampai tahap development, yang difokuskan pada proses uji validitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memakai metode validasi melalui pemberian lembar validasi kepada validator ahli untuk mengetahui validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menghitung dan menganalisis hasil rata-rata nilai validasi perangkat pembelajaran dari validator ahli dan menggunakan skala likert dalam penilaiannya. Perangkat pembelajaran ini memiliki kelebihan yaitu menggunakan model pembelajaran project-based inquiry science, terintegrasi pendidikan lingkungan, mengasah kemampuan berpikir kritis. Kekurangannya adalah perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran membutuhkan alokasi waktu yang cukup banyak dalam penerapannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima produk perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, Renacana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), handout atau bahan ajar dan instrumen penilaian menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 86,48%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran project-based inquiry science terintegrasi pendidikan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis layak diterapkan dalam proses pembelajaran.

References

Afza, A., Nerita, S., & Maizeli, A. (2021). Handout Making Training in Integrated Natural Science Lesson at SMP N 43 Padang. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 280-284. DOI: https://doi.org/10.22202/rangkiang.2021.v3i2.5578.

Aguss, R. M., Amelia, D., & Permata, P. (2021). Pelatihan Pembuatan Perangkat Ajar Silabus dan RPP SMK PGRI 1 Limau. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 2(2), 48-53. DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i2.1315.

Agusti, K. A., Wijaya, A. F., & Tarigan, D. E. (2019). Problem Based Learning dengan Konteks ESD untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sustainability Awareness Peserta Didik SMA pada Materi Pemanasan Global. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 8, 175 - 182. DOI: https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.22.

Amin, A. & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29-38. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436.

Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19-32. DOI: https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.

Duengo, S., Latjompoh, M., & Ibrahim, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Pembelajaran “Smart” pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Melatih Kemampuan Berpikir Siswa SMP. Jambura Edu Biosfer Journal, 2(2), 65-72. DOI: https://doi.org/10.34312/jebj.v2i2.2706.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920-929. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Ennis, R. H. (2018). Critical Thinking Across The Curriculum: A Vision. Topoi, 37, 165-184. DOI: https://doi.org/10.1007/s11245-016-9401-4.

Fahruddin, A., Liliawaty, W., & Siahaan, P. (2020). Perkembangan Keterampilan Abad 21: Critical Thinking pada Pembelajaran Inquiry Project Based Learning dengan Strategi Reading Infusion Materi Besaran Fisika dan Pengukurannya di Salah Satu SMA Negeri Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 129-136. Retrieved from: http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/1257.

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan Kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of sociology research and education, 6(2), 70-80. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157.

Fitriyah, L. A., & Hayati, N. (2020). Analisis Keterampilan Menyusun RPP Mahasiswa Calon Guru IPA Menggunakan Active Learning. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 83-93. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.117.

Harahap, G., & Juliani, R. (2019). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media PhET di SMA Negeri 1 Pantai Cermin. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 5(1), 15. DOI: https://doi.org/10.24114/jiaf.v5i1.12541.

Herliandry, L. D., & Harjono, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Peserta Didik Kelas X dengan Model Brain Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 166. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.166.

Idris, N. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 16(1), 39-50. DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i1.15284.

Jufri, J., La Fua, J., & Nurlila, R. U. (2019). Pendidikan Lingkungan di Sekolah Dasar Negeri 1 Baruga Kota Kendari. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 11(2), 164-181. Retrieved from: https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/1133.

Kamiludin, J. (2021). Pelaksanaan In-House Training (IHT) untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. Jurnal Pedagogiana, 8(49), 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.47601/AJP.57.

Kolodner, J. L., Krajcik, J. S., Edelson, D. C., Reiser, B. J., & Starr, M. L. (2010). Project Based Inquiry Science TM ENERGY. USA: PBIS.

Lestari, N. A., Hariyono, E., Dwikoranto, D., Prahani, B. K., & Deta, U. A. (2022). Project-Based Inquiry-Science: An Innovative Learning for Thinking, Teaching and Assessing Science-Physics. Momentum: Physics Education Journal, 6(1), 86-92. DOI: https://doi.org/10.21067/mpej.v6i1.6254.

Ng, C. H., & Adnan, M. (2021). The Effect of Using Project-Based Inquiry Learning (PIL) STEM Module in Topic Space Among Year One Students. Psychology and Education Journal, 58(1), 4718-4726. DOI: https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1631.

Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran Daring melalui Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 108-115. DOI: https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.14.

Nurhaliza, E., Apriani, D., Lestari, W. I., & Walid, A. (2020). Evaluasi dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Tingkat SMP terhadap Pembelajaran Fisika, DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 2(2), 98-103. DOI: https://doi.org/10.37058/diffraction.v2i2.2535.

Permendikbud. (2019). Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prastowo, A. (2019). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Prayogi, S. & Verawati, N. N. S. P. (2020). The Effect of Conflict Cognitive Strategy in Inquiry-Based Learning on Preservice Teachers’ Critical Thinking Ability. Journal of Educational, Cultural and Psychological Studies (ECPS Journal), 2020(21), 27-41. DOI: https://doi.org/10.7358/ecps-2020-021-pray.

Purwanto, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Sasaran dalam Penyusunan RPP yang Baik dan Benar Sesuai Kurikulum 2013 (Kurtilas) Semester Satu Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Negeri 9 Mataram Melalui Pendampingan Berbasis MGMP. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(1), 620. DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v3i1.620.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17-25. Retrieved from: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7155.

Rahayu, C. & Festiyed, F. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generatif dengan Pendekatan Open-Ended Problem untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 1-6. Retrieved from: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/5363.

Rahmawati, D. E. & Trimulyono, G. (2022). Validitas Instrumen Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Keanekaragaman Hayati. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(1), 138-147. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n1.p138-147.

Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2: Teori & Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Dalam Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Selmin, Y., Bunga, Y. N., & Bare, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Sistem Organisasi Kehidupan. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1), 41-57. DOI: https://dx.doi.org/10.55241/spibio.v3i1.52.

Sari, T. H. N. I., Khotimah, H., & Yuniarti, S. (2018). Pengaruh Model Project-Based Inquiry Learning (PIL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP di Balikpapan. INSPIRAMATIKA, 4(2), 61-76. Retrieved from: http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/Inspiramatika/article/view/1236/772.

Setiana, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menyusun RPP dengan Pendekatan Saintifik Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional MIPA Kolaborasi, 1(1), 120-131. Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/SNMIPA/article/view/215.

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Press

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research dan Development. Bandung: Alfabeta

Sukardi, S., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2019). Critical Thinking Skills of Senior High School Students on the Ecological Learning through Enviromental Eduaction-a Development Research. European Journal of Education Studies, 5(12), 2336. Retrieved from: https://oapub.org/edu/index.php/ejes/article/view/2336.

Suwondo, Wulandari, S., & Hariyanto, R. (2019). Pendidikan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal. Riau: UR Press

Sylvia, I., Anwar, S., & Khairani, K. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Berbasis Pendekatan Authentic Inquiry Learning pada Mata Pelajaran Sosiologi di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 103-120. DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.162.

Tanjung, A. W. S., Bektiarso, S., & Lesmono, A. D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Disertai Sumber Belajar Lingkungan terhadap Hasil Belajar Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 11(1), 67-75. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v11i1.35163.

Taufik, M. & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167-1173. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743.

Utami, S. D., Efendi, I., Dewi, I. N., Ramdani, A., & Rohyani, I. S. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran Etnoekologi Masyarakat Suku Sasak Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 240-247. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i2.291.

Utomo, B. (2018). Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2), 4883. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4883.

Verawati, N. N. S. P., Iswara, A., & Wahyudi, W. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 10(1), 1-7. Retrieved from: https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/Lensa/article/view/5606.

Wulandari, N. (2021). Analisis Kreativits Guru Kelas dalam Menyusun Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Matematika Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 120-127. DOI: https://doi.org/10.37150/perseda.v4i2.1280.

Downloads

Additional Files

Published

24-07-2023

How to Cite

Septyaningrum, K., & Lestari, N. A. (2023). Validitas Perangkat Pembelajaran Project-Based Inquiry Science Terintegrasi Pendidikan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p1-16

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.