Pembelajaran Materi Perubahan Iklim dengan Model Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA

Authors

  • Fitri Diana Devi Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Hariyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p16-24

Keywords:

Perubahan Iklim, Guided Inquiry, Socio Scientific-Issues, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Perubahan iklim telah menyebabkan peningkatan suhu rata-rata global dalam beberapa waktu terakhir. Permasalahan ini beserta penyebab dan upaya pencegahannya dapat diintegrasikan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan keterampilan berpikir kritis, dan respons peserta didik terhadap pembelajaran perubahan iklim menggunakan model Guided Inquiry dengan pendekatan Socio-Scientific Issues (SSI) di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental one-group pre-test and post-test dengan analisis deskriptif-kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X-1 dan X-2 di SMAN 6 Kediri. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pendahuluan, observasi, tes, dan angket. Analisis data meliputi lembar observasi untuk menilai keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan berpikir kritis, serta angket untuk mengukur respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berjalan sangat baik dengan persentase 98,49%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis diukur menggunakan uji prasyarat, N-Gain, uji-t berpasangan, dan ANOVA, dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,55 yang termasuk dalam kategori sedang dan konsisten pada kedua kelas. Respons peserta didik terhadap pembelajaran juga tergolong sangat baik, sehingga pendekatan ini dapat dikembangkan lebih lanjut dalam pembelajaran perubahan iklim.

References

Akhdinirwanto, R., Agustini, R., & Jatmiko, B. (2020). Problem-based Learning with Argumentation as a Hypothetical Model to Increase the Critical Thinking Skills for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 340-350. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.19282.

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning. Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 12(2), 51–57. Retrieved from: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/article/view/233/217.

Amalia, A., & Hariyono, E. (2022). Penerapan Experiential Learning pada Materi Perubahan Iklim untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(1), 134-144. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v7i1.934.

Amijaya, L., Ramdani, A., & Merta, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94-99. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468.

Anwar, A. (2009). Statistika untuk Penelitian Pendidikan. Kediri: IAIT Press.

Asrori. (2020). Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisiplinier. Purwokerto: CV Pena Persada.

BMKG. (2021). Tren Suhu. Retrieved from: https://www.bmkg.go.id/iklim/?p=tren-suhu.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences (2nd ed.). New York: Rotledge. DOI: https://doi.org/10.4324/9780203771587.

Ekayanti, N., & Hariyono, E. (2020). Sets Vision: How to Develop Students’ Climate Literacy through Physics Learning. Inovasi Pendidikan Fisika, 9(2), 215-222. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/34546/30719.

Fatmawati, D. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berkonteks Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Doctoral Dissertation. Surakarta: UNS (Sebelas Maret University).

Forum, W. E. (2020). The Global Risk 2020 15th Edition. Switzerland: World Economic Forum.

Hariyono, E. (2021). Analysis on Climate Literacy Capacity of Level XI High School Students in Surabaya. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(1), 28-37. DOI: https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i1.3816.

Hariyono, E., & Liliasari, S. (2018). The Characteristics of Volcanic Eruption in Indonesia. In Volcanoes: Geological and Geophysical Setting, Theoretical Aspects and Numerical Modeling, Applications to Industry and Their Impact on the Human Health, 73. London: Intechopen. DOI: http://dx.doi.org/10.5772/intechopen.71449.

Hidayat, A., & Hidayati, S. (2023). Keterlaksanaan dan Respons Siswa Terhadap Penerapan Guided Inquiry Berbantuan LKPD Berorientasi Socio-Scientific Issues. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(3), 237-242. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/56571.

Hidayat, A. (2023). Dampak Perubahan Iklim Terhadap Pertanian dan Strategi Adaptasi yang Diterapkan oleh Petani. Retrieved from: https://osf.io/mw5ge/download.

Imaduddin, M., & Khafidin, Z. (2018). Ayo Belajar IPA dari Ulama: Pembelajaran Berbasis Socio-Scientific Issues di Abad ke-21. Journal of Natural Science Teaching, 1(2), 102-120. DOI: https://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i2.4439.

Irawanto, T. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry pada Pembelajaran Kompetensi Menerapkan Pencucian dan Penyimpanan di Kelas X Jasa Boga SMKN 2 Jombang. Jurnal Tata Boga, 8(2), 307–315. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/27497.

Kristiana, T. & Afandi, Wahyuni, E.S. (2019). Potensi Socioscientific Issues dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2019, 260-266. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Kristiana, T., Afandi, & Wahyuni, E. S. (2022). Konstruksi Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Guided Inquiry Disertai Socioscientific Issues Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 10(2), 145-154. DOI: http://dx.doi.org/10.23971/eds.v10i2.3412.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Listiantomo, D. (2023). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Virtual Lab untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI pada Materi Gelombang Cahaya. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 274-281. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.274-281.

Mahanani, I., Rahayu, S., & Fajaroh, F. (2019). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Berkonteks Socioscientific Issues Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Scientific Explanation. Jurnal Kependidikan, 3(1), 53-68. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jk.v3i1.20972.

Malino, C., Arsyad, M., & Palloan, P. (2021). Analisis Parameter Curah Hujan dan Suhu Udara di Kota Makassar Terkait Fenomena Perubahan Iklim. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 17(2), 139-145. DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v17i2.22167.

Mardiyanti, Agusti, N. E., & Jatmiko, B. (2022). Keefektifan Pembelajaran Fisika dengan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Interactive Simulations untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 328-335. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5281.

Martatis, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika. Journal of Educational Research and Humaniora (JERH), 1(2), 24-33. DOI: https://doi.org/10.51178/jerh.v1i2.1367.

Martin S.S., & O’Neill, M. (2022). Thermodynamics of the Climate System. Physics Today, 75(7), 30-37. DOI: https://doi.org/10.1063/PT.3.5038.

Menlhk.go.id. (2021, Maret 20). Internalisasi Perubahan Iklim dalam Kurikulum Pendidikan. Retrieved from: https://ppid.menlhk.go.id/berita/siaran-pers/5871/internalisasi-perubahan-iklim-dalam-kurikulum-pendidikan.

Nano, M., Syam, M., & Haryanto, Z. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Impuls dan Momentum di SMA Negeri 11 Samarinda. Jurnal Literasi Pendidikan Fisika, 2(1), 63-72. DOI: https://doi.org/10.30872/jlpf.v2i1.355.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Niazmia Learning Center.

Oktavia, M., Prasasty, A., & Isroyati, I. (2019). Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1), 596-601. DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.439.

Pratama, R., & Parinduri, L. (2019). Penaggulangan Pemanasan Global. Buletin Utama Teknik, 15(1), 91-95. Retrieved from: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but/article/view/1879.

Putra, I. (2022). Kajian Literatur Sistematis: Integrasi Model Inkuiri Berbasis Socioscientific Issues pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(3), 919-928. DOI: http://dx.doi.org/10.37630/jpm.v12i3.704.

Radhiyah, R., & Hariyono, E. (2022). Pemanfaatan Terrarium Sederhana dengan Model Problem Based Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Perubahan Iklim. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(2), 299-311. DOI: https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.959.

Rahayu, S. (2019). Socioscientific Issues: Manfaatnya dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Sains, Nature of Science (NOS) dan Higher Order Thinking Skills (HOTS). In Seminar Nasional Pendidikan IPA UNESA, 1-14. DOI: http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.16332.16004.

Retnoningsih, W. (2021). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 458-464. DOI: https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53871.

Ruminta, R., Handoko, H., & Nurmala, T. (2018). Indikasi Perubahan Iklim dan Dampaknya Terhadap Produksi Padi di Indonesia. Jurnal Agro, 5(1), 48-60. DOI: https://doi.org/10.15575/1607.

Shoba, T., Hardianti, R., & Pamelasari, S. (2023). Penerapan Pendekatan Socio-Scientific Issue (SSI) Berbantuan Modul Elektronik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. In Proceeding Seminar Nasional IPA XIII, 571-579. Retrieved from: https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/2329.

Sukarelawan, M., Indratno, T., & Ayu, S. (2024). N-Gain vs Stacking. Yogyakarta: Suryacahya.

Suparinda, V., & Wasis, W. (2022). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran Fluida Dinamik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 292-301. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5142.

Suryani, E. (2019). Analisis Pemahaman Konsep? Two-tier Test sebagai Alternatif. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Suyidno, S., Haryandi, S., & Sunarti, T. (2021). Pembelajaran Kreatif Berbasis Otonomi. Banjarmasin: Lambung Mangkurat University Press.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 7(1), 50-62. DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.

Wahyuni, H., & Suranto, S. (2021). Dampak Deforestasi Hutan Skala Besar Terhadap Pemanasan Global di Indonesia. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 148-162. DOI: https://doi.org/10.14710/jiip.v6i1.10083.

Zakiah, L., & Lestari, I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Downloads

Additional Files

Published

20-10-2024

How to Cite

Devi, F. D., & Hariyono, E. (2024). Pembelajaran Materi Perubahan Iklim dengan Model Guided Inquiry Menggunakan Pendekatan Socio Scientific Issues (SSI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 16–24. https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p16-24

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.