Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) Pada Pelaksanaan Pembelajaran Fisika di SMA

Authors

  • Fifta Itsna Iftirani Universitas Negeri Surabaya
  • Sindy Regita Cahyani Universitas Negeri Surabaya
  • Winda Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurita Apridiana Lestari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p24-32

Keywords:

Fisika, Kurikulum, Pendidikan, Penerapan, Sekolah

Abstract

Kurikulum dalam system pendidikan nasional telah banyak mengalami perubahan, salah satunya adalah perubahan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) menjadi Kurikulum 2013 (K-13). Tujuan dari artikel ilmiah ini adalah menganalisis penerapan Kurikulum 2013 pada pelaksanaan pembelajaran fisika. Pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah tidak terlepas dari kesiapan guru yang menjalan roda pengajaran dan pembelajaran disekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Penelitian kepustakaan ini menggunakan metode pengumpulan data dari berbagai jurnal penelitian yang ada, merujuk pada buku, dan melalui penyajian informasi tambahan pada website yang relevan dengan penelitian ini. Disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan kurikulum 2013, peserta didik melakukan pembelajaran aktif, seluruh peserta didik harus terlibat aktif di dalamnya. Proses Pembelajaran Kurikulum 2013 tersebut memberikan kesempatan kepada peserta didik  untuk  mengembangkan  potensi  mereka  menjadi  kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap (spiritual dan sosial), pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya

References

Ali, M., dan Radiatul A. (2021). Relevansi Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Pada Mata Pelajaran Fisika dan Hubungan dengan Kinerja Individual Pengguna (Studi Kasus SMA Se – Kabupaten Kotabaru). Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 39-47.

Ary, S. (2020). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Toraja Utara. Prosiding Seminar Nasional Fisika PPS Universitas Negeri Makassar, 3, 90-93.

Effendi, Alimatu, F., dan Kalsum, U. (2021). Pemahaman Guru Fisika Tentang Implementasi Kurikulum 2013 (K – 13) Pada Pembelajaran Fisika di MTs Darul Ulum. Jurnal Pendidikan Guru Muda Fisika, 2(1), 37-43.

Fadilah, N., dan Suparwoto, S. (2016). Keterlaksanaan pembelajaran fisika implementasi kurikulum 2013 berdasarkan latar belakang akademik guru di MAN DIY. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 76-87.

Haryadi, L.S., dan Haratua T.M.S. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Fisika di Kelas X SMA Kemala Bhayangkari Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1), F03110014.

Hasan, H. (2009). Evaluasi Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hidayatulloh, M., Humairoh, F., Wachidah, U., Iswati, D. A. dan Suliyanah, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Rangkaian Listrik Dengan Scientific Approach. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(1), 28–32.

Kustijono, R. dan Wiwin HM, E. (2014). Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika Smk Di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1–14.

Kusumastuti, A. (2016). Faktor-faktor Penghambat Guru Dalam Melaksanakan Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Akuntansi Di SMK N 3 Surakarta. Skripsi, Surakarta: UNS

Laeliyah, I., dan Deta, U.A. (2022). Implementasi Kurikulum Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus Pada Mata Pelajaran Fisika di SMA Negeri 18 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 11(1), 11-19.

Mallo, I.Y. (2013). Analysis of teacher's perception of their public image and it influence on students performance in physics: A key to improving the quality of education in Nigeria. Journal of Social Sciences, 4(12), 113-117.

Martin, R., dan Simanjorang, M.M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum yang Sesuai Dalam Pendidikan Indonesia. Jurnal Mahesa Center, 1(1).

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Rosadarya.

Nasir, M., dan Samarinda, I. (2016). Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan Syamil. In Manajemen Kurikulum Dalam Pendidikan.

Prabowo, Hari. (2013). Pentingnya Peranan Kurikulum Yang Sesuai Dalam Pendidikan. Skripsi. Padang:Universitas Negeri Padang.

Prihati, F., dan Sukarmin. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 SMA Negeri 8 Surakarta Ditinjau Dari Standar Proses. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 19-24.

Suluh M., dan Ate, D. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Kurikulum 2013 ditinjau dari Kesiapan Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(2), 248-254.

Syam, R., Heru W., dan Panennungi T. (2018). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Oleh Guru Mata Pelajaran Produktif Di SMK Negeri 5 Bantaeng. Skripsi. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Zahrawati, F., dan Ramadani, A.N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemik Covid – 19. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 59-74.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Iftirani, F. I., Cahyani, S. R., Pratiwi, W., Suliyanah, & Lestari, N. A. (2022). Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) Pada Pelaksanaan Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 24–32. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p24-32

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.