Penyusunan Instrumen Berbasis Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Mengukur Perkembangan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn: Sebuah Kajian Literatur

Authors

  • Raudhatunnur Raudhatunnur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Shaleh Shaleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p73-82

Keywords:

Computerized Adaptive Testing (CAT), Perkembangan Kognitif, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sekolah Dasar, Item Response Theory (IRT)

Abstract

Penilaian dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) di tingkat Sekolah Dasar harus mampu mencerminkan perkembangan kognitif siswa secara akurat dan adaptif. Namun, instrumen asesmen yang digunakan saat ini masih bersifat statis dan kurang responsif terhadap variasi kemampuan siswa, sehingga guru kesulitan memperoleh informasi yang mendalam tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik. Penelitian ini bertujuan menyusun rancangan instrumen berbasis Computerized Adaptive Testing (CAT) untuk mengukur perkembangan kognitif siswa SD dalam mata pelajaran PPKn melalui pendekatan studi literatur. Metode yang digunakan adalah kajian sistematis terhadap teori-teori terkait CAT, prinsip Item Response Theory (IRT), dan pendekatan asesmen kognitif dalam konteks pendidikan dasar. Literatur dianalisis dari berbagai sumber terpercaya, termasuk jurnal ilmiah, buku, dan dokumen kebijakan pendidikan. Hasil kajian menunjukkan bahwa instrumen CAT berbasis IRT dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi asesmen, terutama melalui penyesuaian tingkat kesulitan soal dengan kemampuan siswa. Namun, penerapan CAT di sekolah dasar menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses teknologi dan pemahaman guru mengenai asesmen adaptif. Keterlibatan guru dalam penyusunan butir soal dan penyesuaian konteks lokal menjadi faktor penting dalam validitas instrumen. Penelitian ini memberikan dasar konseptual bagi pengembangan instrumen adaptif PPKn dan dapat dijadikan pijakan untuk validasi empiris pada tahap berikutnya. Kontribusi penelitian ini mendukung peningkatan mutu asesmen PPKn serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar.

Kataikunci : Computerized Adaptive Testing (CAT), perkembangan kognitif, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sekolah Dasar, Item Response Theory (IRT).

References

Afifah, A.R. & Sadad, R. (2025). Evaluasi program pendidikan dasar: Menggunakan model evaluasi program berorientasi tujuan (goal-oriented evaluation approach: Ralph W. Tyler). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 326-337. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.26678.

Akhtar, H., Silfiasari, Vekety, B., & Kovacs, K. (2023). The effect of computerized adaptive testing on motivation and anxiety: A systematic review and meta-analysis. Assessment, 30(5), 1379–1390. DOI: https://doi.org/10.1177/10731911221100995.

Anugrah, A. & Rahmat, R. (2024). Pendidikan karakter dalam perspektif kurikulum pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 22-34. DOI: https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.403.

Arlinwibowo, J., Retnawati, H., Hadi, S., Kartowagiran, B., & Kassymova, G.K. (2021). Optimizing of item selection in computerized adaptive testing based on efficiency balanced information. Journal Of Theoretical And Applied Information Technology, 99(4), 921–931. Retrieved fom: https://www.jatit.org/volumes/Vol99No4/12Vol99No4.pdf.

Ayanwale, M.A., Amusa, J.O., Oladejo, A.I., & Ayedun, F. (2024). Multidimensional item response theory calibration of dichotomous response structure using R language for statistical computing. Interchange, 55(1), 137–157. DOI: https://doi.org/10.1007/s10780-024-09517-y.

Aybek, E.C. (2023). The relation of item difficulty between classical test theory and item response theory: Computerized adaptive test perspective. Journal of Measurement and Evaluation in Education and Psychology, 14(2), 118-127. DOI: https://doi.org/10.21031/epod.1209284.

Bagus, H.C. (2012). Administrasi ujian nasional (UN) dengan menggunakan model computerized adaptive testing (CAT). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 45-53. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.68.

Bahrom, S., Yaacob, S.N.M., Happas, A., Saidin, N., Nawi, M.N.M., & Shaharom, N. (2025). Construction of an item bank using rasch analysis. Educatum Journal of Science, Mathematics and Technology, 12(1), 10-14. DOI: https://doi.org/10.37134/ejsmt.vol12.1.2.2025.

Ebenbeck, N. & Gebhardt, M. (2024). Differential performance of computerized adaptive testing in students with and without disabilities – A simulation study. Journal of Special Education Technology, 39(4), 481–490. DOI: https://doi.org/10.1177/01626434241232117.

Ebenbeck, N., Bastian, M., Mühling, A., & Gebhardt, M. (2024). Duration versus accuracy—What matters for computerised adaptive testing in schools? Journal of Computer Assisted Learning, 40(6), 3443–3453. DOI: https://doi.org/10.1111/jcal.13074.

Ellis, J.L. (2023). Computer-adaptive testing with fewer assumptions. In L.A. Van Der Ark, W.H.M. Emons, & R.R. Meijer (Ed.), Essays on contemporary psychometrics (pp. 327–343). Switzerland: Springer Cham. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-031-10370-4_17.

Fatkhudin, A., Surarso, B., & Subagio, A. (2016). Item response theory model empat parameter logistik pada computerized adaptive test. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 4(2), 121–129. DOI: https://doi.org/10.21456/vol4iss2pp121-129.

Fernanda, S.A., Fernica, V.O., & Pratama, M.B. (2025). Penerapan evaluasi autentik dalam pembelajaran pendidikan pancasila di tingkat sekolah dasar. Menulis: Jurnal Penelitian Nusantara, 1(5), 334-340. Retrieved from: https://padangjurnal.web.id/index.php/menulis/article/view/277.

Guo, R., Jantharajit, N., & Thongpanit, P. (2024). Enhancing analytical and critical thinking skills through reflective and collaborative learning: A quasi-experimental study. International Journal of Education and Social Development, 1(1), 15–18. DOI: https://doi.org/10.54097/8jk07y86.

Hambali, S., Isbat, I.H., & Aulia, S. (2025). Penerapan teknologi cloud computing dalam pengelolaan data pemerintahan manfaat dan tantangannya. Network: Jurnal Teknologi Informasi, Komunikasi dan Komputer Sains, 1(1), 41-52. Retrieved from: https://jurnalp4i.com/index.php/network/article/view/5244.

Hanifah, H., Salsabillah, L., Fitri, A.T., Febriani, R.M., Hidayatullah, R., & Harmonedi. (2025a). Landasan teori, penelitian relevan, kerangka berpikir dan hipotesis penelitian pendidikan. Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 391-404. DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.989.

Hapsari, W.P. & Labib, U.A. (2025). Two-tiers test berbasis everyday life activity stimulus untuk meningkatkan kemampuan numerasi AKM siswa sekolah dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 9(1), 129-156. DOI: https://doi.org/10.26811/didaktika.v9i1.1764.

Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D.R., & Putri, R.G.A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di lembaga pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 181-192.

Hulu, Y. (2023). Problematika guru dalam pengembangan teknologi dan media pembelajaran. Anthor: Education and Learning Journal, 2(6), 840-846. DOI: https://doi.org/10.31004/anthor.v2i6.285.

Imawan, O.R., Retnawati, H., Haryanto, & Ismail, R. (2025). The challenges of implementing computerized adaptive testing in Indonesia. Journal of Education and E-Learning Research, 12(2), 124–144. DOI: https://doi.org/10.20448/jeelr.v12i2.6677.

Jannati, P., Ramadhan, F.A., & Rohimawan, M.A. (2023). Peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345. DOI: https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1714.

Kelly, K. (2022). Contextualising curriculum for a multi-course classroom: A case study. Curriculum and Teaching, 37(2), 39–53. DOI: https://doi.org/10.7459/ct/37.2.04.

Latifah, E.D.K. (2023). Laporan MBKM by design fkm unair dinas kesehatan provinsi jawa timur, surabaya implementasi satu sehat pada fasilitas kesehatan di wilayah dinas kesehatan Provinsi Jawa Timur. Laporan magang. Surabaya: Universitas Airlangga. Retrieved from: https://repository.unair.ac.id/132866/.

Luo, H. & Yang, X. (2024). Efficiency of computerized adaptive testing with a cognitively designed item bank. Frontiers in Psychology, 15, 1353419. DOI: https://doi.org/10.3389/fpsyg.2024.1353419.

Magdalena, I., Wahyuni, H., Imelda, M.I., & Tazki, N.N. (2020). Analisis evaluasi formatif pada materi kewajiban, hak dan tanggung jawab pelajaran PKn KELAS V SDN Salembaran III. Pandawa, 2(2), 255–269. DOI: https://doi.org/10.36088/pandawa.v2i2.798.

Mardapi, D., Haryanto, H., & Hadi, S. (2012). Pengujian hasil belajar dan penilaian pendidikan berbantuan komputer. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 137538. DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2239.

Marhaenenti, S., Trisiana, A., & Irsyad. (2023). Best practice pembelajaran pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar. Surakarta: Unisri Press.

Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Journal of Gender Studies, 13(1), 116-152. DOI: https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26.

Maulani, M.R. & Supriady, S. (2022). Implementasi item response theory model three-parameter logistics pada aplikasi computerized adaptive test. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 16(1), 1-9. DOI: https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2022.16.1.1117.

Msayer, M.E., Aoula, E.S., & Bouihi, B. (2024). Artificial intelligence in computerized adaptive testing to assess the cognitive performance of students: A systematic review. 2024 International Conference On Intelligent Systems and Computer Vision (ISCV), 1–8. DOI: https://doi.org/10.1109/iscv60512.2024.10620092.

Muhadi, M., Jarir, J., Khairina, K., Rajuna, R., & Prasetyo, E. (2025). Evaluasi perencanaan desain pembelajaran, pelaksanaan proses kegiatan pembelajaran, dan evaluasi instrumen hasil pembelajaran. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 156–165. DOI: https://doi.org/10.56832/edu.v5i2.1084.

Mustofa, H. (2023). Strategi pembelajaran scaffolding dalam membentuk kemandirian belajar siswa. Al Fatih: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 42-52. Retrieved from: https://journal.an-nur.ac.id/index.php/alf/article/view/29.

Nadia, Kamila, V.Z., Islamiyah, Wardhana, R., & Setyadi, H.J. (2022). Penerapan computerized adaptive test (CAT) pada ujian semester menggunakan algoritma teori respon butir model 2 Pl berbasis web (Studi kasus: Kelas XI SMAN 1 Muara Jawa Kota Samarinda). Adopsi Teknologi dan Sistem Informasi (Atasi), 1(1), 36-51. DOI: https://doi.org/10.30872/atasi.v1i1.43.

Petersen, M.A., Aaronson, N.K., Arraras, J.I., Chie, W.C., Conroy, T., Costantini, A., Dirven, L., Fayers, P., Gamper, E.M., Giesinger, J.M., Habets, E.J.J., Hammerlid, E., Helbostad, J., Hjermstad, M.J., Holzner, B., Johnson, C., Kemmler, G., King, M.T., Kaasa, S., … Groenvold, M. (2018). The eortc cat core—The computer adaptive version of the eortc Qlq-C30 questionnaire. European Journal of Cancer, 100, 8–16. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ejca.2018.04.016.

Poniasari, D., Chairiyah, C., Pratomo, W., & Nadziroh, N. (2024). Pengembangan media pembelajaran ppkn berbasis peta konsep untuk siswa kelas V di sekolah dasar. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 8-14. DOI: https://doi.org/10.56393/kognisi.v4i1.2113.

Pramesti, P. & Setyaningtyas, E. (2021). Perbandingan model pembelajaran problem solving dan problem posing terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 1039–1050. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.587.

Rifdah, F.N. (2023). Pengembangan bank soal mata pelajaran IPS pada kurikulum merdeka kelas VII di Mts Negeri Batu. Undergraduate Thesis. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from: http://etheses.uin-malang.ac.id/54588/.

Samsudin, M.A., Chut, T.S., & Ismail, M.E. (2019). Evaluating computerized adaptive testing efficiency in measuring students’ performance in Science Timss. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 547-560. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.19417.

Sari, N.A.A., Antia, V., Daimah, U.S., Muhakimah, I., & Dewanti, S.S. (2024). Konstruksi instrumen tes kemampuan pemecahan masalah menggunakan teori respon butir. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 9(2), 193–206. DOI: https://doi.org/10.25157/teorema.v9i2.14867.

Sarifah, I., Nurhasanah, N., Hasanah, U., Marini, A., & Muawanah, U. (2025). How can educational policy support the application of the rasch model for character e-assessment in elementary schools during Indonesia’s new normal era? Social Sciences & Humanities Open, 12, 101752. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2025.101752.

Satria, D., Kusasih, I.H., & Gusmaneli, G. (2025). Analisis rendahnya kualitas pendidikan di indonesia saat ini: Suatu kajian literatur. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(2), 292-309. DOI: https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i2.3838.

Setiyadi, D., Suharini, E., & Widiyatmoko, A. (2025a). Analisis butir soal uraian bernuansa etnososial pada materi IPS kelas V sekolah dasar. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 224-242. DOI: https://doi.org/10.36088/fondatia.v9i2.5711.

Sito, L., Galib, L.M., & Sukariasih, L. (2024). Pengembangan instrumen asesmen kompetensi pada materi pesawat sederhana untuk peserta didik kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 9(1), 44-56. Retrieved from: https://jipfi.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/106.

Supriatin, A. & Nasution, A.R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di indonesia. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1-13. Retrieved from: https://e-journal.metrouniv.ac.id/elementary/article/view/785.

Wahyuni, W. & Fahmi, M. (2021). Sistem analisis butir soal pada CBT dengan metode teori respon butir. Jurnal Ilmiah Matrik, 23(2), 201-208. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v23i2.1427.

Widiana, G.T., Wardani, I.K., & Nadiyya, I.F.Z. (2023). Penerapan media pembelajaran pop up book untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Tanwirul Afkar Puri Mojokerto. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 26-45. Retrieved from: http://journal.unipdu.ac.id/index.php/jpdi/article/view/4028.

Widiana, I.W. & Rendra, N.T. (2020). The effectiveness of the learning model oriented towards the dimensions of knowledge and cognitive processes. Journal of Education Research and Evaluation, 4(4), 304–313. DOI: https://doi.org/10.23887/jere.v4i4.30041.

Yuan, Y., Xia, H., Han, Y., & Hu, M. (2020). Advances in computerized adaptive testing. 2020 International Conference On Intelligent Computing And Human-Computer Interaction (ICHCI), 202–205. DOI: https://doi.org/10.1109/ichci51889.2020.00051.

Downloads

Additional Files

Published

27-08-2025

How to Cite

Raudhatunnur, R., & Shaleh, S. (2025). Penyusunan Instrumen Berbasis Computerized Adaptive Test (CAT) untuk Mengukur Perkembangan Kognitif Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKn: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p73-82

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.