Analisis Konsep Fisika pada Budaya Kesenian Kearifan Lokal Permainan Gulat Okol Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p9-15Keywords:
Gulat Okol, Momentum, Impuls, Video Profil, Kearifan LokalAbstract
Fisika merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkaitan erat dengan kehidupan manusia, termasuk dalam praktik budaya lokal seperti permainan Gulat Okol di Desa Made. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep fisika dalam permainan Gulat Okol, mengidentifikasi keterkaitan antara prinsip fisika dan teknik yang digunakan, serta mengevaluasi aspek keselamatan berdasarkan hukum fisika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Gulat Okol melibatkan konsep momentum dan impuls dalam teknik bertarung, di mana momentum terjadi saat pegulat saling mendorong, sementara jerami berfungsi mengurangi gaya impuls demi meningkatkan keselamatan. Teknik permainan juga berkaitan dengan kecepatan, selang waktu, dan tekanan yang digunakan dalam strategi serangan dan pertahanan. Pemahaman konsep fisika dalam permainan ini dapat meningkatkan teknik bertanding sekaligus memperkuat aspek keselamatan dan pelestarian budaya.
References
Abidin, N.S.R., Waroh, A.M., Amora, G.D., & Setiaji, B. (2024). Penerapan Prinsip Aksi dan Reaksi: Hukum III Newton dalam Gerakan Kapal Otok-Otok. Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (Jupiter), 6(1), 27–32. DOI: https://doi.org/10.31851/jupiter.v6i1.13931.
Anjarsari, R.D., Tri, Y., Utami, S., & Kurniawan, B.R. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Fisika pada Materi Momentum dan Impuls Menggunakan Aplikasi Socrative. Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 2(4), 257–266. DOI: https://doi.org/10.17977/um067v2i3p257-266.
Cumbie, S.A. (2001). The Integration of Mind‐Body‐Soul and the Practice of Humanistic Nursing. Holistic Nursing Practice, 15(3), 56–62. DOI: https://doi.org/10.1097/00004650-200104000-00010.
Departement of Basic Education. (2022). Physical Sciences Self Study Guide: Momentum and Impulse. Retrieved from: https://www.education.gov.za/LinkClick.aspx?fileticket=oQot214RDuA%3d&tabid=728&portalid=0&mid=10046.
Firdausi, J., & Muhsin, I. (2024). The Integration of Islam and Local Culture in Okol Tradition in Madura. Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam, 22(01), 15–27. DOI: https://doi.org/10.30762/realita.v22i1.290.
Fitrianingrum, A.M., & Kamaruddin, K. (2023). Analisis Konsep Momentum dan Tumbukan pada Permainan Lato-Lato. Jurnal FisTa : Fisika dan Terapannya, 4(1), 1–4. DOI: https://doi.org/10.53682/fista.v4i1.235.
Hasni, N. (2023). Analisis Kesulitan Memahami Konsep Impuls dan Momentum Pada Siswa SMA Negeri 2 Sirenja. Skripsi. Palu: Universitas Tadulako.
Indah, R.N. & Rohmah, G.N. (2022). Indonesian Local Wisdom: State of the Art. Proceedings of the International Symposium on Religious Literature and Heritage (ISLAGE 2021), 644, 254–259. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220206.032.
Jumini, S. (2016). Fisika dalam Atletik dan Beladiri. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 89–96. DOI: https://doi.org/10.32699/ppkm.v3i2.342.
Kurnia, I. & Laila, A. (2018). Exploring the Values of the Local Wisdom of Kediri Through Harinjing and Ceker Inscription. SHS Web of Conferences, 42, 00123. DOI: https://doi.org/10.1051/shsconf/20184200123.
Martoredjo, N.T., Fios, F., & Benny. (2021). Local Wisdom Values: Human and Nature Relations in the Belu People. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 747, 012048. DOI: https://doi.org/10.1088/1755-1315/747/1/012048.
Merina, M., Qodariah, L., & Pratama, C.A. (2023). The Sedekah Bumi Tradition as an Effort to Improve Local Wisdom Education for Generations of the Nation. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(2), 577–584. DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v6i2.31528.
Merk, A., & Resnick, A. (2021). Physics of Martial Arts: Incorporation of Angular Momentum to Model Body Motion and Strikes. PLoS ONE, 16(8 August), 1–16. DOI: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0255670.
Mialiawati, I. (2020). The Effect of Globalization on Culture, Information Technology, and Education. Proceeding ICTESS, 3, 767–783. Retrieved from: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/proictss/article/view/5086.
Mufidah, M. (2022). Javanese Islamic Tradition of Death. Warisan: Journal of History and Cultural Heritage, 3(2), 58–64. DOI: https://doi.org/10.34007/warisan.v3i2.1519.
Mustolehudin. (2014). Merawat Tradisi Membangun Harmoni: Tinjauan Sosiologis Tradisi Haul dan Sedekah Bumi di Gresik. Harmoni, Jurnal Multikultural dan Multireligius, 13(3), 22–35. Retrieved from: http://jurnalharmoni.kemenag.go.id/index.php/harmoni/article/view/110.
Nugroho, H. (2018). Dimensi Teologi dalam Ritual Sedekah Bumi Masyarakat Made. Islamika Inside: Jurnal Keislaman dan Humaniora, 4(1), 24–49. DOI: https://doi.org/10.35719/islamikainside.v4i1.45.
Ozer, S., & Kamran, M.A. (2023). Majority Acculturation Through Globalization: the Importance of Life Skills in Navigating the Cultural Pluralism of Globalization. International Journal of Intercultural Relations, 96(June), 101832. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2023.101832.
Palittin, I., & Hallatu, T.G.R. (2023). Ethnoscience Study of Yur Local Wisdom of Kanum Tribe in Merauke. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 4(2), 166–172. DOI: https://doi.org/10.59672/ijed.v4i2.3001.
Pamenang, F.D.N. (2021). Local Wisdom in Learning as an Effort to Increase Cultural Knowledge: Students’ Perception as Prospective Teachers. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 5(1), 93–101. DOI: https://doi.org/10.24071/ijiet.v5i1.3050.
Pudjiastuti, S.R., Hadi, N., Kurniati, P., Subkhan, M., & Rumiati, S. (2021). Socio-ecological Dynamics and Local Wisdom Toward Adaptive Capability to Use Agricultural Technology by the Community of Kasepuhan Sinar Resmi. Jurnal Sosioteknologi, 20(3), 349–361. DOI: http://dx.doi.org/10.5614/sostek.itbj.2021.20.3.7.
Putra, N.P.A., & Harianto, S. (2022). Konstruksi Sosial Mahasiswa Urban di Kota Surabaya. Jurnal Analisa Sosiologi, 11(2), 306–325. DOI: https://doi.org/10.20961/jas.v11i2.57277.
Ramli, R., Sakti, I., Basri, S., Idamyanti, R., & Yusdarina, Y. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal pada Peserta Didik Kelas X di SMAN 4 Maros. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 7(1), 34–42. DOI: https://doi.org/10.46918/karst.v7i1.2266.
Rusandi & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 48–60. DOI: https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18.
Setiono, A., Hanto, D., Widiyatmoko, B., & Waluyo, B. (2013). Kajian Penerapan Konsep Impuls untuk Menghitung Berat Kendaraan Berjalan Menggunakan Sensor Serat Optik. Prosiding Seminar Nasional 2nd Lontar Physics Forum 2013, LPF1339. Semarang: Pendidikan Fisika, Universitas PGRI Semarang.
Triani, F., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2022). Meta Analisis Pengaruh Penerapan STEM Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 99–107. DOI: https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.16507.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Sindy Regita Cahyani, Dimas Ari Pratama, Aina Zahro Mawaddah, Nadia Dewi Mashitoh, Utama Alan Deta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.