Profil Pemanfaatan Kearifan Lokal dalam Program Unggulan Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah: Studi Observasional
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p51-55Keywords:
kearifan lokal, pembentukan karakterAbstract
Kearifan lokal memiliki potensi yang positif untuk diintegrasikan ke dalam pendidikan dilingkungan sekolah. Dengan pendidikan yang diintegrasikan dengan kearifan lokal memberikan berbagai macam keunggulan dari segi pemahaman akan materi dan pembentukan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengobservasi bentuk pemanfaatan kearifan lokal yang sudah diterapkan di sekolah. Penelitian dilakukan melalui studi observasional dengan metode observasi dan wawancara. Dari hasil program unggul berbasis kearifan lokal secara umum memberikan dampak positif berupa pembentukan karakter peserta didik yang berkarakter unggul, religius, beradab, dan berintegritas. Tetapi kearifan lokal belum diintegrasikan secara penuh untuk menyampaikan materi di dalam kelas.
References
Ahmadi, Y., Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 53-59.
Domu, I., & Mangelep, N. O. (2019). Developing of Mathematical Learning Devices Based on the Local Wisdom of the Bolaang Mongondow for Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 012135.
Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157-162.
Husin, V. E., Wiyanto, W., & Darsono, T. (2018). Integrasi Kearifan Lokal Rumah Umekbubu dalam Bahan Ajar Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Physics Communication, 2(1), 26-35.
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 3(2), 155-164.
Kurnia, I. (2018). Mengungkap Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kediri sebagai Upaya Pelestarian Budaya Bangsa Indonesia. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 51-63.
Makhmudah, N. L., Subiki, S., & Supeno, S. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Kalimantan Tengah pada Materi Momentum dan Impuls. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 181-186.
Matsun, M., Sari, I. N., & Boisandi, B. (2020). Pengembangan Buku Ajar Fisika Berbasis Karakter dengan Pendekatan Kearifan Lokal Kalimantan Barat. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 7(2), 162-172.
Nisaâ, A., Sudarmin, S., & Samini, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Modul Terintegrasi Etnosains dalam Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 8860.
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 5(1), 16-31.
Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.
Putra, A. P., Suyidno, S., Utami, N. H., & Fahmi, F. (2021). Pembelajaran STEM Berbasis Kearifan Lokal di Bantaran Sungai Barito. Repository Universitas Lambung Mangkurat, 2021, 122.
Putra, A., Jufrida, J., & Pathoni, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Tekanan Kelas VIII SMP. Disertasi. Jambi: Universitas Jambi.
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana sebagai Sumber Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah pendidikan dasar, 4(1), 21-31.
Ramdani, E. (2018). Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Kearifan Lokal sebagai Penguatan Pendidikan Karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1-10.
Sapitri, R. D., Hadisaputra, S., & Junaidi, E. (2020). Pengaruh Penerapan Praktikum Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Keterampilan Literasi Sains dan Hasil Belajar. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 122-129.
Satriawan, M. dan Rosmiati. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 1212-1217. DOI: 10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217.
Setiawan, B., Innatesari, D. K., Sabtiawan, W. B., & Sudarmin, S. (2017). The Development of Local Wisdom-Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 9595. DOI: 10.15294/jpii.v6i1.9595.
Suarningsih, N. M. (2019). Peranan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran di Sekolah. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-30.
Sudarmin, S., Mastur, Z., & Parmin, P. (2017). Pengetahuan Ilmiah Berbasis Budaya dan Kearifan Lokal di Karimunjawa untuk Menumbuhkan Soft Skills Konservasi. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(2), 1363-1369.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulistiawati, A., Khawani, A., Yulianti, J., Kamaludin, A., & Munip, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal di SD Negeri Trayu. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5(3), 195-208.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Alvin Rezkya Nugraha, Utama Alan Deta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.