Tinjauan Literatur Tentang Pengembangan Pembelajaran Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013

Authors

  • Alfin Nuryani Universitas Negeri Surabaya
  • Nadia Dewi Masithoh Universitas Negeri Surabaya
  • Via Aprilia Nugraha Universitas Negeri Surabaya
  • Suliyanah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p15-23

Keywords:

K13, Kompetensi, Peserta Didik, Pengembangan

Abstract

Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter diharapkan mampu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, dan dengan pengetahuannya, mengkasi dan menginternalisasi nilai – nilai karakter dan akhlak mulia sehingga dapat terwujud dalam kehidupan sehari – hari, seperti yang dijelaskan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan RI. Kesiapan guru dalam proses implementasi kurikulum 2013 memegang peranan penting. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Studi pustaka adalah mencari data atau informasi riset melalui membaca jurnal ilmiah, buku – buku referensi dan artikel yang terdapat di internet mengenai tinjauan pengembangan pembelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Sistem pembelajaran dalam Kurikulum 2013 ini memiliki beberapa keberhasilan dan kegagalan. Keberhasilan yang dicapai ialah pengembangan model pembelajaran, instrument dan terkait perangkat pembelajaran. Kurikulum 2013 ini dinilai berhasil dalam mendorong siswa yang lebih otentik, terampil dan aktif dalam penyampaian materi, serta lebih leluasa untuk mengembangkan informasi yang didapatkan. Kemudian, untuk kegagalan nya yaitu terkait Kurangnya pemahaman guru mengenai kurikulum 2013 juga menjadi suatu masalah dalam pelaksanaan pembelajaran, guru-guru mengalami keterlambatan dalam pengadaan pelatihan mengenai kurikulum 2013 ini sehingga berkurangnya kualitas dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah.

References

Effendi, Fatmawati, A., dan Kalsum, U. (2021). Pemahaman Guru Fisika Tentang Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Pembelajaran Fisika Di Mts Darul Ulum. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(1), 37-43.

Hamonangan, A.S., dan Sudarma, I.K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149-155.

Hidayatulloh, A., Anam, W., dan Fanani, M.Z. (2017). Problematika K13 Dalam Pembelajaran PAI. Edudeena, 1(2), 63-73.

Hisbullah. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1); 9-24.

Ikhsan, K.N., dan Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan, dan Akuntansi), 6(1), 193-202.

Mukminah. (2018). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 (K13) Pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Mertak Tombok Praya Kabupaten Lombok Tengah. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 1-4.

Pongkendek, J.J., dan Marpaung, D.N. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kimia SMA di Distrik Merauke dalam Implementasi Kurikulum 2013. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 27-35.

Puspaningrum, A.S., Neneng, Saputri, I., dan Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94-101.

Sampurno, P.J., Mualidiyah, R., dan Puspitaningrum, H.Z. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 19(56), 54-58.

Sohibun dan Eripuddin. (2017). Kurikulum Sekolah Tingkat SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA Pada Mata Pelajaran Fisika Sekabupaten Rokan Hulu Riau Studi Kasus: KTSP Versus Kurikulum 2013. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 187-197.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sumaryatun, Rusilowati, A., Nugroho, S.E. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Berbasis Literasi Sains Pada Materi Bioteknologi. Journal of Primary Education, 5(1), 66-73.

Supriana, I.G.A., Sukadi, dan Suastika, I.N. (2018). Efektivitas Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ppkn Pada SMA Negeri Di Kecamatan Busungbiu. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 96-104.

Widowati, T., Aminah, N.S., dan Cari. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Berbasis Scientific Literacy Pada Pembelajaran Fisika di SMA Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 8-19.

Wiyono, K. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Ict Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123-131.

Downloads

Published

14-07-2022

How to Cite

Nuryani, A., Masithoh, N. D., Nugraha, V. A., & Suliyanah. (2022). Tinjauan Literatur Tentang Pengembangan Pembelajaran Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p15-23

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)