Tinjauan Literatur Tentang Pengembangan Pembelajaran Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v1n1.p15-23Keywords:
K13, Kompetensi, Peserta Didik, PengembanganAbstract
Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter diharapkan mampu untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu dan seimbang, dan dengan pengetahuannya, mengkasi dan menginternalisasi nilai – nilai karakter dan akhlak mulia sehingga dapat terwujud dalam kehidupan sehari – hari, seperti yang dijelaskan oleh menteri pendidikan dan kebudayaan RI. Kesiapan guru dalam proses implementasi kurikulum 2013 memegang peranan penting. Metode penelitian menggunakan studi literatur. Studi pustaka adalah mencari data atau informasi riset melalui membaca jurnal ilmiah, buku – buku referensi dan artikel yang terdapat di internet mengenai tinjauan pengembangan pembelajaran dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Sistem pembelajaran dalam Kurikulum 2013 ini memiliki beberapa keberhasilan dan kegagalan. Keberhasilan yang dicapai ialah pengembangan model pembelajaran, instrument dan terkait perangkat pembelajaran. Kurikulum 2013 ini dinilai berhasil dalam mendorong siswa yang lebih otentik, terampil dan aktif dalam penyampaian materi, serta lebih leluasa untuk mengembangkan informasi yang didapatkan. Kemudian, untuk kegagalan nya yaitu terkait Kurangnya pemahaman guru mengenai kurikulum 2013 juga menjadi suatu masalah dalam pelaksanaan pembelajaran, guru-guru mengalami keterlambatan dalam pengadaan pelatihan mengenai kurikulum 2013 ini sehingga berkurangnya kualitas dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah.
References
Effendi, Fatmawati, A., dan Kalsum, U. (2021). Pemahaman Guru Fisika Tentang Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Pembelajaran Fisika Di Mts Darul Ulum. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 2(1), 37-43.
Hamonangan, A.S., dan Sudarma, I.K. (2017). Analisis Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Journal of Education Technology, 1(2), 149-155.
Hidayatulloh, A., Anam, W., dan Fanani, M.Z. (2017). Problematika K13 Dalam Pembelajaran PAI. Edudeena, 1(2), 63-73.
Hisbullah. (2020). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 di MI Darul Khaeriyah Kecamatan Suli Kabupaten Luwu. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1); 9-24.
Ikhsan, K.N., dan Hadi, S. (2018). Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan, dan Akuntansi), 6(1), 193-202.
Mukminah. (2018). Problematika Penerapan Kurikulum 2013 (K13) Pada Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Mertak Tombok Praya Kabupaten Lombok Tengah. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 3(3), 1-4.
Pongkendek, J.J., dan Marpaung, D.N. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Kimia SMA di Distrik Merauke dalam Implementasi Kurikulum 2013. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 27-35.
Puspaningrum, A.S., Neneng, Saputri, I., dan Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94-101.
Sampurno, P.J., Mualidiyah, R., dan Puspitaningrum, H.Z. (2015). Implementasi Kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam Pembelajaran Fisika melalui Lembar Kerja Siswa pada Materi Optik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia, 19(56), 54-58.
Sohibun dan Eripuddin. (2017). Kurikulum Sekolah Tingkat SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA Pada Mata Pelajaran Fisika Sekabupaten Rokan Hulu Riau Studi Kasus: KTSP Versus Kurikulum 2013. Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 3(2), 187-197.
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sumaryatun, Rusilowati, A., Nugroho, S.E. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Berbasis Literasi Sains Pada Materi Bioteknologi. Journal of Primary Education, 5(1), 66-73.
Supriana, I.G.A., Sukadi, dan Suastika, I.N. (2018). Efektivitas Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ppkn Pada SMA Negeri Di Kecamatan Busungbiu. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 2(2), 96-104.
Widowati, T., Aminah, N.S., dan Cari. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Otentik Berbasis Scientific Literacy Pada Pembelajaran Fisika di SMA Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 5(2), 8-19.
Wiyono, K. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Fisika Berbasis Ict Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123-131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alfin Nuryani, Nadia Dewi Masithoh, Via Aprilia Nugraha, Suliyanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.