Analisis Kesiapan Mental Peserta Didik SMP Terhadap Penggunaan Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v4n1.p26-33Keywords:
Media Sosial, Kesehatan Mental, Peserta DidikAbstract
Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan peserta didik, membawa dampak ganda sebagai sarana belajar sekaligus sumber tekanan mental. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan mental peserta didik SMP dalam menggunakan media sosial berdasarkan teori resiliensi Ann Masten, serta mengidentifikasi upaya mempersiapkan mental mereka. Metode penelitian kualitatif fenomenologi diterapkan melalui wawancara mendalam dengan dua siswa untuk menggali pengalaman subjektif mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mental peserta didik ditandai oleh kemampuan mengelola emosi, dukungan sosial, dan kompetensi adaptif dalam menghadapi adversitas seperti cyberbullying dan distraksi. Siswa yang resilien cenderung memilih konten positif, memiliki strategi koping, dan memanfaatkan media sosial secara produktif. Berdasarkan temuan, penelitian ini merekomendasikan tiga strategi utama: (1) penguatan literasi digital kritis, (2) pelatihan regulasi emosi, dan (3) pembangunan lingkungan pendukung melalui kolaborasi sekolah dan keluarga. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik untuk membentuk resiliensi digital peserta didik dalam era teknologi yang terus berkembang.
References
Ainy, Z.N. & Nahla, Z.T. (2024). Analisis penggunaan Media sosial untuk pembelajaran Kewirausahaan di kantin sekolah siswa MTs Almadinah Ambon. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 8(1), 382–389. DOI: https://doi.org/10.29408/jpek.v8i1.25398.
Anderson, M. & Jiang, J. (2018). Teens, social media & technology 2018. Washington DC: Pew Research Center.
Castaneda, L.V. & Castaneda, M.E. (2022). Uses and abuses of social media in higher education. In International Encyclopedia of Education: Fourth Edition (pp. 131–138). Amsterdam: Elsevier. DOI: https://doi.org/10.1016/B978-0-12-818630-5.02135-7.
Colaizzi, P.F. (1978) Psychological research as a phenomenologist views it. In: Valle, R.S. and King, M., Eds., Existential-Phenomenological Alternatives for Psychology, Oxford University Press, New York, 48-71.
Dorchester, K.S. & Chandel, A. (2019). Media as a social need. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(11 Special Issue), 1017–1020. DOI: https://doi.org/10.35940/ijitee.K1186.09811S19.
Eang, C., & Mui Joo, T. (2020). Is social media still “social”? Advances in Intelligent Systems and Computing, 1228, 469–490. DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-52249-0_32.
Feist. 2004. Husserl and The Sciences. Canada: University of Ottawa.
Handayani, F. (2020). Membangun keterampilan berpikir kritis siswa melalui literasi digital berbasis STEM pada masa pandemik Covid 19. Cendekiawan, 2(2), 69–72. DOI: https://doi.org/10.35438/cendekiawan.v2i2.184.
Handayani, I. (2019). Konsep bimbingan dan konseling pribadi-sosial dalam pengembangan positive mental attitude generasi Z. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(1), 51–63. DOI: https://doi.org/10.23971/njppi.v3i1.1283.
Husserl, E. (1931). Ideas: A general introduction to pure phenomenology (W. R. B. Gibson, Trans.). London, England: Allen & Unwin. (Original work published 1913)
Isabella, I., Iriyani, A., & Lestari, D.P. (2023). Literasi digital sebagai upaya membangun karakter masyarakat digital. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 8(3), 167–172. DOI: https://doi.org/10.36982/jpg.v8i3.3236.
Karimah, S., Salsabilah, A., Farizi, V.A., Kurniasih, N., & Susilo, J. (2024). Pemanfaatan media sosial tiktok dalam upaya pelestarian tari topeng cirebon sebagai respon generasi z untuk mempertahankan identitas bangsa. Sosio-Didaktika: Sosial Science Educational Journal, 11(2), 119–130. Retrieved from: https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/SOSIO-FITK/article/view/40971/pdf.
Masten, A.S. (2001). Ordinary magic: Resilience processes in development. American Psychologist, 56(3), 227–238. DOI: https://doi.org/10.1037/0003-066X.56.3.227.
Oktavia, L.F., Yovica, A., & Amra, A. (2024). Analisis dampak sosial media terhadap keriligiusan peserta didik (studi literatur), Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(6), 7166–7173. DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i6.2123.
Pertiwi, A.R.C.E. & Sihotang, H. (2023). Upaya sekolah meningkatkan kesehatan mental peserta didik di era digital. Jurnal Psiko Edukasi, 21(2), 180–195. DOI: https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i2.4946.
Raja, N. (2024). The Role of social media in media education for transforming pedagogy and industry preparedness. Proceedings - 3rd International Conference on Advances in Computing, Communication and Applied Informatics, 1-7. DOI: https://doi.org/10.1109/ACCAI61061.2024.10602436.
Rosyidah, A.N. & Ismeirita, I. (2023). Analisis penggunaan media sosial dalam pembentukan karakter peserta didik (studi kasus di SMPN 20 Bekasi). Research and Development Journal of Education, 9(1), 34-44. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13839.
Sagala, K., Naibaho, L., & Rantung, D.A. (2024). Tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 6(01), 1–8. DOI: https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1006.
Samala, A.D., Rawas, S., Criollo-c, S., Fortuna, A., Feng, X., Prasetya, F., Uluçay, N.Ö., Jaya, P., & Hidayat, R. (2024). Social media in education: Trends, roles, challenges, and opportunities for digital-native generations – A systematic literature review. Asian Journal of University Education, 20(3), 524–539. DOI: https://doi.org/10.24191/ajue.v20i3.27869.
Sharma, A., Kaushal, S., Fulzele, R., & Kumari, T. (2022). Role of social media in engaging students: Perspectives from higher education. 8th International Conference on Advanced Computing and Communication Systems, 1683–1686. DOI: https://doi.org/10.1109/ICACCS54159.2022.9785228.
Supratman, S.T.A. & Ekawati, D. (2024). Hubungan antara regulasi emosi dan konformitas teman sebaya dengan agresivitas pada siswa kelas XI di SMK X. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 6, 366-379. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/psisula.v6i0.39255.
Syahraini, K., Zakariah, A., & Novita. (2024). Peran media sosial terhadap perilaku peserta didik di era globalisasi. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 118–128. DOI: https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1016.
Ziaulhaq, W. (2023). Pemanfaatan tayangan youtube sebagai media konseling mental siswa di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri Besitang. Compass: Journal of Education and Counselling, 1(1), 25–30. DOI: https://doi.org/10.58738/compass.v1i1.246.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jimat Susilo, Farent Aldava

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






