Pendidikan Karakter dan Teknologi: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Remaja
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p32-39Keywords:
Karakter Remaja, Media Sosial, Pendidikan, TeknologiAbstract
Pesatnya perkembangan internet telah menjadikan media sosial sebagai bagian integral dalam kehidupan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial terhadap pembentukan karakter remaja dengan mempertimbangkan faktor usia, tingkat pendidikan, jenis platform yang digunakan, durasi penggunaan, serta aspek moral yang terpengaruh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa aktif pengguna media sosial, serta analisis literatur dari berbagai sumber akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram dan TikTok merupakan platform yang paling banyak digunakan, dengan rata-rata durasi penggunaan lebih dari 5 jam per hari. Frekuensi penggunaan media sosial yang tinggi berkontribusi pada pembentukan karakter remaja dalam aspek positif, seperti peningkatan wawasan dan keterampilan sosial. Namun, tanpa kontrol diri dan pengawasan yang baik, media sosial juga berpotensi memberikan dampak negatif. Temuan ini menekankan pentingnya menciptakan lingkungan digital yang lebih sehat guna mendukung perkembangan karakter remaja yang positif.
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504.
Anurogo, D., Hardin La Ramba, Nabila Diyana Putri, & Ulfah Mahardika Pramono Putri. (2023). Digital Literacy 5.0 to Enhance Multicultural Education. Multicultural Islamic Education Review, 1(2), 109–179. DOI: https://doi.org/10.23917/mier.v1i2.3414.
Arifin, N., & Firdaus, F. (2022). Hubungan Antara Perbandingan Sosial Dazzahraan Kepuasan Hidup pada Remaja. Adiba: Journal of Education, 2(3), 351–357. Retreived from: https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/152.
Ayudianti, A. N. (2019). Perkembangan Teknologi dan Industri yang Pesat Berpengaruh Terhadap Lingkungan Hidup. OSF Preprints qjb6n, Center for Open Science. DOI: https://doi.org/10.31219/osf.io/qjb6n.
Azzahra, S. N., & Soesanto, E. (2024). Pengaruh Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Digital pada Remaja. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 2(2), 274–284. Retreived from: https://jip.joln.org/index.php/pendidikan/article/view/170.
Darisman, A., Hilman, D., & Homan, D. K. (2016). Social Construction Theory of Reality: A Case Study of Anti Anorexia Campaign Poster. Humaniora, 7(2), 149. DOI: https://doi.org/10.21512/humaniora.v7i2.3500.
Devi, Y., Nurhayati., Saefurrohman, G.U., & Rakhmat. (2022). Analisis Pengaruh Penggunaan Media Sosial yang Efektif dan Kualitas SDM Terhadap Tumbuh Kembang UMKM dalam Perspektif Ekonomi Islam. FALAH: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 3(2), 17–40. Retrieved from: https://journal.almaarif.ac.id/index.php/falah/article/view/137.
Dewantara, J.A., Sulistyarini, Ulfa, M., Warneri, & Afandi. (2023). Pengaruh Teknologi dalam Sikap Moralitas dan Tanggung Jawab. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 52–58. Retrieved from: https://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4607.
Farhas, R.J. (2021). Analisis Keputusan Pembelian Smartphone pada Gen-Z. Journal of Engineering Science and Technology Management, 1(2), 12-18. DOI: https://doi.org/10.31004/jestm.v1i2.31.
Fauziah, S., Hacantya, B.B., Paramita, A.W., & Saliha, W.M. (2020). Kontribusi Penggunaan Media Sosial dalam Perbandingan Sosial pada Anak-Anak Akhir. Psycho Idea, 18(2), 91. DOI: https://doi.org/10.30595/psychoidea.v18i2.7145.
Fauziah, I.N.N., Saputri, S.A., & Herlambang, Y.T. (2024). Teknologi Informasi: Dampak Media Sosial pada Perubahan Sosial Masyarakat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 757–766. DOI: http://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.645.
Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679.
Febriani, S.R., & Desrani, A. (2021). Pemetaan Tren Belajar Agama Melalui Media Sosial. Jurnal Perspektif, 14(2), 312-326.
Febriyanto, B., Winantika, E. Y., & Utari, S. N. (2022). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Siswa di Era Digital. Jurnal Lensa Pendas, 7(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.33222/jlp.v7i1.1689.
Firdaus, N.H. (2024). Dampak FOMO Media Sosial pada Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Lingkar Pembelajaran Inovatif, 5(11), 20–27. Retrieved from: https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jlpi/article/view/5679.
Gultoma, R., Pakpahan, G.N., Siahaan, P.Y., Banurea, L., & Siburiane, P. (2024). Peran Remaja Madya dalam Pertumbuhan Iman dan Pelayanan Kasih. Trust Pentakosta: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 42-49. Retrieved from: https://jurnal.institutrenatus.ac.id/index.php/jtp/article/view/245.
Himawan, A., & Wahyudi, A. (2023). Dampak Media Sosial pada Identitas Keagamaan Remaja Muslim. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 1(2), 85–99. Retrieved from: https://ejournal.stpdnlebakbanten.ac.id/index.php/almuntada/article/view/7.
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. DOI: https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003.
Kartikasari, F., Mardiana, S., Masitoh, A. R., & Mubarokah, N. A. (2023). Perbedaan Frekuensi Penggunaan Media Sosial dengan Prestasi Belajar pada Remaja di SMP. Indonesia Jurnal Perawat, 8(1), 7–23. Retreived from: https://ejr.umku.ac.id/index.php/ijp/article/view/2026.
Khaira, A.A., Aisyah, G., Dewi, H.N.K., Aulia, R.A., & Laksana, A. (2024). Pengaruh Media Digital dalam Penggunaan Media Sosial Terhadap Pola Komunikasi Interpersonal pada Remaja. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(4), 357–366. DOI: https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i4.1376
Lancia, F., Liliyana, L., Sagiyanto, A., & Aziz, A. (2022). Tayangan Drama Korea dan Perilaku Sosial Generasi Milenial. Propaganda, 2(2), 147–155. DOI: https://doi.org/10.37010/prop.v2i2.714.
Liedfray, T., Waani, F. J., & Lasut, J. J. (2022). Peran Media Sosial dalam Mempererat Interaksi Antar Keluarga di Desa Esandom Kecamatan Tombatu Timur Kabupaten Tombatu Timur Kabupaten Minasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1-13. Retreived from: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnalilmiahsociety/article/view/38118.
Maryam, E. W. (2019). Psikologi Sosial Penerapan dalam Permasalahan Sosial. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.
Meydiningrum, & Darminto, E. (2020). Perilaku Agresif Ditinjau dari Perspektif Teori Belajar Sosial dan Kontrol Diri. Jurnal BK Unesa, 11(4), 547–557. Retreived from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/34436.
Nasiruddin, F. A. Zahr., & Rapa’, L. G. (2022). Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(3), 188-193. DOI: https://doi.org/10.26858/edustudent.v1i3.32890.
Putri, A. S. N. A., Santoso, E., & Adi, T. N. (2021). Konstruksi Makna Media Sosial Zenly bagi Generasi Z. JOMIK : Jurnal Online Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 1023, 30–39. Retreived from: https://jos.unsoed.ac.id/index.php/jomik/article/view/4176.
Sofyan, A. R., & Arfian, A. (2023). Analisis Media Sosial Sebagai Sarana Penyebaran Informasi dan Promosi dengan Menggunakan Metode Topsis. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 10(1), 56–62. DOI: https://doi.org/10.30656/prosisko.v10i1.5577.
Soliha, S. F. (2015). Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial dan Kecemasan Sosial. Jurnal Interaksi, 4(1), 1–10. Retreived from: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9730.
Sugianto, H., Muhaemin. (2024). The Construction of Moderation in Religious Education Based on Local Wisdom. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 11(1), 54–77. DOI: https://doi.org/10.33650/pjp.v11i1.8117.
Tranggono, T., Jasmin, K. J., Amali, M. R., Aginza, L. N., Sulaiman, S. Z. R., Ferdhina, F. A., & Effendie, D. A. M. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi di Era Globalisasi dan Peran Pendidikan Terhadap Degradasi Moral pada Remaja. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 1927–1946. http://bureaucracy.gapenas-publisher.org/index.php/home/article/view/299.
Ulfa, A. M., Jayus, M., Sofiana, A., & Febriani, E. (2024). Berkomunikasi Melalui Media Sosial Berbasis Nilai Moralitas. Education Achievement: Journal of Science and Research, 5(3), 1077–1089. DOI: https://doi.org/10.51178/jsr.v5i3.2157.
Yasin, M., & Jannah, S. S. F. (2022). Penanggulangan Dampak Negatif Media Sosial Melalui Peran Guru dan Masyarakat di Sekolah. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 250–258. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i3.916.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Amalia, Anindya Larasati Ramadhani, Firsty Gracia Vitacheria, Imroatul Azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.