Validitas Media Pembelajaran Fisika Berbasis Visual Basic Application (VBA) Spreadsheet Excel Pada Materi Tumbukan
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p1-8Keywords:
Simulasi, VBA Excel, TumbukanAbstract
Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui pemanfaatan kemajuan teknologi dalam pembelajaran. Salah satu pemanfaatan kemajuan teknologi tersebut dapat berupa pengembangan simulasi interaktif materi fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan simulasi fisika materi tumbukan dengan menggunakan VBA Spreadsheet Excel dengan metode ADDIE. Penelitian ini memfokuskan pada hasil validitas simulasi yang telah dikembangkan sehingga terdapat tiga tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap analisis, tahap desain dan tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar validasi yang diberikan kepada validator. Hasil validsi tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan skala likert dalam penilaiannya. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa baik dari aspek materi maupun media, simulasi yang dikembangkan dinyatakan valid dengan skor pengkategorian sangat tinggi untuk aspek materi dan tinggi untuk aspek media. Validator menyatakan bahwa simulasi yang dikembangkan bersifat interaktif sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Simulasi tumbukan yang dikembangkan peneliti dinyatakan valid sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam memahami materi tumbukan. Fenomena tumbukan yang terjadi dalam waktu yang singkat dapat dianalis dengan media yang dikembangkan sehingga pemahaman konsep peserta didik diharapkan dapat meningkat.
References
Ain, T.N., Wibowo, H.A.C., & Hasyim, F. (2022). Pengembangan Simulasi Berbasis Visual Basic Application (VBA) Spreadsheet Excel pada Pembelajaran Fisika Materi Gelombang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 155-163. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4435.
Akbar, M., & Budiarti, I.S. (2023). Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis VBA Excel pada Pembelajaran Kinematika dan Dinamika. Jati Emas: Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, 7(1), 39-44.
Akbar, M., & Silaban, A. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Harmonik Sederhana Melalui virtual laboratory Berbasis VBA Excel pada Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 116-119. DOI: https://doi.org/10.24114/jpf.v10i2.27744.
Fauziah, A.A., Wijayanto, M.P., Mulyanto., & Sholihah, E.A. (2019). Simulasi Tumbukan Bola Pantul menggunakan matlab graphical user interface. Prosiding Seminar Kontribusi Fisika 2019, 114-119. Retrieved from: https://ifory.id/proceedings/2019/zx2pyYReP/skf_2019_ai_asri_fauziah_xeszn6gpzh.pdf.
Hidayati, A.F., & Puspitarini, I.D. (2020). Peluang-Strategi Pembelajaran dan Penelitian pada Masa Pandemi COVID 19 Menuju New Normal. Seminar Nasioanal Fisika (SNF) 2020, 2, 132-139. Retrieved from: https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/148.
https://ifory.id/proceedings/2019/zx2pyYReP/skf_2019_ai_asri_fauziah_xeszn6gpzh.pdf.
Iskandar, H. & Warwoto, P. (2020). Integrasi Simulasi Pembentukan Bayangan pada Cermin Cembung Menggunakan Visual Basic for Application Powerpoint dengan Nomograf Optik. Pancasakti Science Education Journal, 5(1), 17-27. DOI: https://doi.org/10.24905/psej.v5i1.29.
Jannah, M., Sunaryo., & Wibowo, F.C. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Momentum, Impuls dan Tumbukan. Jurnal Lontar Physics Today, 1(2), 87-96. DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v1i2.11160.
Mouromadhoni, R.K., & Kuswanto, H. (2019). Visualisasi Karakter Gelombang Lissajous pada Osiloskop Menggunakan Spreadsheet Microsoft Excel pada Pembelajaran Fisika. Edusains, 11(2), 186-194. DOI: http://doi.org/10.15408/es.v11i2.11338.
Nurdianto, Safiuddin, L.O., & Eso, R. (2020). Simulasi Persamaan Difraksi Fraunhofer pada Celah Lingkaran dengan Menggunakan Visual Basic for Application (VBA) Spreadsheets Excel. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 215-220. DOI: http://dx.doi.org/10.36709/jipfi.v5i3.13812.
Oktaviani, R., & Dewi, D.P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. Juring: (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 133-140. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9433.
Saifudin, H.A., Hunaidah, M., & Alfat, S. (2020). Penerapan Visual Basic for Application Spreadsheet Excel untuk Simulasi Konsep Motor Listrik Tiga Fasa dan Aplikasinya sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(2), 50-58. DOI: https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i2.17972.
Septyaningrum, K. & Lestari, N.A. (2023). Validitas Perangkat Pembelajaran Project-Based Inquiry Science Terintegrasi Pendidikan Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1-16. DOI: https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p1-16
Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Muthmainah., Putri, R.A., & Viridi, S. (2021). Simulasi Gerak Translasi dan Gerak Melingkar Menggunakan VBA Macro Excel melalui Project Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 33-42. DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.20519.
Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Putri, R.A., Suryadi, A., & Viridi, S. (2021). Pengembangan Simulasi Interaktif Gerak Parabola Menggunakan VBA Excel dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 75-85. Retrieved from: https://journal2.um.ac.id/index.php/jrpf/article/view/19639.
Utami, L.S., Sabaryanti, J., Riyadi, F., & Darmayanti, N.W.S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Bandul Matematis Berbasis Spreadsheet pada Microsoft Excel 2007. Konstan: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 5(2), 69-76. DOI: https://doi.org/10.20414/konstan.v5i2.57.
Wilujeng, I., & Rohman, A. (2021). Pengembangan Buku Ajar Fisika Modern Berbasis self-regulated learning untuk Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 477-486. DOI: https://doi.org/10.20527/jipf.v5i3.4122.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Trise Nurul Ain

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.