Studi Literatur Efektivitas Virtual Laboratorium Pada Pembelajaran Fisika
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p40-50Keywords:
Virtual Laboratorium, Efektivitas, pembelajaran fisikaAbstract
Laboratorium virtual merupakan simulasi proses praktikum yang menggunakan perangkat lunak. Laboratorium virtual bukan sebagai pengganti laboratorium nyata, namun lebih digunakan untuk melengkapi dan memperbaiki kekurangan yang ada. Tujuan dari penelitian ini sebagai bukti keefektifan pada penggunaan virtual laboratorium pembelajaran fisika berdasarkan berbagai artikel dan penelitian terdahulu yang relevan. Metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah penelitian kepustakaan dengan teknik analisis data melalui analisis literasi data dengan cara berpikir deduktif dan memilah-milah hasil data yang dibaca, sehingga peneliti mendapatkan data Efektivitas Laboratorium Virtual. Berdasarkan analisis data dari jurnal yang ditelaah, dapat diketahui bahwa penggunaan virtual laboratorium pada pembelajaran Fisika terbukti cukup efektif. Penggunaan laboratorium virtual ini berdampak baik untuk siswa. Dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan laboratorium virtual pada pembelajaran Fisika berhasil cukup efektif memberikan dampak baik bagi peserta didik. Keefisienan pada dana, waktu, dan fasilitas pada laboratorium virtual mampu meningkatkan keterampilan proses sains, kreativitas, penguasaan konsep, motivasi dan minat belajar peserta didik, sehingga hasil belajar juga meningkat.
References
Arifin, M.M., Prastowo, S.B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Simulasi PhET dalam Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16-27. DOI: 10.19184/Jpf.V11i1.30612.
Azizah, E.V., Nandiyanto, A.B.D., Kurniawan, T., & Bilad, M.R. (2022). The Effectiveness of Using a Virtual Laboratory in Distance Learning on the Measurement Materials of the Natural Sciences of Physics for Junior High School Students. ASEAN Journal of Science and Engineering Education, 2(3), 207–214. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/AJSEE/article/view/38599.
Dewa, E., Mukin, M.U.J., & Pandango, O. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. Retrieved from https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/363.
Gunawan, G., Suranti, N.M.Y., Nisrina, N., Herayanti, L., & Rahmatiah, R. (2018). The Effect of Virtual Lab and Gender Toward Students’ Creativity of Physics in Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1108(1): 012043. DOI: 10.1088/1742-6596/1108/1/012043.
Hapsari, A.S., Rohim, I.R.F., & Zahrah, Q.F. (2021). Meta Analisis Efektivitas Pembelajaran Fisika Secara Daring Menggunakan Virtual Laboratorium. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(3), 155–163. DOI: 10.47709/educendikia.v1i3.1190.
Harahap, F., Ramadhani, I., & Nasution, B. (2021). Effectiveness of Virtual Laboratories for General Physics Practices on Unimed FMIPA Students During Pandemic. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 112-115. DOI: 10.24114/jpf.v10i2.29107.
Hartini, T.I., Ermawati, I.R., & Widyanti, S.T. (2022). Efektivitas Virtual Laboratory dalam Pembelajaran Praktikum Elektronika Terintegrasi Profetik. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 6(2), 119–125. Retrieved from https://journal.unuha.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/1623
Hermana, A.H.D., Subekti, H., & Sabtiawan, W.B. (2022). Implementasi Laboratorium Virtual untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 233–239. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45012.
Indihartati, S. (2022). Efektivitas Media Laboratorium Virtual pada Pembelajaran Fisika di Era Pandemi Covid-19 Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2(1), 80–87. DOI: 10.55606/jurdikbud.v2i1.129.
Kurnianto, B., & Rahmawati, R.D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Sendika, 2(1), 1–11.
Kristantiniati. (2021). Cara Jitu Meningkatkan Aktivitas Belajar Fisika dengan Metode Eksperimen Berbantuan Media Perangtuna. Karanganyar: Yayasan Lembaga Gumun Indonesia.
Langngan, V.B., Tulandi, D.A., & Mandang, T. (2021). Efektivitas Laboratorium Virtual sebagai Media Pembelajaran pada Eksperimen Viskositas. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 88–93. DOI: 10.53682/charmsains.v2i2.112.
Liem, I., Napitupulu, J., Pangaribuan A.C., & Turnip, T.N. (2010). Pemodelan Laboratorium Virtual Sains. Jurnal Integrasi, 2(2), 285. Retrieved from https://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JI/article/view/285.
Muji, F., Prasetya, A., & Hakim, L. (2022). Penerapan Laboratorium Virtual PhET Materi Elastisitas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Luminous, 3(2), 38–44.
Muzana, S.R., Studi, P., Fisika, P., Abulyatama, U., & Abulyatama, U. (2018). Penerapan Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Rangkaian Arus Bolak-Balik Siswa Kelas XII. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 34–42.
Nirwana, R.R. (2016). Pemanfaatan Laboratorium Virtual dan E-Reference dalam Proses Pembelajaran dan Penelitian Ilmu Kimia. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1), 115–123. DOI: 10.21580/phen.2011.1.1.451.
Pujayanto, Supurwoko, Radiyono, Y., & Adi, D. W. (2017). Development of Problem- Based Learning Material for Physics Mathematics and Its Implementation. International Journal of Science and Applied Science: Coference Series, 1(1), 16-24. DOI: 10.20961/ijsascs.v1i1.5104.
Putra, A.P., Rochman, C., & Setya, W. (2020). Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Menggunakan Laboratorium Virtual PhET Materi Teori Kinetik Gas. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 80–86. DOI: 10.15575/jotalp.v5i2.7991.
Rahma, A.A. (2020). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab PhET sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy, 8(2), 47–51.
Rahman, R., & Sudarmono, S. (2022). Analisis Efektivitas Praktikum Virtual Menggunakan Aplikasi Everycircuit Berbasis Android pada Pembelajaran Era Pandemi Covid 19. Saintifik, 8(2), 168–175. DOI: 10.31605/Saintifik.V8i2.363.
Rodiyah, Santosa, C.A.H.F., & Rumanta, M. (2020). The Effects of Scientific-Based Learning Strategy (Images Media And Lecture Method) and Students Learning Motivation Towards Science Achievement on Students of Ciruas 2 Elementary School. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), 6–14. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/10662.
Sandybayev, A., & Republic, C. (2020). The Impact of E-Learning Technologies on Student's Motivation: Student Centered Interaction in Business Education. International Journal of Research in Tourism and Hospitality (IJRTH), 6(1), 16–24. DOI: 10.20431/2455-0043.0601002.
Sharifov, G., & Macisaac, D. (2021). Effectiveness of a Simulated Thermodynamics Lab in a Grade Eight Lyceum Class. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 17(2), 133–140. DOI: 10.15294/Jpfi.V17i2.27589.
Slameto. 2010. Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Solikhin, F., Ikhsan, J., & Sugiyarto, K.H. (2019). A Need Analysis in Developing Virtual Laboratory According to the Chemistry Teachers. Journal of Physics: Conference Series, 1156, 012020. DOI: 10.1088/1742-6596/1156/1/012020.
Špernjak, A., & Šorgo, A. (2018). Differences in Acquired Knowledge and Attitudes Achieved with Traditional, Computer-Supported and Virtual Laboratory Biology Laboratory Exercises. Journal of Biological Education, 52(2), 206-220. DOI: 10.1080/00219266.2017.1298532.
Sudarmi. (2019). Cara Mudah Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Metode Demonstrasi. Jakarta Selatan: PT Cipta Gadhing Artha.
Suswati, L., & Subhan, M. (2021). Efektivitas Virtual Laboratorium Berbantuan Software Proteus pada Praktikum Fisika Rangkaian Listrik Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Gravity Edu (Jurnal Pendidikan Fisika), 4(1), 30–34. DOI: 10.33627/ge.v4i1.477.
Syahfitri, F.D., Manurung, B., & Sudibyo, M. (2019). The Development of Problem Based Virtual Laboratory Media to Improve Science Process Skills of Students in Biology. International Journal of Research and Review, 6(6), 64-74. Retrieved from https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.6_Issue.6_June2019/Abstract_IJRR0012.html.
Tatli, Z., & Ayas, A. (2012). Virtual Chemistry Laboratory: Effect of Constructivist Learning Environment. Turkish Online Journal of Distance Education, 13(1),183–199. Retrieved from https://dergipark.org.tr/en/pub/tojde/issue/16899/176130.
Yohan, J. (2020). Pengembangan Panduan Praktikum Generator Satu Fase dan Tiga Fase Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Mentoring. Skripsi. Tondano: Universitas Negeri Manado.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ike Lusi Meilina, Asna Azizatur Rohmah, Dina Shinta Nur F, Latifah Lukluul A, Nikmatul Farikha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.