Validitas Modul Ajar Berbasis Inquiry Learning Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Terkait Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Hana Fitriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nurita Apridiana Lestari Universitas Negeri Surabaya
  • Eko Budiarto SMA Negeri Kesamben Jombang

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p17-28

Keywords:

Modul Ajar, Validitas, Inquiry Learning, Pendidikan Lingkungan, Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Pendidikan lingkungan memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan peserta didik, khususnya berpikir kreatif. Integrasi pendidikan lingkungan dalam pembelajaran fisika dapat menumbuhkan sikap dan karakter peserta didik untuk melestarikan dan peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil validitas modul ajar berbasis inquiry learning terintegrasi pendidikan lingkungan terkait perubahan iklim untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan jenis metode ADDIE. Terdapat tiga tahapan penelitian yang dilakukan yaitu tahap analisis (analyze), tahap desain (design) dan tahap pengembangan (development). Penelitian dan pengembangan ini dibatasi sampai tahap development yang difokuskan pada proses uji validitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan memakai metode validasi melalui pemberian lembar validasi kepada validator ahli untuk mengetahui validitas modul ajar yang dikembangkan. Teknik analisis dilakukan dengan menghitung hasil validitas modul ajar dari 3 validator dosen ahli pada bidang pembelajaran inovatif dan  perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai validitas dari ketiga validator pada modul ajar berbasis inquiry learning terintegrasi pendidikan lingkungan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada materi perubahan iklim yang dikembangkan memiliki hasil validitas sangat valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Karakteristik dari modul ajar yang dikembangkan telah terintegrasi pendidikan lingkungan sehingga dapat memberikan dampak yang positif kepada peserta didik terkait penggunaan pendidikan lingkungan (lingkungan sebagai sumber belajar) dalam pembelajaran fisika sehingga dapat dijadikan salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan semangat peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Agustina, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Retrieved from: https://www.researchgate.net/publication/341787856_EFEKTIVITAS_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SECARA_DARING_DI_ERA_PANDEMI_COVID-19_TERHADAP_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KREATIF.

Agung, F.P., Suyanto, S., & Aminatun, T. (2020). E-Modul Gerak Refleks Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(3), 279-289. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i3.13238.

Anwar, Sukino, & Erwin. (2022). Komparasi Penerapan Kurikulum Merdeka dan K-13 di SMA Abdussalam. Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(1), 83–96. Retrieved from: https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/4101.

Arnyana, I.B.P. (2019). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif) untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii. Retrieved from: https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/knmipa/article/view/829.

Astiti, K.A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Berbasis Kontekstual pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pembelajaran Sains, 3(1), 29-34. Retrieved from: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpsi/article/view/6480.

Elyas, A.H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Warta Dharmawangsa, 56(2018), 4. Retrieved from: https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4.

Fauzi, M.F., Fatoni, A., & Anindiati, I. (2020). Pelatihan Peningkatan Kualitas Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Pengajar Bahasa Arab. Jurnal Terapan Abdimas, 5(2), 173-181. DOI: https://doi.org/10.25273/jta.v5i2.5620.

Fitri, A., Efriyanti, L., & Silmi, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan Komputer dan Internet Menggunakan Canva di SMAN 1 Harau. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 33-38. DOI: https://doi.org/10.36040/jati.v7i1.5999.

Gitnita, S., Kamus, Z., & Gusnedi, G. (2018). Analisis Validitas, Praktikalitas, dan Efektivitas Pengembangan Bahan Ajar Terintegrasi Konten Kecerdasan Spiritual pada Materi Fisika tentang Vektor dan Gerak Lurus. Pillar of Physics Education, 11(2), 152-160. Retrieved from: https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/3282.

Handayani, S., Halidjah, S., & Ghasya, D.A.V. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(3), 1713-1720. Retrieved from: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/46061.

Hasibuan, R.F., & Sylvia, I. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 44–52. DOI: https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.59.

Haudi, H. (2021). Strategi Pembelajaran. Padang: CV Insan Cendekia Mandiri.

Irwandi, I. & Fajeriadi, H. (2020). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Daerah Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1(2), 66-73. DOI: https://doi.org/10.20527/binov.v1i2.7859.

Laili, I., Gafenri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306-315. Retrieved from: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/21840.

Maulida, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130-138. Retrieved from: https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392.

Madeali, H., & Prahani, B.K. (2018). Development of Multimedia Learning Based Inquiry on Vibration and Wave Material. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 012029. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/997/1/012029.

Munandar, U. (2014). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Muzakki, N.A., Sudargo, F., & Nurjhani, M. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kolaboratif Kreativitas untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 9(3), 19-24. DOI: https://doi.org/10.24114/jpb.v9i3.20034.

Naibaho, D.P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Mahasiswa Kreatif, 1(2), 81-91. Retrieved from: https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1150.

Nurlina, N., Nurfadilah, N., & Bahri, A. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Makassar: CV. Berkah Utami.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E.F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Nizmania Learning Center.

Putri, R. (2020). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Inquiry untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Farmasi pada Mata Kuliah Anatomi Fisiologi Manusia. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 3(2), 298-304. DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i2.754.

Ristina, R., Khairil, K., & Artika, W. (2020). Desain Pembelajaran Laboratorium Virtual Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Peserta Didik pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Jurnal Pendidikan Sains Indonesia), 8(1), 114-127. DOI: https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.15761.

Sadieda, L.U., Wahyudi, B., Kirana, R.D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi Model Blended Learning pada Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55-72. DOI: https://doi.org/10.15642/jrpm.2022.7.1.55-72.

Sahil, J., Hasan, S., Haerullah, A., & Saibi, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Abad 21 pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri Kota Ternate. Biosfer: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 7(1), 13-19. doi: https://doi.org10.23969/biosfer.v7i1.5430.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, F., Gunarhadi, G., & Hartono, H. (2020). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Tematik dalam Peningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa. Edu Humaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(1), 62-68. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.15068.

Suttrisno, S. & Yulia, N.M. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mendesain Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka. Al-Mudarris: Jurnal Pendidikan, 5(1), 30-44. DOI: https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v5i1.954.

Suwondo, Wulandari, S., & Hariyanto, R. (2019). Pendidikan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal. Pekanbaru: UR Press.

Sirait, J.E. (2021). Analisis Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Bethel Tanjung Priok Jakarta Utara. Diegesis: Jurnal Teologi, 6(1), 49-69. DOI: https://doi.org/10.46933/DGS.vol6i149-69.

Violadini, R. & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210-1222. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899.

Wahyuni, L. & Rahayu, Y.S. (2021). Kembangkan E-book Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pertumbuhan Materi dan Perkembangan Tumbuhan Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 314-325. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p314-325.

Wulandari, I. & Oktaviani, N.M. (2021). Validitas Bahan Ajar Kurikulum Pembelajaran untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 90-98. DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2456.

Wihardjo, R.S.D. & Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Yanti, R.J.P.G. (2022). Implementasi Pembelajaran BIPA Berbasis Pendidikan Multikultural sebagai Penerapan Keterampilan Abad 21. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Yanti, L., Miriam, S., & Suyidno, S. (2020). Memaksimalkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Melalui Creative Responsibility Based Learning. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(2), 1790-1796. DOI: https://doi.org/10.26740/jpps.v9n2.p1790-1796.

Yudiafarani, F., Susilawati, S., Gunawan, G., & Ardhuha, J. (2022). Kelayakan Perangkat Pembelajaran Momentum dan Impuls dengan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 755–760. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.640.

Downloads

Additional Files

Published

26-07-2023 — Updated on 26-07-2023

How to Cite

Fitriyah, H., Lestari, N. A., & Budiarto, E. (2023). Validitas Modul Ajar Berbasis Inquiry Learning Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Terkait Perubahan Iklim untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 17–28. https://doi.org/10.58706/jipp.v2n1.p17-28

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.