Integrasi Strategi Writing to Learn pada Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Ketrampilan Komunikasi Siswa SMK pada Mata Pelajaran IPAS
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v2n2.p79-83Keywords:
Problem Based Learning, Ketrampilan Komunikasi, Writting to LearnAbstract
Kurikulum Merdeka merupakan inisiatif pendidikan yang menekankan pada pembelajaran kontekstual dan berbasis pengembangan ketrampilan peserta didik. Pada proses pembelajaran diharapkan mampu memberikan gambaran terkait pengembangan ketrampilan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi integrasi strategi Writing to Learn dalam meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan komunikasi siswa SMK. Penelitian menggunakan desain sampel berjumlah 33 siswa kelas X SMK yang dibagi menjadi 4 Kelompok untuk mengetahui peningkatan ketrampilan komunikasi siswa. Instrumen yang digunakan adalah 10 soal pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan konsep siswa, sedangkan instrument untuk ketrampilan menulis menggunakan LKPD dengan model Problem Based Learning. Siswa dituntun untuk mengembangkan ide berdasarkan masalah yang didesain pada LKPD. Teknik analisa data yang dilakukan menggunakan perhitungan N-gain. Hasil perhitungan diperoleh perhitungan sebesar <g> peningkatan pengetahuan konsep 0,54 dengan kategori sedang, perhitungan <g> pertemuan pertama ke pertemuan kedua sebesar 0,33 dengan kategori rendah, <g> pertemuan kedua dan ketiga sebesar 0,57 dengan kategori sedang dan <g> pertemuan ketiga dan keempat sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dengan strategi Writing to learn untuk meningkatkan penguasaan konsep dan ketrampilan komunikasi siswa efektif digunakan pada pembelajaran IPAS.
References
Abraham, I. dan Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Penidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476-2482. DOI: http://dx.doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800.
Afridiani, T., Soro, S., dan Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12-21. DOI: https://dx.doi.org/10.33603/e.v7i1.2532.
Aries, A.I., Sinaga, P., dan Imansyah, H. (2019). Strategi Writing to Learn dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Representasi pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 5(2), 22-25. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/p-jpft.v5i2.7109.
Dewi, H. (2019). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk meningkatkan ketuntasan belajar fisika berbantuan evaluasi Quizizz di sekolah bersistem kredit semester. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(10), 1298-1313.
Suparman, S.F. dan Darmawan, N.H. (2022). Science Writing Heuristic: To Enhance Students Communication and Research Skill. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1296-1308. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.352.
Fadillah, F. (2023). Analisis Respon Guru Terhadap Sosialisasi dan Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi dalam membuat Media Pembelajaran di SDN 004 Muaro Sentajo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 392-400. Retrieved from: https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/6933/3384.
Hamidah, M., Sinaga, P., dan Tarigan, D.E. (2018). Penerapan Strategi Writing to Learn untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA pada Materi Optik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SINAFI), 1(1), 147-154. Retrieved from: http://proceedings.upi.edu/index.php/sinafi/article/view/389.
Fatma, A.N. dan Budhi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Prestasi Belajar Fisika. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 23-29. DOI: https://doi.org/10.30738/cjipf.v5i1.4141.
Maulana, N. (2015). Penggunaan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Eksposisi dan Berpikir Kritis Siswa SMA. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 70-76. DOI: https://doi.org/10.30653/003.201511.14.
Melida, H. N., Sinaga, P., dan Feranie, S. (2016). Implementasi Strategi Writing to Learn untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Hukum Newton. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2), 31-38. Retrieved from: https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpppf/article/view/52/380.
Purba, D. A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMK PAB 3 Medan. Thesis. Medan: Universitas Negeri Medan. Retrieved from: http://digilib.unimed.ac.id/39874/.
Sa'adah, N., Langitasari, I., dan Wijayanti, I.E. (2020). Implementasi pendekatan science writing heuristic pada laporan praktikum berbasis multipel representasi terhadap kemampuan interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 195-208. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31078.
Sinaga, P., Suhandi, A., dan Liliasari. (2013). Improving the ability to write teaching materials among student of preservice physics teacher program through learning to write activity using multymodal representation. Proceeding International seminar on Mathematics Science and Computer Science education, 1, 80-86. Retrieved from: https://repository.unesa.ac.id/sysop/files/2019-05-15_Seminter1%20jatmi.pdf.
Sintiawati, R., Sinaga, P., dan Karim, S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Ketrampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 1-10. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.9857.
Siregar, U.H. dan Suparman. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis PBL dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(4), 672-689. DOI: https://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v6i4.7153.
Siregar, H. (2020). Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran IPA. Journal Evaluation in Education, 1(1), 21-26. DOI: https://doi.org/10.37251/jee.v1i1.27.
Yulianti, E. dan Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) : Efeknya terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 7(3), 399-408. DOI: https://doi.org/10.24042/IJSME.V2I3.4366.
Yusefni, W. dan Sriyati, S. (2015). Analisis Hubungan Aktivitas Writing to Learn dengan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Siswa dalam Pembelajaran Science Writing Heuristic. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 585-588. Bandung: Ifory - Indonesia Conference Directory. Retrieved from: https://ifory.id/abstract/MBpaxwn6NQkV.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Galuh Rahmawati, Parlindungan Sinaga, Ahmad Aminudin, Arif Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.