Pengembangan Alat Peraga Mini Sopetric (Solar Powered Electricity) pada Materi Energi Alternatif di Kelas X SMA
DOI:
https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p77-90Keywords:
Alat Peraga, Energi Alternatif, Pembelajaran Fisika, Konversi EnergiAbstract
Alat peraga sebagai media pembelajaran dapat membantu peserta didik dalam memahami suatu konsep fisika. Berdasarkan analisis fakta melalui observasi laboratorium fisika dan respon beberapa peserta didik pada pembelajaran fisika salah satu SMA swasta di Surabaya, materi Energi Alternatif pada kurikulum merdeka masih belum diajarkan menggunakan alat peraga. Laboratorium fisika yang terbatas dan media pembelajaran yang sering digunakan adalah Powerpoint dan E-book, sehingga penelitian ini dilakukan untuk menciptakan alat peraga Mini Sopetric (Solar Powered Electricity) pada materi energi alternatif yang valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian ini berupa penelitian pengembangan dengan model ADDIE dan terbatas sampai pada tahap Develop (Pengembangan). Alat peraga Mini Sopetric merupakan pembangkit listrik tenaga surya dalam skala kecil yang dikembangkan dan diujicoba oleh peneliti untuk memastikan alat peraga dapat berfungsi dengan baik dan dapat membantu pemahaman peserta didik pada materi energi alternatif. Melalui alat peraga ini dapat dilakukan kegiatan praktikum untuk menganalisis tegangan suatu rangkaian kelistrikan sederhana dan konversi energi surya ke energi listrik. Desain alat peraga Mini Sopetric termasuk inovatif dan efisien dalam penggunaannya. Berdasarkan hasil penilaian ahli, diketahui bahwa validitas alat peraga Mini Sopetric yang diperoleh sebesar 92.67% sehingga dapat disimpulkan bahwa alat peraga Mini Sopetric valid dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika pada materi energi alternatif di kelas X SMA.
References
Abbas, A. K., Obed, A. A., & Abid, A. J. (2020). Design of a Smart Energy Management System for Photovoltaic Stand-Alone Building. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 881(1), 012158. DOI: 10.1088/1757-899X/881/1/012158.
Al Hakim, R. R. (2020). Model Energi Indonesia, Tinjauan Potensi Energi Terbarukan untuk Kehambatan Energi di Indonesia. ANDASIH Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 374. DOI: 10.57084/andasih.v1i1.374
Bagus DS, D., Yakob, M., & Lubis, N. A. (2021). Rancangan Alat Peraga Kapal Tenaga Surya sebagai Media Konversi Energi. GRAVITASI: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 4(1), 42-46.
Borich, G. D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Mac Millian Publishing Company.
Fatimah, A. (2017). Pengembangan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Doctoral Dissertation. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Fitria, A., Amri, A., & Fadli, A. (2016). Pembuatan Prototip Dye Sensitized Solar Cell (DSCC) Menggunakan Dye Ekstrak Buah Senduduk (Melastoma Malabathricum L) dengan Variasi Fraksi Pelarut dan Lama Perendaman Coating TiO2. JOM FT Universitas Riau, 3(1), 1–9.
Gumono, G., Faizal, E., Winoko, Y. A., AR, Z. J., Suyanta, S., & Susilo, S. H. (2022). Pelatihan dan Pemasangan Solar Cell di Pondok Pesantren Putra Baitul Qur’an Al-Khusyu Malang. Proceedings of 5th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 831-838.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-38. DOI: 10.15575/jipai.v1i1.11042.
Hutauruk, T.S., (1985). Transmisi Daya Listrik. Jakarta: Erlangga.
Iqtimal, Z., Sara, I. D., & Syahrizal, S. (2018). Aplikasi Sistem Tenaga Surya sebagai Sumber Tenaga Listrik Pompa Air. Kitekro: Jurnal Komputer, Informasi Teknologi, dan Elektro, 3(1), 1-8.
Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). PKM Pendampingan Pengembangan Alat Peraga Mekanika Aplikatif Bagi Guru IPA. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 570-574.
Ismail, N. A. S., Hasan, M. Z., Khalid, K. N., & Mahyudin, I. S. A. (2020). Prototype for Offgrid Solution using Solar and Wind. Journal of Physics: Conference Series, 1529, 052025. DOI: 10.1088/1742-6596/1529/5/052025.
Kause, M. and Boimau, I. (2019). Rancang Bangun Alat Peraga Fisika Berbasis Arduino (Studi Kasus Gerak Jatuh Bebas). Cyclotron, 2(1): 13-19.
Makrif, A. (2018). Rancang Bangun Pemanfaatan Energi Matahari dengan Menggunakan Dye Sensitized Solar Cell (DSSC). Skripsi. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Marsudi, Djiteng. (2006). Operasi Sistem Tenaga Listrik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Oleiwi, F. M., Kasim, N. K., & Atwan, A. F. (2021). PV-solar Power Generation in Educational Institutions. Journal of Physics: Conference Series, 1879: 032070.
Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sari, B. K. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 87-102.
Septiani, N., Thaha, S., & Muchtar, N. (2021). Analisis Drop Tegangan pada Jaringan Tegangan Rendah PT.PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Panakkukang. Prosiding Seminar Nasional Teknik Elektro dan Informatika (SNTEI), Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Ujung Pandang, 129-135.
Setiawan, D. G. E., & Mahmud, S. A. (2020). Penerapan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Gelombang Mekanik. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(2), 16061.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). (2021). Surat Keputusan Nomor 188.K/HK.02/MEM.L/2021 Tentang Pengesahan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik PT Perusahaan Listrik Negara (PERSERO) Tahun 2021 – 2023. Jakarta: Kementerian ESDM.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2022). Surat Keputusan Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). (2023). Surat Keputusan Nomor 022/H/KR/2023 Tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka pada Tahun Ajaran 2023-2024. Jakarta: Kemendikbudristek.
Tusriah, T., Hakim, Y. A., & Ashari, A. (2017). Pengembangan Alat Peraga Solar Tracker Dua Sumbu untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 46-53.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dyah Ayu Lestari, Imam Sucahyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.