Menjalin Manik-Manik Merajut Makna: Penguatan Kewirausahaan dan Karakter Peserta Didik melalui Proyek Kerajinan P5 Bernuansa Budaya dan Ramah Lingkungan

Authors

  • Ananda Dwi Pratiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Elfandari Anindito Kartika Putri SMA Negeri 3 Sidoarjo
  • Nur Qomariyah Universitas Negeri Surabaya
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v3n1.p25-34

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Kewirausahaan, Keterampilan Peserta Didik

Abstract

Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian dari implementasi Kurikulum Merdeka yang bertujuan membentuk karakter dan keterampilan abad ke-21 pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterlibatan peserta didik dalam pelaksanaan P5 melalui proyek wirausaha kerajinan berbasis bahan daur ulang dan budaya Nusantara, serta mengevaluasi dampaknya terhadap penguatan jiwa kewirausahaan dan karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan dukungan data kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI SMA yang terbagi dalam 12 kelas, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi menggunakan rubrik penilaian berbasis dimensi Profil Pelajar Pancasila, survei dengan kuisioner skala Likert 1-5, serta dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik terlibat aktif dalam seluruh tahapan proyek, mulai dari eksplorasi ide hingga refleksi akhir. Secara kuantitatif, capaian rata-rata Profil Pelajar Pancasila mencapai 77,5 %, dengan indikator tertinggi gotong royong, diikuti berpikir ktitis dan tanggung jawab. Pelaksanaan kegiatan P5 berhasil menumbuhkan karakter dan keterampilan peserta didik secara menyeluruh. Kegiatan ini tidak hanya mendorong peserta didik untuk berinovasi dan bertanggung jawab dalam proses kewirausahaan, tetapi juga memperkuat nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila yang relevan dengan tantangan abad ke-21 dan konteks budaya lokal. Meskipun masih terdapat kendala seperti kurangnya ide orisinal dan kepercayaan diri saat promosi. Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam bentuk wirausaha kerajinan berbasis daur ulang dan budaya Nusantara terbukti mampu menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan karakter serta keterampilan abad ke-21 pada peserta didik.

References

Abdulloh, A., Kirmadi, Y., Iskandar, Y., Ningsih, R., Muhtadin, M., & Sarah, D. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai upaya menumbuhkan motivasi kewirausahaan peserta didik SMA Negeri 2 Karawang. Jurnal Tahsinia, 6(5), 671–683. Retrieved from: https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/379.

Agustianawati, Z.E. & Darmawan, D. (2024). Pemberdayaan siswa dalam kewirausahaan: Implementasi P5 melalui branding produk sekolah. Al Murtado: Journal of Social Innovation and Community Service, 1(2), 32–45. Retrieved from: https://ejournal.bamala.org/index.php/almurtado/article/view/272.

Aji, W.T. & Rosiana, M. (2024). Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pandangan filsafat pendidikan John Dewey. Harmoni Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(4), 262–278. DOI: https://doi.org/10.62383/hardik.v1i4.825.

Andhianto, P.A., Fitriani, Y., & Nuroniah, P. (2024, Juli). Penerapan pembelajaran STEAM berbasis Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di satuan PAUD. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 314–326. DOI: https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.547

Aprilia, R. M., Srigustini, A., & Kurniawan. (2024, November). Literasi ekonomi dan kegiatan P5 kewirausahaan sebagai faktor pendorong minat berwirausaha peserta didik. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, 2(11), 115–125. Retrieved from https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/2841

Ardiansyah, A., Risnita, R., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. DOI: https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57.

Asiati, S. & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. DOI: https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78.

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., & Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001–1006. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373.

Betaria, E.L., Ulfah, M., Kuswanti, H., Asriati, N., & Achmadi. (2025). Analisis dampak (P5) terhadap minat berwirausaha peserta didik kelas XI di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 14(1), 11–19. Retrieved from: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/85501/0.

Christiananda, F.R., Purwaningrum, N.S., & Rofisian, N. (2023). Implementasi kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains Terapan, 2(4), 1048–1053. Retrieved from: https://jurnal.minartis.com/index.php/jpst/article/view/1368.

Darmawan, W. & Syahrin, A.A. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema suara demokrasi dalam memperkuat partisipasi siswa melalui pemilihan OSIS. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner, 2(2), 105–114. DOI: https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i2.569.

Demir, F.B., & Öteleş, Ü.U. (2023). A sustainable life: A study on the recycling attitudes of secondary school students. Discourse and Communication for Sustainable Education, 14(1), 137–151. DOI: https://doi.org/10.2478/dcse-2023-0011.

Dewi, I.F., Afriza, E.F., & Gumilar, G. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Karangnunggal. Jurnal Sains Student Research, 2(4), 959–965. Retrieved from: https://ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jssr/article/view/1959.

Feriandy, F. & Wahyu, E.R. (2023). Dinamika kolaborasi tim dan efisiensi kerja: Kunci keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2), 1763–1770. Retrieved from: https://www.ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/2395.

Gianistika, C. (2022). Project-based learning approach and its impact for the Pancasila student profile strengthening project. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 261–272. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.5042.

Ginting, F.B., Natasya, T., Kurniyati, W., Nahara, A.S., Sofwan, M., & Sholeh, M. (2024, Juli). Strategi guru dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik melalui pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Gramatika: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 8(3), 504–513. DOI: https://doi.org/10.24114/jgk.v8i3.58312.

Hasani, R., Annisya, D., Hidayat, R., Widiantika, L., Zulfa, A., Isnaeni, I., Ayuni, N., Masmira, A., Anugrah, L.R., Febrianti, S., & Apriani, F.M.B. (2024). Peran mahasiswa asistensi mengajar dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler di MAN 2 Mataram. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Indonesia, 6(1), 1–13. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmsi.v6i1.267.

Jumini, S., Ningrum, S.D., Muntaqo, R., & Asy’ari, A.A. (2025). Project for strengthening the profile of Pancasila students in schools in realizing the Sustainable Development Goal. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 17(1), 414–427. DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6038.

Khairunnisa, A.A., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Studi implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Meningkatkan berpikir kritis di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(1), 242–250. Retrieved from:

https://www.ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/7828?articlesBySimilarityPage=40

Kristanti, P.A., Septianingrum, K., & Chaeroh, M. (2024). Efektivitas Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) terhadap kemampuan bernalar kritis siswa kelas IV MI Birul Walidain Banyubiru. Edukasia: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 5(1), 859-866. DOI: https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.870.

Laia, S., Hana, E.W., Sory, P., & Bello, Y. (2024). Mengembangkan minat wirausaha anak muda: Kunci sukses entrepreneurship dan life skills. Journal of Student Research, 3(1), 110–119. DOI: https://doi.org/10.55606/jsr.v3i1.3533.

Manalu, C.L.N., Marpaung, D.T., Siagian, I., Limbong, N., Tampubolon, N.C., Hutasuhut, S., & Tarigan, S. W.B. (2024). Pengembangan keterampilan kewirausahaan di sekolah menengah: Mengidentifikasi cara-cara efektif untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan di kalangan siswa sekolah menengah. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(4), 585–600. DOI: https://doi.org/10.61579/future.v2i4.265.

Marlina, M., Prasetyo, T., & Hamamy, F. (2025). Market day sebagai inovasi implementasi dalam Kurikulum Merdeka untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(1), 1–19. DOI: https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i1.1321.

Muhabibudin, N., Juliana, J., Ramdhani, R.D., Jarya, H., & Akmaliah, Q.J. (2025). Evaluasi penerapan program P5 dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Pancasila. At-Taksis: Jurnal Pendidikan Dasar PGMI STAI Sangatta, 2(2), 1–14. Retrieved from: https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/AT-Taksis/article/view/557.

Nabiilah, L., Lutfiana, R., & Widodo, R. (2025). Penguatan karakter generasi emas Indonesia melalui implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 10(1), 31–42. DOI: https://doi.org/10.24269/jpk.v10.n1.2025.pp31-42.

Nadilla, N. & Nora, D. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan di SMAN 1 Lubuk Alung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 351–361. DOI: https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.342.

Nurfalida, M.S., Ardianti, D., Adillah, P.M., Allyasari, S.A., Izzah, S.N., Tsalitsa, Z.H., Damayanti, N., Rosandhi, T.M.U., Harenia, C., & Raihan, R. (2024). Strategi pelaksanaan kegiatan Profil Pelajar Pancasila dalam membentuk kreativitas peserta didik SMAN 2 Pandeglang tahun 2024. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 3(1), 59–70. DOI: https://doi.org/10.55606/jubpi.v3i1.3425.

Putra, F.F. & Sudarsono, A. (2024). Menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini kelas III pada SD Negeri 18 Kota Bengkulu. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 3(1), 7–14. DOI: https://doi.org/10.37676/jdun.v3i1.5151.

Rachman, A., Putro, H.Y.S., Rusandi, M.A., & Situmorang, D.D.B. (2024). The development and validation of the KT P5 (Kuesioner Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila): A new tool for strengthening the Pancasila student profile in Indonesian pioneer schools. Heliyon, 10(16), e35912. DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e35912.

Radhaina, J., Mutia, M., Khairiyati, N.D., Halisa, S.N., Zahran, Z., Zulkipli, Z., Pratiwi, D.A., & Suriansyah, A. (2024, Oktober). Implementasi modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka di SDN Telaga Biru 4 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(3), 2627–2637. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5425.

Rahayu, R., Warto, & Musadad, A.A. (2024). Strategi dalam meningkatkan pembelajaran berbasis kearifan lokal pada Prasasti Kawali di SMA/SMK/MA di Kabupaten Ciamis. Jurnal Pengabdian Sosial Indonesia (Journal of Indonesian Social Service), 4(4), 138–148. Retrieved from: https://jips.fkip.unila.ac.id/index.php/JPSI/article/view/31930

Rahma, R.N.S., Qurrotu’ain, N., Ramadhani, N., & Azis, A. (2025). Tantangan pendidikan Islam di era globalisasi dalam menjaga nilai-nilai keislaman. Qolamuna: Keislaman, Pendidikan, Literasi dan Humaniora, 2(1), 105–116. Retrieved from: https://jurnal.qolamuna.id/index.php/JQ/article/view/158.

Retnoasih, A., Hendrawan, J.H., & Halimah, L. (2025). Menumbuhkan kreativitas peserta didik melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(1), 265–278. Retrieved from: https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/iqro/article/view/6858.

Rosyida, M., Fithriyah, D.N., Choiriyah, M., Alfia, S.M., & Ariani, F.D.E.A. (2025). Implementasi Projek P5 melalui kegiatan Market Day untuk meningkatkan karakter kemandirian peserta didik sekolah dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 4(2), 252–267. DOI: https://doi.org/10.56855/jpsd.v4i2.1475.

Sakiah, N.A. & Effendi, K.N.S. (2021, Maret 31). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis PowerPoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 39–48. DOI: https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2623.

Sirait, R.N., Oktarina, N., & Widodo, J. (2025, Juni). Studi literatur peran P5 dalam memperkuat karakter kewirausahaan siswa SMA. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 304–316. Retrieved from: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/26632.

Siregar, Z., Habib, M., Mashuri, K., Darliana, E., & Hartanto, D. (2024). Sosialisasi penerapan kurikulum Merdeka dan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Negeri 2 Bahorok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM), 5(1), 59–67. Retrieved from: https://jurnal.stkipalmaksum.ac.id/index.php/jpkm/article/view/578.

Siswadi, G.A. & Putri, K. (2024). Pendidikan perdamaian berlandaskan nilai-nilai Pancasila dalam membangun fondasi pendidikan untuk kemanusiaan di tengah keberagaman. Vidya Samhita: Jurnal Penelitian Agama, 10(1), 63–72. DOI: https://doi.org/10.25078/vs.v10i1.3450.

Söderberg, I.L., Wester, M., & Jonsson, A.Z. (2022). Exploring factors promoting recycling behavior in student housing. Sustainability (Switzerland), 14(7), 4264. DOI: https://doi.org/10.3390/su14074264.

Supriyadi, A., Aminah, S., Hasanah, M., & Ilmiah, D. (2024). Eksplorasi persepsi siswa kelas 12 SMA Negeri 1 Ciranjang terhadap kegiatan P5 dalam meningkatkan kreativitas dan kolaborasi. Jurnal Tahsinia, 5(7), 1067–1076. Retrieved from https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/450.

Uswan, A., Suhartono, E., & Wiyono, S. (2025). Optimalisasi strategi sekolah dalam implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1075-1084. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.1306.

Utami, D.S. & Appulembang, O.D. (2022). Pembentukan kelompok belajar untuk siswa pada pembelajaran daring. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 6(1), 35–60. Retrieved from: https://jurnal.sukmabangsa.sch.id/index.php/sukma/article/view/06103.2022.

Wahyuni, H.C., Kusuma, K.A., WDP, A.M., Wahyuni, A., Santosa, N.E.T.I., Nisak, U.K., Phahlevy, R.R., Fatah, A., & Narwoko. (2021). Refleksi kebangsaan dimasa pandemi Covid-19: Ragam pemikiran kehidupan bernegara akademisi Umsida 2020. Umsida Press, 1–99. DOI: https://doi.org/10.21070/2021/978-623-6081-13-6.

Widyawati, S.A., Prajanti, S.D.W., & Hardati, P. (2020). College student knowledge in waste management at Semarang State University. Proceedings of the International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019), 315–319. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.061.

Yamin, M. & Syahrir. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. DOI: http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i1.1121.

Yulianti, Y., Danim, S., Badeni, B., Kristiawan, M., & Yanti, F.A. (2024). Pancasila Student Profile Strengthening Project as implementation of the independent curriculum at Putra Putri Bangsa Primary School Lubuklinggau. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(4), 599-609. Retrieved from: https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/6367.

Downloads

Additional Files

Published

2025-06-23

How to Cite

Pratiwi, A. D., Putri, E. A. K., Qomariyah, N., & Deta, U. A. (2025). Menjalin Manik-Manik Merajut Makna: Penguatan Kewirausahaan dan Karakter Peserta Didik melalui Proyek Kerajinan P5 Bernuansa Budaya dan Ramah Lingkungan. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 3(1), 25–34. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v3n1.p25-34

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)