Pelatihan Literasi Digital Berbasis Website (Blog) untuk Meningkatkan Kecakapan Digital Peserta Didik SMA dan Guru

Authors

  • Anisa Fitri Muyasaroh Universitas Negeri Surabaya
  • Anis Yulia Amanati Universitas Negeri Surabaya
  • Anita Krisdiana Universitas Negeri Surabaya
  • Tsaniyah Nabilah Rachmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Laily Yosie Kurniasari Universitas Negeri Surabaya
  • Munasir Munasir Universitas Negeri Surabaya
  • Lydia Rohmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p28-33

Keywords:

Literasi Digital, Blogging, Pelatihan Blogging

Abstract

Teknologi dan sistem informasi semakin berkembang dari masa ke masa. Perkembangan ini membawa dampak yang baik dalam berbagai aspek kehidupan. salah satunya dalam hal pendidikan. Pendidikan sebagai pengembang teknologi dan sumber daya manusia sangat terbantu dengan adanya perkembangan tersebut namun internet juga dapat memberikan pengaruh buruk terutama bagi peserta didik jika kurang bijak dalam penggunaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi digital peserta didik tingkat SMA dan guru dalam menguasai teknologi informasi terkini, yaitu internet dan blog.  Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah kegiatan meliputi identifikasi masalah di lapangan melalui observasi, perencanaan kegiatan, sosialisasi kegiatan, pelaksanaan pelatihan literasi digital melalui blogging, pemberian angket respon dan evaluasi kegiatan. Pelatihan dilaksanakan secara online melalui Zoom dengan mengundang narasumber dengan materi meliputi pembuatan blog dan teknik penulisan blog. Berdasarkan hasil pemberian angket diperoleh presentase yang memiliki blog sebesar 23 %, sedangkan 77 % belum memiliki blog, hal ini menujukkan bahwa literasi digital masyarakat masih rendah. Kegiatan ini mendapatkan respon kepuasan yang baik berdasarkan hasil pengisian angket kepuasan untuk para peserta, dan didapatkan hasil presentase kepuasan sebesar 36% dengan kategori sangat puas dan 64% dengan kategori puas. Perubahan yang diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan ini adalah adanya peningkatan kecakapan literasi digital peserta didik dan guru mampu membuat media pembelajaran yang menarik untuk digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran.

 

References

Anggraini, I. & Rahmadayanti, F. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog Bagi Siswa SMA Negeri 5 Pagar Alam. Ngabdimas, 3(1), 32-41.

Arifin, S.P., Sahid, D.S.S., Widyasari, Y.D.L., & Syaliman, K.U. (2023). Pelatihan Pengelolaan Blog dalam Peningkatan Literasi Bidang Informatika untuk Santri SMAIT Imam Syafii 2 Pekanbaru. JITER-PM (Jurnal Inovasi Terapan-Pengabdian Masyarakat), 1(1), 30-35.

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., & Putra, A.B.N.R. (2019). Kompetensi Literasi Digital bagi Guru dan Pelajar di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 98-104.

Diansyah, R., Syahril, S., Aryanto, A., Arribe, E., & Winarso, D. (2017). Penguatan UMKM Melalui Pelatihan Blog. Jurnal Pengabdian UntukMu Negeri, 1(2), 1-7.

Krisianto, A. (2015). Jago Blogspot, Pendoman Cepat Jadi Blogger. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) bagi Guru-Guru RA / TPQ / DTA Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI, 2(2), 234–240. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas/article/view/5768.

Muslim, B. (2018). Pelatihan Pembuatan Blog bagi Guru MA Ponpes Darul Mutaqin Kota Pagar Alam. Ngabdimas, 1(1), 6-11.

Muslim, B. (2019). Pelatihan Pembuatan Blog bagi Guru SMPN 8 Kota Pagaralam. Ngabdimas, 2(1), 18-30.

Muslim, B. & Syaputra, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Blog bagi Guru MAN 1 Kota Pagar Alam. Ngabdimas, 3(2), 51-61.

Parimita, W., Eryanto, H., & Faslah, R. (2017). Pengembangan Perilaku Berinternet Sehat. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 33–45.

Tharom, T. (2002). Mengenal Teknologi Informasi. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Kristiyanti, M. (2011). Blog sebagai Alternatif Media Pembelajaran. Majalah Ilmiah Informatika, 2(2), 33-45.

Zuwanda, M.E., Srg, S.A.R., Damanik, N., Simanullang, C.D., Siregar, N.L., Simanjuntak, R.N., & Ridhani, D. (2023). Pelatihan Pembuatan Blog untuk Menimbulkan Daya Kreatifitas Siswa di SMP YPK. Elida. UNGGUL IMPERIAL-Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 26-34.

Downloads

Additional Files

Published

2023-07-07

How to Cite

Muyasaroh, A. F., Amanati, A. Y., Krisdiana, A., Rachmawati, T. N., Kurniasari, L. Y., Munasir, M., … Deta, U. A. (2023). Pelatihan Literasi Digital Berbasis Website (Blog) untuk Meningkatkan Kecakapan Digital Peserta Didik SMA dan Guru. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(2), 28–33. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p28-33

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)