Peningkatan Profesionalisme Guru pada Pembelajaran Abad 21 Melalui Pelatihan Digital Asesmen untuk Profiling Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p34-41Keywords:
Digital Asesmen, Microsoft Excel, Profiling Peserta Didik, TeknologiAbstract
Salah satu karakteristik guru abad 21 adalah mengoptimalkan teknologi sehingga guru dapat menghasilkan banyak inovasi baru untuk menunjang proses pembelajaran salah satunya adalah digital asesmen. Tujuan kegiatan Pelatihan Digital Asesmen untuk Profiling Peserta Didik ini dilakukan untuk: (1) mempersiapkan para guru untuk menghadapi Kurikulum Merdeka, dimana Kurikulum ini dijadikan Kurikulum Nasional (2) memfasilitasi para guru dalam melaksanakan pembelajaran dan asesmen yang maksimal dalam perkembangan teknologi yang pesat dan (3) menerapkan penggunaan digital pada asesmen untuk memetakan peserta didik. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pendampingan dalam melakukan profiling peserta didik menggunakan microsoft excel. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi adalah digital asesmen, microsoft excel, dan profiling peserta didik. Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 13 Februari 2023 dan tanggal 17 Maret 2023. Khalayak sasaran yang dilibatkan adalah guru-guru MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya dan guru-guru dari sekolah lain. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa pelatihan digital asesmen untuk profiling peserta didik bagi guru sangat berhasil. Hal ini ditunjukkan dari hasil angket yang menyatakan bahwa pelatihan digital asesmen yang diperoleh sangat bermanfaat. Mereka telah mengetahui dan memahami digital asesmen, dan telah mampu mempraktekkan digital asesmen dengan baik. Kebermanfaatan pelatihan ini adalah mempermudah guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik. Dalam kemampuan mempraktikkan pelatihan ini, semua peserta menyatakan telah setuju mengimplementasikan digital asesmen pada proses evaluasi hasil belajar peserta didik. Kegiatan pelatihan perlu dilanjutkan lebih intensif lagi agar kemampuan guru dalam menerapkan digital asesmen lebih baik dan bahkan dapat mengembangkan digital asesmen dalam berbagai aspek pembelajaran.
References
Cayeni, W. & Utari, A.S. (2019). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan Guru pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana. Universitas PGRI Palembang.
Dito, S. B. & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65.
Kunandar. (2009). Guru Professional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pemdidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Mangkunegara, A.P. (2006). Perencanaan dan Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Refika Aditama.
Maritsa, A., Salsabila, U.H., Wafiq, M., Anindya, P.R., & Ma’shum, M.A. (2021). Pengaruh Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). 91-100.
Martiningsih, R.R. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Ms Excel dalam Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 107-120. doi: 10.31800/jtp.kw.v3n2.p107-120.
Mulyasa. (2009). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, D.K., Manurung, Y.H., Arda, M., & Handayani, S. (2022). Pelatihan Digital Assessment Berbasis Kahoot dan Quizizz dalam Pembelajaran Daring (Online) untuk Guru SMP Muhammadiyah 61 Medan. Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 113-118. doi: 10.30596/ihsan.v4i2.10486.
Nasution, H.A. & Nasution, F.A (2020). Pengembangan Teknik dan Instrumen Asesmen AspekPengetahuan Berbasis Teknologi. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 106-116.
Rao, P.S. (2019). The Role of English as Global Language. Research Journal of English (RJOE), 4(1), 66–79.
Setyaningrum, D., Martani, L.G.D. (2014). Pengaruh Auditor dan Pengawasan Legislatif Terhadap Temuan Audit dengan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan sebagai Variabel Intervening. SNA 17 Mataram, Lombok Universitas Mataram 24-27 Sept 2014.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muh. Hakim Alhamidy, Nella Puji Rahayu, Salsabila Happy Millenia, Afandi Putra Adiyanto, Rizky Firmansyah, Munasir Munasir, Lydia Rohmawati, Utama Alan Deta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.