Inovasi Pendidikan Berbasis Proyek: Implementasi Diorama Kota Ramah Lingkungan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p56-63Keywords:
Diorama, Kota Ramah Lingkungan, Proyek Penguatan Profil Pelajar PancasilaAbstract
Pendidikan karakter menjadi salah satu hal yang perlu diterapkan dalam menghadapi era global. Kurikulum merdeka belajar menjadikan profil pelajar Pancasila sebagai bentuk pendidikan karakter. Salah satu implementasinya melalui P5. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan implementasi diorama kota ramah lingkungan dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggunakan subjek penelitian kelas 11 di SMAN 22 Surabaya. Pengambilan data diperoleh dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik berhasil menyusun proyek diorama kota ramah lingkungan dengan penuh inovasi. Setiap peserta didik bekerja sama untuk menampilkan karya terbaik mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proyek ini berhasil mengajarkan peserta didik mengenai pentingnya keberlanjutan lingkungan. Peserta didik juga dapat mengimplementasikan elemen elemen profil pelajar Pancasila selama proses penyusunan diorama kota ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.
References
Amalia, M., & Indrabudiman, A. (2024). Strategi SDGs dalam Menghadapi Tantangan di Abad 21 pada PT. Astra International TBK Tahun 2023. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 10(4), 31-40. DOI: https://doi.org/10.8734/musytari.v10i4.7020.
Amrizal, M.F., & Lestari, G.D. (2020). Hubungan Antara Pengelolaan Pembelajaran Dengan Tingkat Kepuasan Peserta Didik Di Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 40-50. Retrieved from: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8192.
Alanur, S.N., Jamaludin, J., & Amus, S. (2023). Analisis Profil Pelajar Pancasila dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179-190. DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v7i1.5787.
Allolinggi, L.R., Tangkearung, S.S., Pasauran, S.A., Alexander, F., & Allo, M.R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 4596-4605. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4448.
Anggraeny, V.Y., Sulalatin, S.A., & Hadi, F.R. (2023). Pendidikan Pancasila melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Metode Project Based Learning (PjBL) dalam Aktivitas Siswa di SDN 1 Bedingin. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5701-5716. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8942.
Apriliana, M., Maryati, M., & Munafiah, N.U. (2024). Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Melalui Penerapan Zero Waste di SD Alam Karawang. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 5(1), 38-45. DOI: https://doi.org/10.47400/jiees.v5i1.79.
Armini, N.N.S. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah sebagai Upaya Membentuk Pondasi Moral Generasi Penerus Bangsa. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(1), 113-125. DOI: https://doi.org/10.37329/metta.v4i1.3005.
Artati, N.K.A. (2024). Analisis Pendampingan Pembuatan Handicraft Berbasis Lingkungan dalam Pengamalan P5 di SDN 3 Demulih. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(6), 207-219. DOI: https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i6.1172.
Azizah, N.A., Hutami, A., & Norlita, N. (2023). Kecanggihan Smartphone sebagai Media Pembelajaran di Era Modern. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1), 65-73. DOI: https://doi.org/10.21093/bjie.v3i1.6333.
Dewi, N.P., Nadina, G., & Rachman, I.F. (2024). Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berdaya Saing Tinggi melalui Pendidikan Karakter Bersifat Religius di Era Disruptif. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(3), 100-110. DOI: https://doi.org/10.61722/jmia.v1i3.1367.
Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Fatah, M.A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365-377. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.603.
Febriansari, D., Sarwanto, S., & Yamtinah, S. (2022). Konstruksi model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan pendekatan design thinking pada materi energi terbarukan. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(2), 186-200. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v8i2.22456.
Fitriyah, A., & Nugraheni, N. (2024). Peran Pendidikan Dalam Mendukung Sustainable Develompent Goals (SDGs). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(4), 202-209. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.11141726.
Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G.M. (2023). Strategi Pendidikan untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68. DOI: https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173.
Hamzah, M.R., Mujiwati, Y., Khamdi, I.M., Usman, M.I., & Abidin, M.Z. (2022). Proyek profil pelajar pancasila sebagai penguatan pendidikan karakter pada peserta didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553-559. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309.
Hayati, S., & Fadriati, F. (2023). Pendidikan Karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3959-3969. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6521.
Juwita, F., Masudi, M., & Zulaiha, S. (2024). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Sdit Cahaya Rabbani Kepahiang. Doctoral dissertation. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Curup.
Laka, L., Darmansyah, R., Judijanto, L., Lase, J.F.E., Haluti, F., Kuswanti, F., & Kalip, K. (2024). Pendidikan Karakter Gen Z Di Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Maulida, U., Suryawan, A., & Mardiana, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Miniatur Siklus Air Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V di SD Negeri Blondo. Borobudur Educational Review, 3(2), 42-53. DOI: https://doi.org/10.31603/bedr.11051.
Moleong, L.J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif(Edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nabila, I.Y. (2024). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 12(5), 941-952. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/60925.
Novitasari, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Mapel IPAS Kelas IV MI Al Munir. Doctoral dissertation. Kediri: IAIN Kediri.
Nur, A., & Jidan, M. (2024). Analisis Peranan Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Berkomunikasi Di Era Digital. Kohesi: Jurnal Sains Dan Teknologi, 4(12), 31-40. DOI: https://doi.org/10.3785/kohesi.v4i12.6715.
Nur Amattullo, P., Susilawati, S., & Zulaiha, S. (2024). Pengaruh Maket 4rama Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 1 Rejang Lebong. Doctoral dissertation. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Curup.
Permata, S.D., Oktarianto, M.L., Nuraini, N.L.S., Camelia, D.I., & Wiranta, D.Y. (2024). Pelatihan Penguatan Ekoliterasi Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sekolah Dasar. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 9(2), 487-498. DOI: https://doi.org/10.47200/jnajpm.v9i2.2597.
Putri, N.S.E., Setiani, F., & Al Fath, M.S. (2023). Membangun Pendidikan Karakter Berbasis Kurikulum Merdeka Menuju Era Society 5.0: Building Character Education Based On The Merdeka Curriculum Towards Society Era 5.0. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 18(2), 194-201. DOI: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v18i2.5557.
Ramadhani, M.M. (2023). Analisis Strategi Pendidikan Inklusif Berbasis Sains dan Teknologi Dalam Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030 di Indonesia. Seminalu, 1(1), 433-441. Retrieved from: https://prosiding.unipar.ac.id/index.php/seminalu/article/view/86.
Rezeki, T.I., Sagala, R.W., & Muhajir, M. (2024). Edukasi Pengelolaan Sampah Berbasis Kearifan Lokal untuk Lingkungan Berkelanjutan. Jurnal Abdimas Maduma, 3(2), 9-19. DOI: https://doi.org/10.52622/jam.v3i2.290.
Ruku, E.C., & Purnomo, T. (2020). Validitas Lembar Kegiatan Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(1), 1-7. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/32237.
Salsabila, A., Saudah, S., & Maulidar, M. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Berbasis Ecoprint Terhadap Dimensi Kreatif Siswa Kelas IV SD Negeri 5 Banda Aceh. Arini: Jurnal Ilmiah Dan Karya Inovasi Guru, 1(1), 17-32. DOI: https://doi.org/10.71153/arini.v1i1.88.
Setyawati, R.C. (2023). Pengintegrasian kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPAS. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 3(1), 33-44. Retrieved from: https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH/article/view/6787.
Siswanto, J., & Roshayanti, F. (2023). Kepraktisan dan Efektivitas Pembelajaran Konsep Dinamika Rotasi Berorientasi Education for Suistainable Development (ESD) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 4(1), 193-200. DOI: https://doi.org/10.51874/jips.v4i1.75.
Susanti, R.D., Zulfiati, H.M., & Hasanah, D. 2024. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Proyek pada Mata Pelajaran IPAS DI Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 242-252. DOI: https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16302.
Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi dan Peluang Penerapannya pada Kurikulum Merdeka?. PUSAKA: Journal of Educational Review, 1(1), 34-48. DOI: https://doi.org/10.56773/pjer.v1i1.11.
Widiyono, A., Nuraini, L., Chasannudin, A., Minardi, J., & Jannah, A.M. (2023). Development of “Water Detective” Diorama in Islamic Education through Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5). Jurnal Tarbiyatuna, 14(1), 1-15. DOI: https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v14i1.8182.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Nur Afni Agustinaningrum, Nadya Mazayu Nur Sabrina , Nur Kuswanti, Diah Krisdiyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.