Analisis Pelaksanaan Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Penguatan Keterampilan Kewirausahaan Siswa SMA pada Fase E

Authors

  • Rinda Rahmanisa Sasmi Universitas Negeri Surabaya
  • Krisnawati Krisnawati Universitas Negeri Surabaya
  • Khusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Susanto Setiawan SMA Negeri 9 Surabaya
  • Salisa Nun Shiha SMA Negeri 9 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p48-55

Keywords:

Kewirausahaan, Profil Pelajar Pancasila, Keterampilan Siswa

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan strategi dalam Kurikulum Merdeka yang salah satunya dirancang untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pelaksanaan P5 dengan tema kewirausahaan, mencakup faktor pendukung, tantangan, dan dampaknya terhadap keterampilan siswa. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan tahapan meliputi pembentukan kelompok, perencanaan ide usaha, desain logo dan banner, produksi, hingga pemasaran produk. Data dikumpulkan melalui observasi, survei, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan sebagian besar kelompok berhasil mencapai tingkat penjualan rata-rata 75% dari total produksi, dengan faktor pendukung utama berupa peran aktif guru, kerjasama kelompok, dan lingkungan sekolah yang mendukung. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu dan bahan baku, serta tingginya permintaan konsumen, yang diatasi melalui sistem pre-order. Kegiatan ini memberikan pengalaman berharga bagi siswa dalam mengembangkan kreativitas, kemampuan berinovasi, dan kepercayaan diri, sekaligus mempersiapkan mereka menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa P5 terbukti efektif sebagai sarana untuk mengintegrasikan pembelajaran kewirausahaan dengan penguatan karakter siswa.

References

Ayub, S., Rokhmat, J., Busyairi, A., dan Tsuraya, D. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 1001-1006. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1373.

Dewi, D.P.N., Dewi, E.G.A., dan Putra, I.B.A. (2024). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Digital untuk Mendukung P5 Kewirausahaan di SMAK Santo Yoseph Denpasar. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2907-2913. DOI: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3409.

Fatah, M.A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365-377. DOI: https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.603.

Febryanti, S.T., Suhartono, S., & Untari, E. (2023). Pelaksanaan Tema Kewirausahaan untuk Menumbuhkan Sikap Kewirausahaan Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(11), 1045–1055. Retrieved from: http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/4970.

Hanwita, A.A. dan Khosiyono, B.H.C. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas IV SD. Prosiding Dewantara Seminar Nasional Pendidikan 2023, 2(1), 1851. Retrieved from: https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/d-semnasdik/article/view/1851.

Hardiansyah, H. (2023). Implementasi Projek Kewirausahaan dalam Mendukung Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Sikur. Jurnal Visionary Penelitian dan Pengembangan di Bidang Administrasi Pendidikan, 11(2), 128-134. DOI: https://doi.org/10.33394/vis.v11i2.9247.

Imania, A., dan Suprayitno, S. (2024). Analisis Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan pada Kurikulum Merdeka Kelas IV di SD Islam Darussalam Kedungrejo Bojonegoro. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 14-28. Retrieved from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/59634/46200.

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Khasanah, M., Arifin, Z.B.A.M., & Satiadharma, M. (2023). Peran Kewirausahaan Sosisal dalam Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 1(3), 226–235. DOI: https://doi.org/10.58812/jekws.v1i03.528.

Melati, P.D., Rini, E.P., Musyaiyadah, M., dan Firman, F. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA). EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 2808-2819. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.6762.

Purwanto, S., Adi, K.R., & Munir, S. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan dalam Topik Pemasaran Batik Spero. Research and Development Journal of Education, 10(1), 518-527. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v10i1.23427.

Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbudristek

Putri, H.S., Sholikhah, A., Apriliani, Y., Andriani, R. I., & Amalia, D. (2023). Analisis Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha Di SDN 06 Tahunan. El-Miaz: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar, 2(2), 51-61. Retrieved from: https://jurnal.mialazhar.sch.id/index.php/el-miaz/article/view/41.

Septiani, Y.E., Sholeha, E.F.N., Puspitasari, D.A., Ningrum, A.P.S., Febianti, V., dan Wahyuni, S. (2024). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa di Sekolah Menengah. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6603-6612. Retrieved from: https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/14427/6841.

Septiany, S., Darmayanti, M., dan Hendriani, A. (2024). Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 12(2), 170-189. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/31740.

Shalikha, P.A.A (2022) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86-93. DOI: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v15i22022p.

Susilo, P.S.A., Rofiki, A.A., Nengsih, L.W., & Efendi, D. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Peserta Didik Kelas V di SDIT Qurrota A’yun Abepura dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 6(1), 71-80. DOI: https://doi.org/10.9644/sindoro.v6i1.5341.

Widoresmi, D., dan Nugraheni, N. (2024). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Penunjang dalam Mewujudkan Gaya Hidup Berkelanjutan. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 1(3), 213-223. Retrieved from: http://jurnalistiqomah.org/index.php/jppi/article/view/1039.

Widyawati, A.D., Sholeh, M., Karinna, C., Ananda, I.J., dan Alqanita, M. (2024). Analisis Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3), 305-315. Retrieved from https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/15762.

Yuliastuti, S., Ansori, I., dan Fathurrahman, M. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Pendidikan, 51(2), 76-87. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/lik.v51i2.40807.

Zulfikar, M., dan Nisa, A.F. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas VI SD Negeri Karangwuluh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 515-527. Retrieved from: https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1129.

Downloads

Additional Files

Published

2024-12-21

How to Cite

Sasmi, R. R., Krisnawati, K., Khotimah, K., Setiawan, T. S., & Shiha, S. N. (2024). Analisis Pelaksanaan Kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Sebagai Upaya Penguatan Keterampilan Kewirausahaan Siswa SMA pada Fase E. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 48–55. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p48-55

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.