Program Asistensi Mengajar untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN Karas 1 dan SDN Karas 2 Magetan
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p16-24Keywords:
Asistensi Mengajar, Literasi Numerasi, Matematika, Bahasa IndonesiaAbstract
Desa Karas merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan mahasiswa KKN-T di SDN Karas 1 dan SDN Karas 2, terdapat permasalahan yang sama yakni kurangnya kemampuan dan minat belajar siswa siswi di Sekolah Dasar (SD). Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan Program kerja Asistensi Mengajar. Asistensi mengajar merupakan kegiatan membantu guru dengan mendampingi serta mengajar siswa di dalam kelas. Tujuan diadakan program Asistensi Mengajar di Sekolah SD yakni diharapkan sekolah dapat terbantu dalam bidang akademik dan menjadi kesempatan untuk penulis memperdalam ilmunya dengan cara menjadi pendamping guru di sekolah. Sasaran program kerja ini di khususkan untuk kelas 5 SDN Karas 1 dan kelas 5 SDN Karas 2. Program kerja ini dilaksanakan untuk mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Dalam pelaksanaannya, pertemuan pertama dilakukan observasi berupa pemberian pre-test pada tiap siswa nya untuk mengetahui kemampuan siswa, dilanjutkan pemberian kuis tiap minggunya untuk mengetahui peningkatan para siswa nya . Pada pertemuan minggu terakhir akan diberi post-test untuk mengetahui apakah selama berjalannya program asistensi mengajar ini mengalami peningkatan atau tidak. Berdasarkan hasil data nilai siswa yang diperoleh, diketahui bahwa di SDN Karas 1 siswa mengalami peningkatan hasil tes, 1 siswa yang tidak mengalami peningkatan namun nilainya bagus. Siswa kelas 5 di SDN Karas 2 ada 5 siswa yang tidak mengalami peningkatan dan 12 siswa mengalami peningkatan. Program kerja asistensi mengajar berjalan dengan baik sesuai dengan rencana awal dan berhasil mencapai indikator keberhasilan yakni 50% siswa mengalami peningkatan hasil tes.
References
Anugrah, T.M.F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19 (Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara). Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38-47. https://doi.org/10.54783/jin.v3i3.458
Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221
Astuti, G. P., & Susilowati, T. (2022). Pelaksanaan literasi dan numerasi melalui asistensi mengajar di SD Negeri Trombol 1 Kecamatan Mondokan Kabupaten Sragen. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 977–984. DOI: https://doi.org/10.54082/jamsi.354.
Axford. (2009). Scaffolding Literacy: An integrated and sequential approach to teaching, reading, spelling and writing. Australia: ACER Press.
Ginting, E. S. (2021). Penguatan literasi di era digital. In Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3 (pp. 35-38). FBS Unimed Press.
Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Literasi Dan Numerasi Bagi Peserta Didik Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 12(2), 82-91. Retrieved from: https://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/jc/article/view/1005.
Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kemdikbud di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2), 1–8. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/339
Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna dan implementasi kurikulum merdeka belajar dan relevansinya bagi perkembangan siswa di sekolah dasar: telaah kritis dalam tinjauan pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270-1280. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6118.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. (Online), (http://gln.kemdikbud.go.id).
Kurniasari, S., Yunus, M., Hunggaita, N.A., Sugianti, S., Ali, A.P.R.E., Ismail, A., Aprilia, T.D., & Habibi, M.A.A. (2023). Implementasi Program Kamous Mengajar Angkatan 3 Sebagai Wujud Kontribusi Belajar Sambil Berdampak. JPPM: Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat, 4(1), 17-27. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1061
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Bulan Bahasa (pp. 211-222). Retrieved from: https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10300.
Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan multimedia dalam media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 349-353. DOI: https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289.
Muhdar, R. (2023). Assesmen kompetensi minimum numerasi program merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 407-411. DOI: https://doi.org/10.5281/zenodo.8079162.
Munthe, L. S., & Pasaribu, L. H. (2023). Pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1321-1331. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2087.
Muyassaroh, I. (2023). Implementasi program kampus mengajar angkatan 4 dalam upaya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(2), 100-112. DOI: https://doi.org/10.17509/jppd.v10i2.63313.
Nadjamuddin, A., & Hulukati, E. (2022). Kemampuan literasi numerasi mahasiswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Basicedu, 6(1), 987-996. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1999.
Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83–96. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/25855
Nurhasanah, A.D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding SNPKM : Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166-173. https://pustaka-psm.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066/3378
Sopiatuzza’rah, Nurhidayati, R., Arifin, R. D. S. L., Japa, L., Hariadi, I., & Hartiwi, M. (2024). Peranan mahasiswa asistensi mengajar dalam kegiatan intrakurikuler pada mata pelajaran biologi di SMA 1 Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 7(1), 225-231. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v7i1.7439.
OECD. (2019a). Country Note of Programme for International Student Assessment (PISA) Result from PISA 2018: Indonesia. OECD. Retrieved from: https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf
OECD. (2019c). PISA 2018 Results (Volume I). DOI: https://doi.org/doi:https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Prasandha, D., & Utomo, A.P.Y. (2022). Evaluasi Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Dalam Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48-55. https://doi.org/10.15294/jsi.v11i1.55441
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Sindya Lailatust Tsalist, Viona Alvinia Nabila, Risma Aulia, Valia Naila Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





