Kegiatan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Anggi Adelia Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Avelin Febriliani Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Lintang Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Safira Putri Ramadhani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p35-41

Keywords:

Bimbingan Belajar, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Kegiatan Bimbingan belajar bertujuan untuk menambah intensitas belajar dan mengoptimalkan prestasi belajar peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Karas yang merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan. Berdasarkan survei yang telah dilakukan terdapat beberapa permasalahan terkait pendidikan dan sumber daya manusia di Desa Karas. Salah satu permasalahan terkait pendidikan di Desa Karas terutama di SDN Karas 1 dan SDN Karas 2 yakni kurangnya kemampuan dan minat belajar peserta didik di sekolah. Beberapa peserta didik memiliki kekurangan dalam kemampuan berhitung, maka diadakan kegiatan bimbingan belajar untuk menunjang hal tersebut. Subjek dari kegiatan ini merupakan peserta didik kelas 6 dengan rincian 14 peserta didik di SDN Karas 1 dan 21 peserta didik di SDN Karas 2. Bimbingan belajar di SDN Karas 1 dilaksanakan untuk mata pelajaran matematika dan tematik. Mata pelajaran matematika dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa, sedangkan untuk mata pelajaran tematik dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis. Bimbingan belajar di SDN Karas 2 dilaksanakan hanya untuk mata pelajaran matematika yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan Kamis. Untuk mengukur keberhasilan kegiatan ini dilihat dari peningkatan nilai pre-test dan post-test yang diberikan setiap minggunya. Peningkatan nilai pre-test dan post-test dilihat dari rata-rata 6 kali pre-test dan 6 kali post-test yang telah dilakukan pada setiap mata pelajaran. Kegiatan bimbingan belajar yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik serta berhasil mencapai indikator keberhasilan yang dibuat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai post-test mayoritas peserta didik di kedua sekolah. Dengan rincian, sebanyak 83% peserta didik mengalami peningkatan nilai post-test.

References

Amrizal, M. F., & Lestari, G. D. (2020). Hubungan antara pengelolaan pembelajaran dengan tingkat kepuasan peserta didik di Lembaga Bimbingan Belajar Plus Ilhami. JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua, 4(1), 40-50. Retrieved from: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpls/article/view/8192.

Arno, A., Afriani, R., & Marzuki, M. (2023). Pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap prestasi belajar siswa Di SMP N 12 Sepauk. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 1-6. DOI: https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.945.

Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 68-75. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.167.

Darajaad, R. (2016). Pengaruh minat belajar dan jam belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kesamben Kabupaten Jombang. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 4(3), 1-6. DOI: https://doi.org/10.26740/jupe.v4n3.p%25p.

El Fiah, R., & Purbaya, A. P. (2017). Penerapan bimbingan belajar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Kota Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(2), 171-184. DOI: https://dx.doi.org/10.24042/kons.v3i2.564.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 47-53. DOI: https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i2.a9594.

Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Judika (Jurnal Pendidikan UNSIKA), 3(1), 34-44. DOI: https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.199.

Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Magdalena, I., dkk. (2021). Analisis Penggunaan Teknik Pre-test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SDN Bojong 04. Nusantara, 3(2), 150-165. Retrieved from: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1250

Manik, S. (2020). Upaya meningkatkan layanan bimbingan belajar untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Jurnal Pena Edukasi, 7(1), 29-34. DOI: https://doi.org/10.54314/jpe.v7i1.455.

Nasution, H. F. (2021). Peningkatan hasil belajar matematika melalui bimbingan belajar gratis. Indonesian Journal of Community Service, 1(1), 66-73. Retrieved from: https://ijocs.rcipublisher.org/index.php/ijocs/article/view/42.

Pratiwi, T. L., Yanelyn, W., Suksawai, P., Tohmi, N., & Alhaddad, S. (2021, October). Implementasi Bimbingan Belajar Pada Siswa Kelas Xi Nongchok Pittaya Nussorn Mattayom School Untuk Menghadapi Ujian Nasional Bahasa Inggris. In National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 3(1), 849-856. DOI: https://doi.org/10.37253/nacospro.v3i1.6027.

Purwanto, N. M. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289-293. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v5i2.4377.

Ratnawulan, E. & Rusdiana, H. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia Bandung.

Rumini, S., Purwanto, E., Purwandari, M. S., Suharmini, T., Si, M., & Ayriza, Y. (2003). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35-43. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750.

Subakti, H. & Handayani, E. S. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 247-255. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.648

Syah, M. (2011). Psikologi belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Yusuf, S. (2013). Landasan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2024-06-29

How to Cite

Putri, A. A., Febriliani, A., Utami, P. L., & Ramadhani, S. P. (2024). Kegiatan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p35-41

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.