Pengenalan Artificial Intelligence bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Literasi Digital
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v3n1.p35-41Keywords:
Artificial Intelligence, Literasi Digital, SosialisasiAbstract
Artificial Intelligence suatu ilmu teknologi baru yang mengeksplorasi, mengembangkan, dan menguatkan sumber daya manusia dalam bidang kecerdasan dan teknologi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Artificial Intelligence (AI) dan teknologi digital secara bijak, efektif, dan bertanggung jawab sesuai etika penggunaannya kepada siswa sekolah dasar. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan observasi secara langsung dan dokumentasi kegiatan. Hasil penelitian menunjukkan antusias dan minat siswa terhadap pengenalan Artificial Intelligence (AI) yang cukup positif, hal tersebut ditunjukkan melalui sikap aktif selama sosialisasi dengan banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan serta menunjukkan rasa penasaran yang timbul mengenai teknologi Artificial Intelligence (AI). Dapat disimpulkan bahwa sosialisasi Artificial Intelligence (AI) ini dilakukan untuk membantu siswa lebih siap menghadapi dinamika kehidupan di era digital sekaligus mendorong peningkatan mutu pendidikan secara menyeluruh. Implikasi dari pengenalan AI menjadi dasar integrasi pengenalan teknologi pada siswa sekolah dasar.
References
Affandi, L., Indriayu, M., & Totalia, S.A. (2025). Vocational school level learning model for work readiness: A systematic literature review. International Journal of Research and Community Empowerment, 3(2), 58 - 71. DOI: https://doi.org/10.58706/ijorce.v3n2.p58-71.
Afrilia, M., Rahmawati, F.P., & Ratnawati, W. (2022). Penggunaan media power point untuk menunjang motivasi belajar siswa kelas IV SDN Nglorog 1 Sragen. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 1-7. DOI: https://doi.org/10.36654/educatif.v4i2.98.
Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 69-82. DOI: https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415.
Arly, A., Dwi, N., & Andini, R. (2023, November). Implementasi penggunaan Artificial Intelligence dalam proses pembelajaran mahasiswa ilmu komunikasi di kelas A. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 362-374. Retrieved from: https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/816.
Chakim, M.H.R. & Bimantara A.A. (2023). Kemajuan teknologi di abad 21: Perubahan perspektif. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 40-45. DOI: https://doi.org/10.34306/adimas.v4i1.1036.
Fawait, A. B. (2024). Pengenalan Artificial Intelligence kepada siswa di SMA Negeri 9 Samarinda. Community Development Journal, 5(6), 11805-11809. DOI: https://doi.org/10.31004/cdj.v5i6.38605.
Fetriani, F., & Salsabila, A. (2025). Pengenalan dan dampak kecerdasan buatan (AI) pada literasi digital anak-anak melalui sosialisasi di tingkat sekolah dasar. Jurnal Akselerasi Merdeka Belajar dalam Pengabdian Orientasi Masyarakat (AMPOEN): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(3), 1414-1420. DOI: https://doi.org/10.32672/ampoen.v2i3.2948.
Harahap, S.S., Simamora, W.S., Hadistio, R.R., & Siregar, M.P. (2025). Pengenalan teknologi AI berkelanjutan melalui pelatihan partisipatif dan pendekatan interdisipliner untuk mendorong inovasi pendidikan di kalangan pelajar. Jurnal PkM (Pengabdian kepada Masyarakat), 7(6), 841-845. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v7i6.26709.
Hidayat, F. (2023). Pelatihan kewirausahaan di era digital bagi UMKM di Kota Batam. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 464–471. Retrieved from: https://gembirapkm.my.id/index.php/jurnal/article/view/76/61.
Leny, L. (2024). Peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran melalui penggunaan artificial intellgence. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 3, 47-53. DOI: https://doi.org/10.47435/sentikjar.v3i0.3133.
Mambu, J.G.Z., Pitra, D.H., Ilmi, A.R.M., Nugroho, W., Leuwol, N.V., & Saputra, A.M.A. (2023). Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam menghadapi tantangan mengajar guru di era digital. Journal on Education, 6(1), 2689- 2698. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3304.
Muklason, A., Riksakomara, E., Mahananto, F., Djunaidy, A., Vinarti, R.A., Anggraeni, W., ... & Maulana, M. (2023). Coding for kids: Pengenalan pemrograman untuk anak sekolah dasar sebagai literasi digital baru di industri 4.0. SEWAGATI, 7(3), 393-404. DOI: https://doi.org/10.12962/j26139960.v7i3.506.
Mulyati, Y. (2023). Analisis respon pemanfaatan teknologi, informasi, dan komunikasi pada media live worksheet terhadap pelajaran PAI di sekolah. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 58-73. DOI: https://doi.org/10.70287/epistemic.v2i1.163.
Naila, I., Atmoko, A., Dewi, R.S., & Kusumajanti, W. (2023). Pengaruh Artificial Intelligence tools terhadap motivasi belajar siswa ditinjau dari teori Rogers. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 150-159. Retrieved from: https://www.journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/article/view/1774.
Naimah, Muttaqin, M.F., & Meilina. (2024). Implementasi literasi digital pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(1), 85–94. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v7i1.75992.
Oktarin, I.B. & Saputri, M.E.E. (2024). Sosialisasi literasi digital sebagai langkah transformasi pendidikan di sekolah dasar. Edu Impact: Jurnal Pengabdian dan Inovasi Masyarakat, 1(1), 24-32. Retrieved from: https://journal.ciptapustaka.com/index.php/EIPM/article/view/9.
Putri, R.A. (2023). Pengaruh teknologi dalam perubahan pembelajaran di era digital. Journal of Computers and Digital Business, 2(3), 105-111. DOI: https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i3.233.
Rahadianto, L., Fahmi, A., & Aparamarta, H.W. (2022). Implementasi pembelajaran Artificial Intelligence bagi siswa sekolah dasar di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 92-101. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.115857.
Resti, R., Wati, R.A., Ma’arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital siswa sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145-1157. DOI: http://dx.doi.org/10.35931/am.v8i3.3563.
Ridwan, M., Jannah, R., Dewi, R., Ma’rif, M., & Suwenti, R. (2023). Menekan potensi bulliying di sekolah Madrasah Aliyah Al Jamiatusysyubban melalui pendampingan anti bullying. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 01-07. DOI: https://doi.org/10.30640/abdimas45.v2i2.1584.
Riska, N., Rosmilawati, I., & Juansah, D.E. (2025). Integrasi teknologi AI dalam pembelajaran adaptif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pendidikan, 4(1), 180-198. DOI: https://doi.org/10.46306/jurinotep.v4i1.130.
Rohmatin., (2023). Penggunaan game edukasi berbasis wordwall untuk meningkatkan kemampuan vocabulary siswa dalam pembelajaran bahasa inggris. Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 79-88. Retrieved from: https://jurnalp4i.com/index.php/edutech/article/view/2039.
Romdoniyah, F.F., Dedih, U., & Aliyah, A., (2023). Pendekatan holistik dalam perencanaan pendidikan islam sebagai pendorong pengembangan spiritual. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 79-96. Retrieved from: https://journal.pegiatliterasi.or.id/index.php/epistemic/article/view/213.
Rosadi, A. & Julianti, V. (2024). Sosialisasi pemanfaatan gadget untuk meningkatkan literasi digital di SDN Cimangkok Sukabumi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(4), 5308-5315. DOI: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i4.4423.
Saputra, I.A., Ramadhani, A., Khairunnisa, M.Z., & Ainiyah, N. (2024). Pengaruh literasi digital terhadap prestasi akademik siswa menengah atas. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 25–31. DOI: https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p25-31.
Sasmi, R.R., Krisnawati, Khotimah, K., Setiawan, T.S., & Shiha, S.N. (2024). Analisis Pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) sebagai upaya penguatan keterampilan kewirausahaan siswa SMA pada Fase E. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 02(02), 48-55. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p48-55.
Sasmi, R.R., Shiha, S.N., Saregar, A., & Deta, U.A. (2025). Pandangan siswa SMA terhadap kearifan lokal, literasi sains, dan motivasi belajar dalam pembelajaran fisika. Reog: Journal of Ecoethnoscience Education, 1(1), 32-39. DOI: https://doi.org/10.58706/reog.v1n1.p32-39.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Syafrial, H. (2023). Literasi digital. Makassar: Nas Media Pustaka.
Wahidah, B., Ramdhani, M., & Wahyuni, W. (2022). Sosialisasi literasi digital di komunitas baca lumbung literasi. Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, 2(2), 70-78. DOI: https://doi.org/10.29303/darmadiksani.v2i2.1953.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitria Rahmawati, Ajeng Wahyu Setiani, Marisa Putri Utari, Salwa Safinatunnajah, Trise Nurul Ain, Setyo Atmoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





