Komik Digital Berbasis Cerita Rakyat: Meningkatkan Kreativitas, Literasi Digital, dan Karakter Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Authors

  • Heny Aryani Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Tri Diana Wilujeng SMA Dharma Wanita Surabaya
  • Diyah Ayu Octa Nova SMA Dharma Wanita Surabaya
  • Muzayanah Muzayanah Universitas Negeri Surabaya
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v3n1.p17-24

Keywords:

Komik, Cerita Rakyat, Literasi Digital, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Abstract

Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka memberikan ruang penguatan karakter peserta didik, salah satunya melalui kearifan lokal. Cerita rakyat sebagai bagian dari budaya tradisional mengandung nilai moral dan identitas budaya, namun semakin terpinggirkan di tengah arus globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan projek P5 berbasis cerita rakyat di salah satu SMA Surabaya dengan fokus pada adaptasi cerita menjadi komik digital dan poster. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 128 peserta didik kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa projek ini efektif meningkatkan kreativitas, literasi digital, dan pemahaman peserta didik terhadap nilai budaya lokal. Selain itu, kegiatan turut memperkuat karakter peserta didik seperti kerja sama, tanggung jawab, dan kepercayaan diri. Meski terdapat kendala teknis dalam penggunaan aplikasi desain dan perencanaan narasi, pendampingan intensif dari guru dan mahasiswa PLP membantu peserta didik menyelesaikan projek secara optimal. Guru dapat memanfaatkan komik digital berbasis cerita rakyat sebagai media pembelajaran sedangkan sekolah memfasilitasi pelatihan dan pameran karya sebagai sarana pelestarian budaya lokal. Penelitian ini merekomendasikan integrasi media visual dan kearifan lokal melalui projek P5 sebagai model pembelajaran kontekstual yang relevan, inspiratif, dan layak direplikasi di sekolah lain.

References

Agustinaningrum, N.A., Sabrina, N.M.N., Kuswanti, N., & Krisdiyanti, D. (2024). Inovasi pendidikan berbasis proyek: Implementasi diorama kota ramah lingkungan dalam proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 56–63. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p56-63.

Ahada, I., Surya, S., Rusmawaty, D., Hermagustiana, I., & Wardani, I. (2024). Evaluating the educational impact of digital storytelling through student perceptions. Borneo Educational Journal (Borju), 6(2), 228–244. DOI: https://doi.org/10.24903/bej.v6i2.1786.

Albany, D.A. (2021). Perwujudan pendidikan karakter pada era kontemporer berdasarkan perspektif Ki Hajar Dewantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 7(2), 93–107. DOI: https://doi.org/10.29408/jhm.v7i2.3393.

Arisanti, A., Septiningtyas, D.T., & Habibbulloh, M. (2024). Generasi cerdas dan demokratis: Penerapan proyek penguatan profil pelajar Pancasila di SMA melalui yel yel suara demokrasi. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 72–79. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p72-79.

Ashar, A., Sadaruddin, S., & Idamayanti, R. (2024). Project for strengthening the student profile of pancasila centered on students at semen tonasa II kindergarten. ARRUS Journal of Social Sciencesand Humanities, 4(1), 77-84. DOI: http://doi.org/10.35877/soshum2394.

Awang, I.S., Seran, E.Y., & Gandasari, A. (2025). Optimalisasi program penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di sekolah dasar melalui pendekatan budaya lokal. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 228–234. Retrieved from: https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/27901/7796.

Bahy, I.Z., & Majid, N.W.A. (2025). Evaluasi efektivitas ChatGPT dalam mendukung kreativitas dan literasi digital siswa di Purwakarta. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 11(2), 346-352. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v11i2.12727.

Barus, D.B., Siahaan, P.R., Nasution, I.P., & Hutabarat, N.M. (2024). Implementasi penguatan profil pelajar Pancasila sebagai wujud pendidikan karakter di sekolah menengah atas (SMA). Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 6(2), 236–244. DOI: https://doi.org/10.34012/bip.v6i2.5830.

Fakhruddin, A. & Arif, M. (2023). Penguatan identitas budaya siswa melalui komik cerita rakyat. Edukasi: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 11(1), 67–74. Retrieved from: https://journal.unimma.ac.id/index.php/edukasi/article/view/10535.

Fitriana, A. & Soleha, A. (2023). Cerita rakyat digital sebagai strategi edukatif dalam pembentukan jati diri pelajar. Jurnal Intelektual: Pendidikan dan Studi Keislaman, 6(2), 121–130. Retrieved from: https://ejournal.uit-lirboyo.ac.id/index.php/intelektual/article/view/5367.

Gianistika, C. (2022). Project-based learning approach and its impact for the Pancasila student profile strengthening project. TADBIR Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 261-272. DOI: http://doi.org/10.29240/jsmp.v6i2.5042.

Hadisti, A., Herianto, E., & Basariah. (2025). Penguatan profil pelajar Pancasila: Implementasi, tantangan, dan dampaknya bagi peserta didik. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 6(2), 230–239. DOI: https://doi.org/10.32832/jpg.v6i2.19122.

Hamdani, A.D., Dewi, D.A., & Hayat, R.S. (2023). Minimnya literasi budaya dan kewargaan dapat mereduksi nilai karakter kebangsaan. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 4(1), 140–147. DOI: https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2348.

Harahap, A.Z., Sofia, A., Sitorus, D.B., Nazwa, K., Lubis, N.S.A., & Khoiriyah, N. (2025). Systematic literature review: Implementasi pendidikan karakter melalui cerita untuk meningkatkan kejujuran siswa. Jurnal Ilmu Manajemen Retail (JIMAT), 6(2), 190–207. DOI: https://doi.org/10.37150/jimat.v6i2.3804.

Hidayah, A.E.N., Laila, L., Ma’arij, I., Rifai’, A., & Deta, U.A. (2024). Mengenal warisan budaya Surabaya melalui diorama edukasi pada program P5. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 64–71. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p64-71.

Hikamah, S.R., Hariyadi, S., & Siskawati, F.S. (2025). Optimization of the Pancasila student profile character through the local wisdom project of Hylocereus sp. Plants. EDUBIOTIK: Jurnal Pendidikan, Biologi, dan Terapan, 10(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.33503/ebio.v10i01.5.

Huda, M. (2023). Digitalisasi budaya lokal: Media cerita rakyat sebagai pembelajaran karakter di era milenial. Ummatan Wasathan: Jurnal Pengabdian Masyarakat Islam, 3(2), 45–51. Retrieved from: https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/4914.

Iskandar, S. (2022). Pentingnya penguatan pendidikan karakter Pancasila bagi generasi muda dalam mengatasi degradasi moral. Jurnal Pembumian Pancasila, 2(2), 104–112. DOI: https://doi.org/10.63758/jpp.v2i2.21.

Kabaran, G.G. & Duman, B. (2021). The effect of digital storytelling method on learning and study strategies. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(4), 681–694. DOI: https://doi.org/10.46328/ijte.83.

Maharani, L.P.S. & Rati, N.W. (2022). Dictor caksanta: Membentuk karakter siswa dengan dongeng digital berbasis cerita rakyat Indonesia. Mimbar Ilmu, 27(2), 300–310. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.48735.

Marsela, F., Misdalina, M., & Abdullah, S. (2024). Implementasi P5 dalam membentuk karakter budaya peserta didik di SD Negeri 227 Palembang. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 236–249. DOI: https://doi.org/10.51878/elementary.v4i4.3552.

Melinda, S. & Muzaki, H. (2023). Cerita rakyat sebagai upaya pengenalan bahasa dan budaya Indonesia dalam pembelajaran BIPA. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 5(1), 1–8. DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v5i01.1242.

Nisa, U. & Wahyuni, A. E. (2023). Cerita rakyat sebagai media pembelajaran kontekstual dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Multidisiplin Indonesia, 3(2), 502–509. Retrieved from: https://riset.unisma.ac.id/index.php/JP2M/article/view/22853.

Nur‘azah, Aziz, A.A., Fatih, M.A., Pratiwi, E.Y.R., Masruroh, L., & Sholeh, M.I. (2024). Melestarikan budaya dan kearifan lokal melalui proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di MTsN 17 Jombang. Prosiding Seminar Nasional Sainsteknopak, 8, 69–77. Retrieved from: https://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/SAINSTEKNOPAK/article/view/8376

Prasetiyo, N.T., Sariyani, S., & Haq, M.D. (2024). Implementation of the Pancasila student profile strengthening project (P5) in enhancing student character. JIPP: Jrnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(11), 13170-13177. DOI: http://doi.org/10.54371/jiip.v7i11.6278.

Pratama, R. & Febriani, E.A. (2024). Kendala-kendala dalam pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal di SMAN 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 366–376. DOI: https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.239.

Putri, A.F., Syamdianita, S., & Rukayah, R. (2025). Peran adaptasi pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan partisipasi peserta didik hiperaktif dalam topik gotong royong. Prosiding Seminar Nasional PPG Universitas Mulawarman, 6, 58–67. Retrieved from: https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/semnasppg/article/view/5565.

Ramalia, T. (2023). Digital storytelling in higher education: Highlighting the making process. Journal on Education, 6(1), 7307–7319. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3993.

Saputri, Y.D., Lestari, A., & Indriani, T. (2023). Pemanfaatan cerita rakyat sebagai upaya penanaman nilai profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Naradidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4), 215–222. Retrieved from https://naradidik.ppj.unp.ac.id/index.php/nara/article/view/239.

Sasmi, R.R., Krisnawati, K., Khotimah, K., Setiawan, T.S., & Shiha, S.N. (2024). Analisis pelaksanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya penguatan keterampilan kewirausahaan siswa SMA pada fase E. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 48–55. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p48-55.

Septiany, S., Darmayanti, M., & Hendriani, A. (2024). Pengembangan proyek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) sebagai upaya penguatan karakter siswa sekolah dasar: Implementasi dan tantangan. JP2SD: Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 12(2), 170–189. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v12i2.31740.

Tukiyat, T., Anggai, S., Waskita, A.A., & Zain, R.M. (2024). Pelatihan desain grafis aplikasi Canva untuk meningkatkan kreativitas dan literasi digital bagi siswa-siswi SMK Islam Permatasari 2 Rumpin Bogor. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 535–548. Retrieved from: https://mail.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/8486.

Downloads

Additional Files

Published

2025-06-22

How to Cite

Aryani, H., Wilujeng, I. T. D., Nova, D. A. O., Muzayanah, M., & Deta, U. A. (2025). Komik Digital Berbasis Cerita Rakyat: Meningkatkan Kreativitas, Literasi Digital, dan Karakter Peserta Didik dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 3(1), 17–24. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v3n1.p17-24

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)