Analisis Permasalahan MGMP Fisika di Sidoarjo: Upaya Meningkatkan Profesionalisme Melalui Penelitian
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p42-47Keywords:
Profesional guru, MGMP Fisika Sidoarjo, Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah, PublikasiAbstract
Kemampuan menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah merupakan salah satu indikator penting dalam profesionalisme guru. Namun, banyak guru, termasuk guru MGMP Fisika di Kabupaten Sidoarjo, yang menghadapi kendala dalam memenuhi tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang dihadapi oleh guru MGMP Fisika Kabupaten Sidoarjo dalam menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah sebagai bagian dari pengembangan profesionalisme. Penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif untuk mengkaji berbagai kendala yang dihadapi oleh guru MGMP Fisika di Kabupaten Sidoarjo dalam menyusun artikel ilmiah. Data diperoleh melalui proses observasi dan wawancara, kemudian dianalisis menggunakan pendekatan tematik guna menemukan pola-pola permasalahan yang teridentifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat lima kendala utama yang dihadapi oleh guru, yaitu keterbatasan waktu yang disebabkan oleh beban kerja harian yang tinggi, rendahnya keterampilan menulis artikel ilmiah, ketidaktahuan tentang platform publikasi ilmiah, tingginya biaya publikasi, serta minimnya dukungan dari institusi. Selain itu, banyak guru yang kesulitan dalam menyusun artikel yang sesuai dengan kaidah ilmiah, serta kurangnya pemahaman tentang pentingnya publikasi ilmiah dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini menunjukkan bahwa menulis dan mempublikasikan artikel ilmiah masih menjadi tantangan signifikan bagi guru MGMP Fisika di Kabupaten Sidoarjo. Meskipun Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sering dilakukan, guru menghadapi kesulitan dalam mengubah hasil penelitian menjadi karya ilmiah yang terpublikasi. Sebagai solusi disarankan perlunya langkah strategis, seperti pelatihan intensif dalam penulisan ilmiah, pendampingan dalam proses publikasi, serta kebijakan institusi yang mendukung pengembangan profesionalisme guru.
References
Alexander, F., Tari, E., Liufeto, M.C., Conthes, M.T.L.L., & Dami, Z.A. (2023). Pelatihan penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah bagi guru SMP. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 303-310. DOI: https://doi.org/10.31960/caradde.v6i2.2199.
Alifah, S. (2021). Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 113-123. DOI: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.968.
Adnyani, L.P.W., & Auliya, R.N. (2021). Sosialisasi penyusunan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk pengembangan keterampilan profesional guru SD. Jurnal PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 85-92. DOI: https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i1.9129.
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor kesulitan guru sekolah dasar dalam penulisan karya ilmiah. JP2SD: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 59-65. Retrieved from: https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jp2sd/article/view/12457/9788.
Azizah, A. & Fatamorgana, F.R. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran. Jurnal Auladuna, 3(1), 15-22. DOI: https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.
Birsyada, M.I. & Yuwono Putro, A.A. (2022). Penguatan publikasi hasil penelitian melalui workshop penulisan karya ilmiah sekolah dasar negeri Tegalrejo Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 5(2), 154-164. DOI: https://doi.org/10.30738/ad.v5i2.10451.
Dewi, P.K., Rizal, M.S., Ardhian, D., Hardinata, V., & Lestari, Y.D. (2017). Pelatihan penulisan artikel ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas pada guru SMP. Jurnal Abdi, 2(2), 7-17. DOI: https://doi.org/10.26740/ja.v2n2.p7-17.
Febrian, W.D., Maq, M.M., Sa’diyah, S., Rijal, S., & Handayani, E.S. (2023). Pengenalan teknis penulisan artikel ilmiah dan bimbingan teknis penerbitan artikel pada jurnal Sinta bagi guru-guru Madrasah di pinggiran kota. Journal of Human and Education (JAHE), 3(2), 165–171. DOI: https://doi.org/10.31004/jh.v3i2.184.
Handayani, S. & Rukmana, D. (2020). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah guru melalui pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8-13. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i1.9752.
Helmayunita, N., Handayani, D.F., Serly, V., Yumna, A., & Helmy, H. (2022). Pengembangan keprofesian berkelanjutan guru melalui pelatihan penyusunan laporan penelitian tindakan kelas. Abdimas Unwahas, 7(1), 65-71. DOI: https://doi.org/10.31942/abd.v7i1.6564.
Marto, H. (2020). Kesulitan guru sekolah dasar dalam menulis karya ilmiah sebagai pengembangan kompetensi profesional di Kabupaten Tolitoli. Bomba: Jurnal Pembangunan Daerah, 1(2), 84-89. Retrieved from: https://jurnalbrida.sultengprov.go.id/index.php/bomba/article/view/27/20.
Kurniawan, R., Malau, J., Melati, E., Nofirman, A., Purwanti, A., & Hanim, S.A. (2023). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah terindeks Sinta. Community Development Journal, 4(2), 3482-348. Retrieved from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/15382/11839.
Mastuang, D., dkk. (2019). Pelatihan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas bagi guru-guru fisika di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61-65. DOI: https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1787.
Mustika, D., Ain, S.Q., & Iranti, A.D. (2021). Pelatihan penyusunan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar di Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Rengganis: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42-27. Retrieved from: https://mathjournal.unram.ac.id/index.php/Rengganis/article/view/16/14.
Purwanti, P., Dasmo, Bhakti, Y. B., & Nurjannah. (2023). Pendampingan penulisan proposal penelitian tindakan kelas di MGMP Fisika Kabupaten Karawang. Unindra: Jurnal PKM Pengabdian kepada Masyarakat, 6(4), 477-484. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v6i4.19348.
Rahyasih, Y., Hartini, N., & Syarifah, L.S. (2020). Pengembangan keprofesian berkelanjutan: Sebuah analisis kebutuhan pelatihan karya tulis ilmiah bagi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 136-144. DOI: https://doi.org/10.17509/jpp.v20i1.24565.
Sari, N., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan profesionalisme guru melalui kegiatan workshop penulisan karya tulis ilmiah penelitian tindakan kelas. JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(6), 1273-1282. Retrieved from: https://journal.ummat.ac.id/index.php/jmm/article/view/3129/pdf.
Sari, U.P., Lestari, A.F., Apriani, D., & Agusmawati, G.Y. (2024). Strategi guru PAI untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2), 359-374. DOI: https://doi.org/10.61930/pjpi.v2i2.710.
Siregar, N., Hanani, S., Sesmiarni, Z., Ritonga, P., & Pahutar, E. (2024). Dampak pelaksanaan kurikulum merdeka belajar terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 5(2), 680-690. DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1345.
Suhardi, M., & Gunawan, I. M. S. (2021). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah untuk guru di Indonesia. COMMUNITY: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 67-73. DOI: https://doi.org/10.51878/community.v1i1.556.
Widana, I. W., Suarta, I. M., & Citrawan, I. W. (2019). Penerapan metode Simpang Tegar untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan PTK dan artikel ilmiah. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 365–375. DOI: https://doi.org/10.21067/jpm.v4i1.3016.
Yansah, Y., Nadia, H., & Murtiningsih, T. (2022). Pendampingan penulisan artikel best practice bagi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ABDI: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 8-15. DOI: https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.136.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Utama Alan Deta, Alfi Nurlailiyah, Suliyanah Suliyanah, Habibi Habibi, Heny Aryani, Ananda Dwi Pratiwi, Mozza Pinkan Edelweiss, Nadi Suprapto, Setyo Admoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.