Pendampingan Penulisan dan Publikasi Artikel Untuk Mahasiswa Tadris (Pendidikan) Fisika di IAIN Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p50-59Keywords:
pendampingan, artikel ilmiah, fisikaAbstract
Berdasarkan permasalahan mahasiswa tadris fisika IAIN Palangka Raya yang memiliki kemampuan menulis artikel ilmiah yang masih belum maksimal membuat tim pengabdian melakukan pendampingan kepada mahasiswa dalam penulisan dan publikasi artikel. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada mahasiswa semester 7 agar dapat menulis artikel dengan baik dan benar sesuai dengan pedoman penulisan karya ilmiah baik terindeks nasional maupun internasional. Kegiatan pelaksanaan pengabdian ini dilaksanakan dengan serangkaian tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Adapun hasil yang didapatkan dari kegiatan ini memiliki dampak baik untuk mahasiswa Program Studi Tadris Fisika IAIN Palangka Raya untuk melatih dan mengembangkan kemampuan menulis artikel ilmiah dan mempersiapkan dirinya untuk memenuhi syarat kelulusan perkuliahan. Output yang diperoleh dari kegiatan pendampingan ini adalah sebanyak 4 mahasiswa Program Studi Tadris Fsika dapat menerbitkan artikelnya di jurnal terakreditasi SINTA dan sebanyak 11 mahasiswa artikelnya terbit di jurnal terindeks nasional dan google scholar. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pendampingan ini mampu membantu mahasiswa karena berdampak baik untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan mahasiswa.
References
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 59-65. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.v9i1.12457.
Bagia, P.P.A. dan Hidayah, R. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berorientasi Keterampilan Proses Sains pada Materi Elektrolit dan Nonelektrolit Submateri Reaksi Oksidasi Reduksi. Unesa Journal of Chemical Education, 5(2), 452-456.
Basuki, I. dan Hariyanto. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Ekawati, F., Anggraini, L., & Muharir. (2023). Pelatihan Penggunaan Platform Desain Grafis dan Konten Publikasi dengan Aplikasi Canva sebagai Media Penunjang dalam Meningkatkan Penjualan pada Siswa Kejuruan Kuliner. Jurnal Pelayanan Hubungan Masyarakat, 1(2), 27-43. DOI: https://doi.org/10.59581/jphm-widyakarya.v1i2.480.
Fitri, A. & Syahrani. (2021). Kajian delapan Standar Nasional Penelitian yang harus dicapai Perguruan Tinggi. Adiba: Journal of Education, 1(1), 88-96.
Gallagher, J. R., Wang, H., Modaff, M., Liu, J., dan Xu, Y. (2023). Analyses of Seven Writing Studies Journals, 2000-2019, Part II: Data-Driven Identfication of Keywords. Computers and Composition, 67, 1-18. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compcom.2023.102756.
Hamalik, O. (2014). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
IAIN Palangka Raya. (2023). Visi dan Misi IAIN Palangka Raya. Retrieved from https://www.iain-palangkaraya.ac.id/site/.
Irma, Z.U., & Kustijono, R. (2017). Development of Android Mobile Learning Using App Inventor to Train High School Student’s Science Process Skill. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 6(3), 224-230. DOI: https://doi.org/10.26740/ipf.v6n3.p%25p.
Ismail, I. dan Elihami, E. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. Maspul Journal of Community Empowerment, 1(1), 12-20. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.
Jayanti, F. dan Fachrurazi, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Discovery dengan Menggunakan Media Gambar pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Pontianak. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 6(2), 329-339. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2491.
Juniarti, Y. (2019). Pentingnya Keterampilan Menulis Akademik di Perguruaan Tinggi. Prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya. 2(1), 185-189.
Karamustafaoğlu, S. (2011). Improving the Science Process Skills Ability of Science Student Teachers Using I Diagrams. International Journal of Physics and Chemistry Education, 3(1), 26-38. DOI: https://doi.org/10.51724/ijpce.v3i1.99.
Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan, H., Hakim, L., dan Sanulita, H. (2023). Teknik Penulisan Karya Ilmiah: Cara membuat Karya Ilmiah yang Baik dan Benar. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Leksono, M.L. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) Pada Tugas Makalah dan Laporan Praktikum Mahasiswa IT Telkom Purwokerto. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 116-120.
Manesi, D., Zaini, A., Silitonga, T. B., & Tnunay, I. (2023). Latihan Pemanfaatan Mendelay Untuk Citasi dan Referensi Bagi Kadet Mahasiswa Permesinan Kapal Unhan RI. Abdi Masyarakat, 5(1), 2166-2171.
Marwa & Dinata, M. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah dan Publikasi di Jurnal Bagi Guru SMAN 4 Tualang, Kabupaten Siak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 71-82. DOI: https://doi.org/10.30653/002.202051.256.
Mendoza, L., Lehtonen, T., Ylänne, S.L., dan Hyytinen, H. (2022). Exploring First-Year University Students’ Learning Journal: Conceptions of Second Languange Self-Concept and Self-Efficacy For Academic Writing. System, 106, 1-12. DOI: https://doi.org/10.1016/j.system.2022.102759.
Nurgiansah, T.H. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Mahasiswa PPKn Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 1(1), 16-23. DOI: http://dx.doi.org/10.47747/pengabdiankepadamasyarakat.v1i1.114.
Pardjono, Nuchron, Surono, dan Ramdani, S.D. (2017). Analisis Faktor-faktor Penghambat Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa PPs UNY pada Jurnal Internasional. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 139-147. http://dx.doi.org/10.21831/dinamika.v2i2.16002.
Prodi Tadris Fisika. (2022). Visi Keilmuan Program Studi Tadris Fisika. Retrieved from http://fisika.ftik.iain-palangkaraya.ac.id/.
Purwanto, M.N. (2006). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurwulan, P., Purwono, dan Hasyim F. (2021). Metodologi Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan Mix Method). Jakarta: Guepedia.
Putera, Z.F., Shofiah, N., & Widiowati, T. (2023). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Pemilihan Topik Tulisan Akademik. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajarannya, 18(1), 11-25. DOI: https://doi.org/10.23887/prasi.v18i01.60389.
Putra, S. R. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.
Ramaniyar, E., Alimin, A.A., dan Hariyadi. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1). 34-49.
Riazi, A. M., Rezvani, R., dan Ghanbar, H. (2023). Trustworthiness in L2 Writing Research: A Review and Analysis of Qualitative Articles in the Journal of Second Languange Writing. Research Methods in Applied Linguistics, 2(3), 1-14. DOI: https://doi.org/10.1016/j.rmal.2023.100065.
Sari, I.K., & Dwikoranto. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Guided Discovery pada Materi Fluida Statis untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X di SMAN 1 Puri Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 5(3), 40-44.
Septafi, G. (2021). Analisis Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Angkatan 2019. Educational Technology Journal, 1(2), 1-16. DOI: http://dx.doi.org/10.26740/etj.v1n2.p1-16.
Supriatna, E., Simanjuntak, V., Yanti, N., dan Perdana, R.P. (2021). Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa Olahraga untuk Publikasi Ilmiah. Promotif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 170-177.
Wena, M. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Hadma Yuliani, Mai Ratih Kumalasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.