Pelatihan Penggunaan Fitur Kesehatan Digital Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak

Authors

  • Aminudin Zakaria Universitas Negeri Surabaya
  • Afaurina Indriana Safitri Universitas Negeri Surabaya
  • Nadila Wahyu Pertiwi Universitas Negeri Surabaya
  • M. Aflah Rizqi Febrianto Universitas Negeri Surabaya
  • Hanan Zaki Alhusni Universitas Negeri Surabaya
  • Saiyidah Mahtari Universitas Lambung Mangkurat
  • Meta Yantidewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n1.p22-27

Keywords:

Fitur Kesehatan digital, Kecanduan, Gadget

Abstract

Teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat ketika memasuki abad ke-20 serta memberikan dampak besar berupa perubahan dalam kehidupan manusia. Salah satu hal yang mampu memberikan perubahan besar dalam kehidupan manusia ialah gadget. Gadget merupakan barang yang memiliki kecanggihan memuat berbagai macam aplikasi serta menyediakan hal yang menjadi kebutuhan manusia. Di sisi lain, kemajuan teknologi berdampak pada perkembangan gadget tersebut memberikan dampak dalam kehidupan manusia, terutama bagi tumbuh kembang anak yaitu secara tidak langsung mampu memengaruhi kesehatan tubuh manusia, merubah sikap social anak, serta mampu menurunkan jiwa kreativitas siswa. Oleh karena itu, penulis menggagas kegiatan sosial dengan judul “Pelatihan Penggunaan Fitur Kesehatan Digital untuk Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak-Anak”. Tujuan dari penulisan karya ini adalah untuk meningkatkan kesadaran orang tua serta anak agar bijak dalam menggunakan gadget. Metode penulisan yang digunakan dalam karya tulis ilmiah ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa kuisioner untuk memperkuat gagasan yang diajukan. Pada kuesioner, dapat dilihat masih rendahnya kesadaran masyarakat akan bahaya penggunaan gadget yang berlebihan serta pengetahuan fitur kesehatan untuk monitoring dan control penggunaan gadget. Dapat diketahui sebanyak 90% peserta dapat memasang fitur kesehatan digital dan timer aplikasi. 10% belum dikarenakan smartphone yang digunakan masih menggunakan sistem operasi dibawah android 8.1.

References

Berlianti, N.A., Hayati, N., Af’idah, N., Manasikana, O. A., & Wijayadi, A. W. (2021). Sosialisasi Resiko Paparan Radiasi Gelombang Elektromagnetik yang dihasilkan oleh Smartphone terhadap Pertumbuhan Otak Anak. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 663–670. DOI: 10.21067/jpm.v6i2.5399

Azmin, N. (2022). Strategi Pendampingan Orang Tua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak di Kecamatan Sape. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 4(2), 10–13.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. INFOKAM, XV(II), 116–123.

Khadijah, Syahna, T.D., Batubara, F, & Shafira, D. (2022). Permasalahan Penggunaan Gadget Pada Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 429–434. DOI: 10.37058/jpls.v6i1.3140

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. DOI: 10.33373/kop.v5i2.1521

Novitasari, N. (2019). Strategi Pendampingan Orang Tua terhadap Intensitas Penggunaan Gadget pada Anak. Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 167–188. DOI: 10.35896/ijecie.v3i2.77

Solikah, S.N., & Trisnowati, T. (2022). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Dengan Ketajaman Mata Pada Anak Usia 10-12 Tahun Dimasa Pandemi Covid -19. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 4(3), 835–844.

Rao, P.S. (2019). The Role of English as Global Language. Research Journal of English (RJOE), 4(1), 66–79.

Rini, N. M., Pratiwi, I. A., & Ahsin, M. N. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1236–1241.

Rohana, F., & Hartini, S. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Di Sdn 02 Banyuurip Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 9(2), 137-145. DOI: 10.31596/jcu.v9i2.594

Salsabila, U.H., Ilmi, M.U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(1), 104–112. DOI: 10.31004/joe.v3i01.348

Sholeh, M., Rachmawati, R. Y., & Andayati, D. (2022). Edukasi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Dan Media Internet Yang Berlebihan Bagi Anak-Anak. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 69–77. DOI: 10.52060/jppm.v3i1.670.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Zakaria, A., Safitri, A. I., Pertiwi, N. W., Febrianto, M. A. R., Alhusni, H. Z., Mahtari, S., & Yantidewi, M. (2023). Pelatihan Penggunaan Fitur Kesehatan Digital Untuk Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak-Anak. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1), 22–27. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n1.p22-27

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.