Pelatihan Canva untuk Melatihkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Bagi Peserta Didik dan Guru SMP

Authors

  • Entang Wulancahayani Universitas Negeri Surabaya
  • Alifia Royani
  • Anggian Anggraeni Universitas Negeri Surabaya
  • Khofidotul Wakfiyah Universitas Negeri Surabaya
  • Nofefta Gola Universitas Negeri Surabaya
  • Ferina Rahmadanty Universitas Negeri Surabaya
  • Silamai Tya Mariani Famani Universitas Negeri Surabaya
  • Nandaru Dyaz Universitas Negeri Surabaya
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya
  • Munasir Munasir Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p42-49

Keywords:

Canva, Komunikasi, Kreativitas

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut guru dan peserta didik untuk memadukan pengetahuan, keterampilan dan sikap serta penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk upaya dalam mengembangkan keterampilan abad 21 adalah diadakannya pelatihan canva yang bertujuan sebagai wadah untuk membantu guru dan peserta didik dalam mempersiapkan diri menjadi individu yang memiliki keterampilan abad 21. Penelitian ini dilakukan di SMP Nurul Huda Surabaya dengan jumlah peserta pelatihan sebanyak 25 peserta didik kelas VII, 22 peserta didik kelas VIII, dan 10 orang guru. Pelatihan dilakukan selama 2 hari pada tanggal 20 Mei 2023 dan 19 Juni 223. Setelah pelatihan, peserta diberikan angket untuk mengetahui keterampilan komunikasi dan kreativitas. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa pelatihan yang dilakukan pada peserta didik dan guru memberikan dampak positif. Keterampilan komunikasi dan kreativitas peserta didik dan guru meningkat dengan baik.

References

Afni, N., Wahid, A., Hastati, S., Jumrah, A.M., & Mursidin, M. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Abad 21 di SD Negeri 126 Borong Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Madaniya, 2(2), 137–278. DOI: https://doi.org/10.53696/27214834.66.

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, A.P.N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266–270. DOI: https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.16187.

Fitria, V.A., Habibi, A.R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–82. DOI: https://doi.org/10.32528/mujtama'.v1i2.5050.

Haug, B.S. & Mork, S.M. (2021). Taking 21st Century Skills from Vision to Classroom: What Teachers Highlight as Supportive Professional Development in the Light of New Demands from Educational Reforms. Teaching and Teacher Education, 100, 103–286. DOI: https://doi.org10.1016/j.tate.2021.103286.

Mahardika, A.I., Wiranda, N, & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281. DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2817.

Mustika, I., Latifah, & Primandhika, R.B. (2020). Pembelajaran Saintifik Berbasis ICT untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar Guru di Kecamatan Cagak Kabupaten Subang Jawa Barat. Abdimas Siliwangi, 3(2), 339-350. Retrieved from: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/3593.

Peña-Ayala, A. (2021). A Learning Design Cooperative Framework to Instill 21st Century Education. Telematics And Informatics, 2, 1–16. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tele.2021.101632.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A.T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva,. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undhiksha, 12(2), 317–327. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i2.30179.

Rusdiana, R.Y., Putri, W.K., & Sari, V.K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213. DOI: https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i3.952.

Tangsi, T., Satriadi, S., & Muhaemin, M. (2016). Pembuatan Materi Pembelajaran dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN Pao-Pao Kab Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1129–1134.

Tiawan, Musarwarman, Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476–480. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.417.

Wijaya, I.G.N.S., Ciptahadi, K.G.O.C., Ayuningsih, N.P.M., Yasa, I.G.D., & Adnyani, N.K.E.P. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Canva Bagi Guru SDN Tulangampiang Denpasar di Masa Pandemi Covid-19. Integritas: Jurnal Pengabdian, 5(2), 248–257. DOI: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1143.

Downloads

Additional Files

Published

2023-10-13

How to Cite

Wulancahayani, E., Royani, A., Anggraeni, A., Wakfiyah, K., Gola, N., Rahmadanty, F., … Munasir, M. (2023). Pelatihan Canva untuk Melatihkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Bagi Peserta Didik dan Guru SMP. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(2), 42–49. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n2.p42-49

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)