Karas Cerdas Bertalenta: Implementasi Lomba Cerdas Cermat dan Bakat Minat dalam Meningkatkan Kecerdasan dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p1-6Keywords:
Karas Cerdas Bertalenta, Lomba Cerdas Cermat, Lomba Bakat MinatAbstract
Kegiatan Karas Cerdas Bertalenta dilaksanakan bertepatan dengan semarak hari pahlawan dengan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai ajang untuk mengembangkan potensi diri anak, khususnya dalam bidang kecerdasan serta kreativitas siswa sekolah dasar di Desa Karas. Karas Cerdas Bertalenta dibagi ke dalam dua jenis lomba yakni Lomba Cerdas Cermat dan Lomba Bakat Minat. Kegiatan Karas Cerdas Bertalenta dikhususkan bagi siswa siswi jenjang SD/MI Sederajat di Desa Karas. Peserta Lomba Cerdas Cermat dibagi dalam kategori A yang terdiri dari kelas 1 sampai 3 dan kategori B yang terdiri dari siswa kelas 4 sampai 6. Sedangkan Lomba Bakat Minat diperkenankan diikuti oleh individu maupun berkelompok maksimal 3 anggota. Pelaksanaan Lomba Cerdas Cermat terdiri dari 2 sesi dengan 2 babak permainan yakni babak penyisihan dan babak final. Untuk Lomba Bakat Minat akan diambil 3 pemenang dengan poin tertinggi yang dinilai oleh juri. Semua rangkaian Karas Cerdas Bertalenta berjalan dengan lancar dan diperoleh masing masing 3 pemenang dari Lomba Cerdas Cermat kategori A maupun kategori B begitupun dengan lomba bakat minat. Dengan adanya kegiatan ini, potensi pada diri siswa siswi sekolah dasar di Desa Karas dapat tersalurkan dengan baik dan mendapat respon yang positif.
References
Abidin, Z., & Nasirudin, N. (2021). Pengembangan bakat dan minat peserta didik di madrasah ibtidaiyah miftahul muna kesilir banyuwangi. EDUCARE: Journal of Primary Education, 2(2), 119-134. DOI: https://doi.org/10.35719/educare.v2i2.50.
Aciakatura, C., Magdalena, I., Zahranisa, A., & Zahro, N. L. (2021). Analisis pengembangan minat dan bakat siswa pada siswa sekolah dasar. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(2), 89-94. DOI: https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i2.15.
Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwiyata. Islamika, 2(1), 161-169. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v2i1.570.
Anugrah, I. (2020). Pelaksanaan wawasan kebangsaan di kalangan peserta didik (studi di satuan pendidikan sma negeri 10 makassar) (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).
Faisal, M., Pangeran, M. A. I., Andrian, R., Darmawan, M. H., Rahmatullah, M. F., Lusaima, A., & Citra, D. (2022). Pengembangan Potensi Minat dan Bakat Masyarakat Desa Lariang Melalui Kegiatan Lomba Islami dan Bulutangkis. Jurnal Lepa-Lepa Open, 2(5), 1300–1318. Retrieved from: https://ojs.unm.ac.id/JLLO/article/view/29025.
Faiz. (2016). Profil Desa Karas Magetan. Retrieved from: https://issuu.com/faizyajri/docs/profil_desa_karas__kec._karas_maget.
Fatimah, M. M., Abdulkarim, A., & Iswandi, D. (2020). Meningkatkan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Peserta Didik melalui Literasi Digital. Jurnal Civicus, 20(1), 31-39. DOI: https://doi.org/10.17509/civicus.v20i1.16327.
Khasanah, E. N., Nisabila, R., Yulianti, D. P., Rasyadan, I., & Prasetyawati, M. (2022, October). Meningkatkan Keaktifan Serta Kreativitas Anak Sekolah Dasar Melalui Lomba Cerdas Cermat dan Adzan di Jl. Semanggi RW03. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Magdalena, I., Septina, Y., Zahra, R. A., & Pratiwi, A. D. (2020). Cara mengembangkan bakat peserta didik. BINTANG, 2(3), 278-287. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang/article/view/965.
Ramadhani, A. N., Sitanggang, K. M. O., Cahyani, A., Rizky, M. A., Harianto, S. F., & Rahmatin, L. S. (2024). Lomba Cerdas Cermat sebagai metode inovatif pengembangan minat belajar siswa SDN Kalisari 1 Surabaya. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 8(3), 631–639. DOI: https://doi.org/10.29407/ja.v8i3.23562.
Sa’diyah, L. L., Dewi, S., Alfiah, L. C., Nugraha, V. A., Saregar, A., & Deta, U. A. (2023). Penerapan Cerdas Cermat Ceria untuk meningkatkan pengetahuan numerasi dan numerik siswa SD Negeri Sidobandung 1 dan SD Negeri Sidobandung 2. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1), 6-10. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n1.p6-10.
Shilviana, K., & Hamami, T. (2020). Pengembangan Kegiatan Kokurikuler dan Ekstrakurikuler. Palapa : Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 159–177. DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.705.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Dina Sephiana, Alya Roihana, Khofifah Luthfi F, Kharisma Nabila

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





