Generasi Cerdas dan Demokratis: Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMA Melalui Yel Yel Suara Demokrasi
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p72-79Keywords:
Demokrasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Yel Yel, Pendidikan KarakterAbstract
Pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dalam pendidikan saat ini. Salah satu bentuk implementasinya adalah melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang dalam penelitian ini diwujudkan melalui pembuatan yel-yel bertema demokrasi di tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan P5 dalam menanamkan nilai demokrasi serta dampaknya terhadap karakter dan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi di salah satu SMA di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini meningkatkan pemahaman siswa tentang demokrasi, memperkuat keterampilan sosial seperti musyawarah dan kerja sama, serta mendorong kreativitas dalam penyusunan lirik dan gerakan yel-yel. Temuan ini menegaskan bahwa kegiatan berbasis P5 dapat menjadi strategi efektif dalam mengintegrasikan pendidikan demokrasi dan penguatan karakter di sekolah. Implikasi penelitian ini memberikan wawasan bagi institusi pendidikan untuk mengadopsi metode serupa dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa.
References
Adilla, P., Purwanto, H. Sarwan, S., & Risma, M. (2024). Pendampingan dan Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dimensi Berkebinekaan Global dengan Tema Suara Demokrasi di SMPN 5 Pangean. Jurnal Pengabdian Untukmu Negeri, 8(3), 332-337. DOI: https://doi.org/10.37859/jpumri.v8i3.7831.
Akhyar, M., Remiswal, & Khadijah. (2024). Pelaksanaan Evaluasi P5 dalam Meningkatkan Kreativitas dan Kemandirian Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 VII Koto Sungai Sariak. Instructional Development Journal (IDJ), 7(2), 362-372. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v7i2.30158.
Allolinggi, L.R. & Tangkearung, S.S., Pasauran, S.A., Alexander, F. & Allo, M.R. (2024). Strategi Guru dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 4596-4605. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4448.
Analisah, C.D.C., & Purwaningsih, A.A. (2022). Satu Suara untuk Perubahan: Sebuah Projek untuk Mengajak Peserta Didik Menjadi Warganegara yang Baik dan Cerdas. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 2(1), 53–67. DOI: https://doi.org/10.56480/eductum.v2i1.919.
Arzfi, B.P., Montessori, M., & Rusdinal, R. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 747–753. DOI: https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i2.1405.
Bakari, A., Amala, R., Datunsolang, R., Mala, A.R., & Hamsah, R. (2024). Analisis Manajemen Pembelajaran Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 12(1), 145–158. DOI: https://doi.org/10.30603/tjmpi.v12i1.4838.
Damayanti, A.M., Ilmiyah, M., & Maulida, R.D. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK Negeri 1 Pasuruan. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 18(2), 268-274. DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v18i2.21332.
Darmawan, W., & Syahrin, A. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Suara Demokrasi dalam Memperkuat Partisipasi Siswa melalui Pemilihan OSIS. Jurnal Global Futuristik: Kajian Ilmu Sosial Multidisipliner, 2(2), 105-114. DOI: https://doi.org/10.59996/globalistik.v2i2.569.
Fadillah, Z.I. (2024). Manajemen Konflik pada Lembaga Pendidikan. JME Jurnal Management Education, 2(2), 42-49.
Fadli, M.R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54. DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Hamzah, M.R., Mujiwati, Y., Khamdi, I.M., Usman, M.I., & Abidin, M.Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(4), 553–559. DOI: https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309.
Kartini, U. & Kusmanto, A.S. (2022). Efektivitas Generasi Unggul Terhadap Penerapan Inovasi Berkarakter Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(8), 1463–1476. DOI: https://doi.org/10.53625/jpdsh.v1i8.2321.
Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Larosa, S., Hasibuhan, S.Y., Walean, R.R., Marbun, S., Ritonga, N., Berutu, P., Manalu, C., & Tuka, S. (2023). Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Metode Berbasis Aktivitas dan Proyek Kepada Peserta Didik di SMP Negeri 04 Menggala. DEDICATIO: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 74-84. Retrieved from: https://ejournal-iakn-manado.ac.id/index.php/dedikasi/article/view/1473.
Muktamar, A., Yusri, H., Amirulla, Amalia, B.R., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 1-8.
Nainggolan, M., Hutauruk, I.L.E., Siantar, R.A.L., & Manik, R.P. (2024). Pengaruh Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Solidaritas di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(4), 15090–15097. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.35891.
Purnama, N.D., Miranda, D., & Amalia, A. (2024). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pengembangan Bahasa Reseptif Anak Usia 5-6 Tahun. Chatra: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(3), 114-121. DOI: https://doi.org/10.62238/chatra.v2i3.124.
Rahma, M., Saragih, A.L., Meilani, E., Siregar, F., Heriani, N.A., & Siregar, W.M. (2024). Menumbuhkan Tunas Demokrasi Sejak Dini: Inovasi Pembelajaran PKn di SDN 106813 Amplas untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa Kelas 3. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 339-345. Retrieved from: https://jicnusantara.com/index.php/jiic/article/view/417.
Rahmawati, M., Rakhman, P.A., & Rokmanah, S. (2023). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SDN Blok I Cilegon. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 10(1), 66–74. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v10i1.15903.
Sabarniati, K.I. & Istanto. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Al-Islam Kemuhammadiyahan di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 2 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1375-1392. DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.584.
Sabina, S., & Kabatiah, M. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Tema P5 Suara Demokrasi di SMPN 1 Percut Sei Tuan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 195–208. DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7924.
Shalehah, N.A. (2023). Pembelajaran Berbasis Proyek Sebagai Bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan PAUD. Islamic EduKids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 14–24. DOI: https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7139.
Simanjuntak, D.S.A. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran IPS: (Penelitian Deskriptif-Kualitatif di SMP Negeri 6 Kota Balikpapan pada Pembelajaran IPS di Kelas VII Tahun Ajaran 2023/2024). The Indonesian Journal of Social Studies, 7(1), 158–181. DOI: https://doi.org/10.26740/ijss.v7n1.p158-181.
Sofiyan, F.H., Sanusi, A.R. & Susanto, E. (2024). Peran Guru Pendidikan Pancasila pada Proyek Suara Demokrasi dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Politik Siswa Kelas XI di SMAN 5 Karawang. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 8(2), 123–133. DOI: https://doi.org/10.31571/jpkn.v8i2.7842.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128. Retrieved from: https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/42318.
Zahra, F.A. & Nabila, D. (2024). Pendidikan Demokrasi Sebagai Alat Penguat Kebhinekaan dan Toleransi di Sekolah. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 2(4), 157–168. DOI: https://doi.org/10.61722/jipm.v2i4.259.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Aini Arisanti, Dian Tri Septiningtyas, Muhammad Habibbulloh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.