Mengenal Warisan Budaya Surabaya melalui Diorama Edukasi pada Program P5

Authors

  • Athalia Eka Nur Hidayah
  • Luthfiyaul Laila Universitas Negri Surabaya
  • Isri'il Ma'arij Universitas Negeri Surabaya
  • Anang Rifai’ SMAN 10 Surabaya
  • Utama Alan Deta Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p64-71

Keywords:

Diorama, Kearifan Lokal, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Sejarah

Abstract

Kota Surabaya yang menjadi salah satu kota yang penuh sejarah dan kaya akan kearifan lokal memerlukan upaya serius untuk melindungi dan menghidupkan kembali kekayaan lokal, nilai-nilai ini lambat laun akan memudar dan kehilangan relevansinya di tengah masyarakat. Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan untuk mengajarkan sejarah dan melestarikan kearifan lokal dengan mengintegrasikan dengan seni, salah satunya melalui pembuatan diorama dengan teman kearifan lokal Kota Surabaya. Kegiatan P5 dilaksanakan di salah satu sekolah menengah atas Kota Surabaya dengan subyek peserta didik kelas XI. Proyek ini dilaksanakan kurang lebih selama enam minggu. Salah satu hasil diorama peserta didik yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga mampu mengomunikasikan nilai-nilai sejarah dan pemanfaatan barang bekas kepada penikmat seni diorama adalah diorama mengenai Monumen Bambu Runcing. Penerapan metode ini memiliki dampak positif terhadap pemahaman peserta didik tentang kearifan lokal. Hasil dari proyek ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik tidak hanya dapat menghasilkan karya seni yang menarik tetapi juga dapat belajar menghargai nilai-nilai budaya lokal. Hal ini menjadi bukti bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek merupakan metode yang efektif untuk mengintegrasikan pendidikan budaya ke dalam kurikulum sekolah. Selain memberikan pengalaman belajar yang bermakna, kegiatan ini juga mengembangkan keterampilan kreatif, kolaboratif, dan kritis peserta didik, yang menjadi fondasi penting dalam menghadapi tantangan era Society 5.0.

References

Abdullah, M. 2017. Fisika Dasar I. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Afandi, A. (2024). Pemanfaatan Canva dalam Project Based Learning (Pjbl) Sebagai Strategi Efektif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik di Kelas XI. A. 3 SMA Negeri 14 Gowa. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3), 964-971. https://doi.org/10.31970/pendidikan.v6i3.1514

Alrianingrum, S. (2010). Cagar Budaya Surabaya Kota Pahlawan Sebagai Sumber Belajar (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial di Universitas Negeri Surabaya) Doctoral dissertation. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Retrieved from: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/16006/Cagar-budaya-Surabaya-kota-pahlawan-sebagai-sumber-belajar-studi-kasus-mahasiswa-pendidikan-sejarah-fakultas-ilmu-sosial-di-Universitas-Negeri-Surabaya

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68-82. DOI: https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415.

Antoni, A., Thariq, D., Fathul, M., & Wijaya, S. (2024). Sejarah Kemerdekaan Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(1), 534-550. Retrieved from: https://journalpedia.com/1/index.php/jip/article/view/706.

Aryani, R., Khaira, U., A, M.R., Arsa, D., & Saputra, E. (2024). Pedampingan Pemanfaatan Virtual Tour Museum Siginjei dalam Mendukung Pembelajaran Sejarah dan Budaya Jambi Di SMA IT Ash Shiddiiqi. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(1), 151–156. DOI: https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i1.430.

Fitriyani, E., Budiana, S., & Nur’Azizah, H. (2024). Implementasi Media Diorama Pada Pembelajaran IPAS Kelas III DI SDN Layungsari 2. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 299-309. DOI: https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.4037.

Fricticarani, A., Hayati, A., Ramdani, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). Strategi Pendidikan Untuk Sukses di Era Teknologi 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56-68. DOI: https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173.

Karomatunnisa, A.Z.A., Sholih, J.A.U., Hanifah, N., & Prihantini, P. (2022). Meta Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 13(2), 522-528. DOI: https://doi.org/10.26418/j-psh.v13i2.54755.

Khasanah, I.L., Kurnia, H., & Wahono, J. (2024). Pengaruh Integrasi Seni Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Terhadap Motivasi Belajar Peserta didik SMKN 3 Kasihan Bantul. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 14(1), 33-39. DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v14i1.19040.

Kurniati, K. (2023). Peran Perpustakaan dalam Melestarikan Warisan Budaya dan Sejarah Lokal. THE LIGHT: Journal of Librarianship and Information Science, 3(2), 102-114. Retrieved from: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/light/article/view/8783.

Murdiana, M., Pratama, A.R., Lathifa, N., Ramadhan, A., & Iswandi, I. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Minangkabau Melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 184-192. DOI: https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v4i1.169.

Musdalifah, A., Halidjah, S., & Ghasya, D.A.V. (2024). Analisis Keterlaksanaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SDN 03 Pontianak Kota. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 7406-7413. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v4i4.13834.

Nafaridah, T., Maulidia, L., Ratumbuysang, M.F.N.G., & Kesumasari, E.M. (2023). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin. PROSPEK, 2(2), 84-97. Retrieved from: https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/prospek/article/view/2583.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Pembelajaran Berbasis Proyek pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(1), 17-34. DOI: https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769

Oktaviasary, A., & Sutini, A. (2024). Gempuran Budaya Modern terhadap Budaya Lokal Generasi Alpha: Tinjauan Literatur Review. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(4), 4330-4337. DOI: https://doi.org/10.30605/onoma.v10i4.4123

Perdana, A. (2020). Nilai Budaya Naskah La Galigo dan Perahu Pinisi di Museum untuk Generasi Milenial. Walasuji, 11(1), 153-169. DOI: https://doi.org/10.36869/wjsb.v11i1.72.

Prayogo, D. (2019). TA: Pengembangan Produk Lampu Dinding Kamar Tidur Bernuansa Heritage Kota Surabaya. Doctoral dissertation. Surabaya: Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya.

Putri, W., Leuwol, F.S., & Lasaiba, M.A. (2024). Improving Students' Understanding of Disaster Mitigation Through Problem-Based Learning (PBL). GEOFORUM Jurnal Geografi dan Pendidikan Geografi, 3(2), 85-98. DOI: https://doi.org/10.30598/geoforumvol3iss2pp85-98.

Rifa’i, Y. (2023). Analisis Metodologi Penelitian Kulitatif dalam Pengumpulan Data di Penelitian Ilmiah pada Penyusunan Mini Riset. Cendekia Inovatif Dan Berbudaya, 1(1), 31-37. DOI: https://doi.org/10.59996/cendib.v1i1.155.

Sani, M.H., & Yunanda, R.A. (2024). Penguatan Literasi Budaya dan Kewarganegaraan Berbasis Sekolah dalam Konteks Bhineka Tunggal Ika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(3), 516-526. Retrieved from: https://journalpedia.com/1/index.php/jpi/article/view/1936

Saraswati, D.A., Sandrian, D.N., Nazulfah, I., Abida, N.T., Azmina, N., Indriyani, R., Suryaningsih, S., Usman, U, & Lestari, I.D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang Sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 185-191. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.578.

Sinaga, A.V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education, 6(1), 2836-2846. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3324.

Siswanto, E. (2023). Pengembangan Model Project Based Learning Tentang Kenampakan Alam Dengan Media Diorama Untuk Peningkatan High Order Tingking Skill (HOTS) Siswa Kelas 4 SDN Punten 01 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 751-774. Retrieved from: https://jurnal.widyahumaniora.org/index.php/jptwh/article/view/143/154.

Vira, A., Fantiro, F.A., & Danawati, M.G. (2024). Pengembangan Media Diorama Energi Listrik Tenaga Air pada Pembelajaran IPA Kelas IV di Sekolah Dasar. Jago MIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(2), 366-374. DOI: https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.657.

Wardhana, A.P.S. (2024). Patriotisme dalam Foto Majalah Merdeka Edisi Enam Boelan Indonesia Merdeka, 1946. Patra Widya: Seri Penerbitan Penelitian Sejarah dan Budaya, 25(1), 93-114. DOI: https://doi.org/10.52829/pw.472.

Downloads

Additional Files

Published

2024-12-29

How to Cite

Hidayah, A. E. N., Laila, L., Ma’arij, I., Rifai’, A., & Deta, U. A. (2024). Mengenal Warisan Budaya Surabaya melalui Diorama Edukasi pada Program P5. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 64–71. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p64-71

Most read articles by the same author(s)