Physics Community Services: Analisis Bibliometrik dari Tahun 1965 Hingga 2023 dan Dampaknya Terhadap Bidang Fisika

Authors

  • Mozza Pinkan Edelweiss Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Utama Alan Deta Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Alfi Nurlailiyah SMA Negeri 1 Waru, Sidoarjo
  • Trise Nurul Ain STKIP AL Hikmah Surabaya
  • Misbah Misbah Universitas Lambung Mangkurat
  • Antomi Saregar UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p25-34

Keywords:

Physics Community Services, Visualisasi Bibliometrik, Tren Publikasi, Kolaborasi Global, Sustainable Development Goals (SDGs)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan menjadi kebutuhan utama di era perkembangan teknologi informasi yang pesat ini, salah satunya melalui pembelajaran fisika yang menerapkan pengembangan pengembangan IPTEK. Tujuan penelitian adalah menganalisis literatur bibliometrik tentang layanan komunitas fisika yang terindeks dalam basis data Scopus dari tahun 1965 hingga 2023. Metode yang digunakan adalah analisis bibliometrik dengan bantuan data base Scopus yang dianalisis menggunakan perangkat lunak VOSviewer untuk memetakan hubungan antar kata kunci dan mengidentifikasi tren publikasi, Microsoft Excel untuk menyusun statistik deskriptif dan tren publikasi, dan Microsoft Word untuk dokumentasi dan pelaporan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode tersebut, terdapat 680 artikel yang diterbitkan. Kata kunci utama yang dominan meliputi service, science, dan research, yang menyoroti peran penting layanan fisika dalam penelitian, kolaborasi global, dan pendidikan berbasis teknologi. Layanan komunitas fisika memiliki peran penting dalam mendukung pembelajaran interaktif, meningkatkan literasi sains, dan mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan di era teknologi. Kesimpulannya, pengembangan layanan ini memberikan peluang besar untuk dihubungkan dengan topik lain seperti inovasi pendidikan, energi terbarukan, dan teknologi digital, sehingga mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan keberlanjutan pendidikan fisika di masa depan.

References

Andini, R. (2023). Inovasi teknologi untuk pariwisata hijau: Solusi berkelanjutan di era modern. Jurnal Kajian Pariwisata dan Perhotelan, 1(2), 39-44. Retrieved from: https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jkph

Andri, R. M. (2017). Teknologi pendidikan: Proses dan konsep. Jakarta: Pustaka Edukasi.

Bola, S., Azis, A., & Yani, A. (2020). Penerapan pendekatan ilmiah terhadap praktikum fisika. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF), 3, 237-243. DOI: https://doi.org/10.35580/jspf.v16i3.16467.

Darmaji, D., Kurniawan, D.A., Astalini, & Nasih, N. R. (2019). Persepsi mahasiswa pada penuntun praktikum fisika dasar II berbasis mobile learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(4), 516-523. DOI: http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12345.

Fatmi, N. A., Arsyad, M., & Helmi. (2019). Peningkatan minat dan hasil belajar fisika melalui penerapan model PBI (Problem Based Instruction) berbantuan media PowerPoint pada peserta didik kelas Xd1 SMK Negeri 1 Parepare. Thesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar. Retrieved from: https://eprints.unm.ac.id/12641/.

Fardela, R., Mardiansyah, D., Yusfi, M., Namigo, E. L., Afdal, Vonnisa, M., Muldarisnur, Harmadi, Sutantyo, T. E. P., Irka, F. H., Mahyudin, A., Firmawati, N., & Milvita, D. (2022). Optimalisasi pemanfaatan media online PhET simulation untuk upaya peningkatkan pemahaman konsep fisika di SMA N 2 Harau. Indonesian Journal of Community Empowerment and Service (ICOMES), 2(2), 58–62. DOI: https://doi.org/10.33369/icomes.v2i2.24459.

Gunawan, G., Harjono, A., Sahidu, H., & Gunada, I. W. (2019). Pelatihan pemanfaatan teknologi informasi bagi guru IPA fisika di Lombok Barat. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 120-127. DOI: https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1030.

Handayani, R.D., Ryskiadi, A., Machrus, A., & Acik, R. (2015). Penerapan lesson study untuk meningkatkan kemampuan mengajar mahasiswa calon guru fisika. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1), 27-31. Retrieved from: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmipa/article/view/36194.

Harefa, D. (2020). Pengaruh persepsi guru IPA fisika atas lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru SMA di Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Education and Development, 8(3), 112-116. Retrieved from: https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1918.

Khoiro, M., Supardi, Z.A.I., Suprapto, N., & Admoko, S. (2022). Pelatihan penulisan artikel ilmiah untuk memfasilitasi publikasi anggota MGMP Fisika Kota Surabaya. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(4), 732-741. DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.965.

Liza, S. (2021). Upaya peningkatan minat dan hasil belajar fisika siswa kelas XII IPA 3 SMAN 3 Muaro Jambi melalui media pembelajaran animasi 3 dimensi tahun pelajaran 2018/2019. SCIENCE: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 170-176. DOI: https://doi.org/10.51878/science.v1i2.522.

Lutfi, H., Haris, R., Kurnia, A., Hasin, A., & Siswanto, W. (2024). Systematic literature review: Efektivitas pembelajaran berbasis e-learning pada perguruan tinggi di era Society 5.0. Journal on Education, 7(1), 4004-4013. DOI: https://doi.org/10.36312/linov.v7i4.965.

Mardiansyah, D., Sutyanto, T.E.K., Fardela, R., Puryanti, D., Irka, F.H., Isdi, M.R., Herviyana, Dahlianum, & Musra, F. (2023). Pengabdian masyarakat dengan meningkatkan minat siswa kelas X SMA N 2 Gunung Talang terhadap pelajaran fisika. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 4760-4765. DOI: https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i4.2218

Mardiansyah, D., Muttaqin, A., Fardela, R., Irka, F.H., Astuti, H., Handani, S., Harmadi, D., Zulfi, R., Shafii, M.A., Budiman, A., Elvaswer, M., Mora, & Wildian. (2023). Pengelolaan laboratorium bagi guru-guru fisika dan perancangan laboratorium percontohan di SMAN 2 Harau. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 69-77. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.3632.

Marwoto, P., Sopyan, A., Linuwuh, S., Subali, B., & Ellianawati. (2013). Peningkatan kemampuan menulis artikel ilmiah sains guru sekolah dasar melalui kegiatan pengabdian masyarakat. Jurnal ABDIMAS, 17(2), 111-116. DOI: https://doi.org/10.15294/abdimas.v17i2.10300.

Muttaqin, A., Pohan, A.F., Taufiq, I., & Mardiansyah, D. (2023). Sekolah binaan-HIMAFI Universitas Andalas mengajar SMP 41 Padang. BERNAS, 4(2), 1259-1264. DOI: https://doi.org/10.31949/jb.v4i2.4670.

Muttaqin, R., Setyaningsih, N.E., & Nurbaiti, U. (2023). Pengembangan modul praktikum fisika dasar digital pada materi listrik magnet sebagai upaya adaptasi kebiasaan baru. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan, 5(1), 20-29. DOI: https://doi.org/10.14710/jplp.1.1.20-29.

Napirah, M., Sahara, L., Hunaidah, M., & Alkamalia, W. (2023). Penyuluhan peran ilmu fisika dalam kehidupan dan pengenalan laboratorium virtual fisika pada siswa Madrasah Aliyah. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 113-120. DOI: https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v5i1.126.

Napirah, M., Tahang, L., Naim, S., Syarifuddin, & Abdin. (2022). Pelatihan pengembangan laboratorium virtual berbasis Microsoft PowerPoint bagi guru SMA. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 54-60. DOI: https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v4i1.40.

Nurdianto, N., Safiuddin, L.O., & Eso, R. (2020). Simulasi persamaan difraksi Fraunhofer pada celah lingkaran dengan menggunakan Visual Basic for Application (VBA) spreadsheets Excel. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(3), 215. DOI: https://doi.org/10.36709/jipfi.v5i3.1381.

Panjaitan, M. B., & Siadari, M. D. (2021). Analisis literasi sains pada buku teks fisika SMA kelas XI. Jurnal Ilmiah Maksitek, 6(2), 1-5. Retrieved from: https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/240.

Pasaribu, S. D. (2017). Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran talking stick pada materi listrik dinamis di kelas X SMAN 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(1), 61-69. DOI: https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043.

Purnama, B. R., Liantoni, F., & Maryanti. (2024). Pemanfaatan Teknologi Cloud Computing dalam Pembelajaran Informatika di SMK. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(1), 88-95. Retrieved from: https://journal.uns.ac.id/index.php/ijolii/article/view/1306.

Purwasih, L., Kasli, E., & Susanna. (2022). Analisis kelengkapan fasilitas laboratorium fisika dalam pelaksanaan praktikum siswa di SMAN 2 Bandar Kabupaten Bener Meriah. Serambi Academika: Jurnal Pendidikan, Sains, dan Humaniora, 10(1), 15-20. Retrieved from: https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-akademika/article/view/3992

Rachman, G., Manuhutu, F., Jamaludin, J., Batlolona, J.R., Nurmin, N., & Risahondua, H. (2024). Sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi dan simulasi teknologi Internet of Things (IoT) di Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Maluku Tengah. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 136-147. DOI: https://doi.org/10.59431/ajad.v4i1.300.

Andri, R.M. (2017). Peran dan fungsi teknologi dalam peningkatan kualitas belajar. Jurnal Ilmiah Research Sains, 3(1), 122-129. DOI: https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.

Sari, K.T. (2019). Peningkatan minat belajar fisika melalui pembelajaran berbasis multiple intelligence bagi peserta didik SMK. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1), 260. DOI: https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.260.

Sugita, I., Liana, Y.R., Lestari, A.F., Rusilowati, A., & Subali, B. (2020). Penerapan model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika SMA. Physics Education Research Journal, 2(2), 141. https://doi.org/10.21580/perj.2020.2.2.6095

Sigiro, M., Nainggolan, J., Sitorus, P., Pardede, H., Siahaan, R.D., Lafau, B., & Guth, D. (2023). Pengabdian kepada masyarakat (PKM) internasional menggiatkan literasi sains (fisika) di SD dan SMP HKBP Sidorame bersama mahasiswa dari CEKO. Community Development Journal, 4(1), 888-893. Retrieved from: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/12622.

Wahyuni, R.S., Hunaidah, & Erniwati. (2023). Penerapan model pembelajaran CinQASE berbantuan Canva untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi fluida statis kelas XI SMA Negeri 1 Kulisusu. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 8(3), 171-177. DOI: https://doi.org/10.36709/jipfi.v8i3.58.

Yuberti, Y., Wardhani, D.K., & Latifah, S. (2021). Pengembangan mobile learning berbasis Smart Apps Creator sebagai media pembelajaran fisika. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(2), 90-95. DOI: https://doi.org/10.30631/psej.v1i2.746.

Downloads

Additional Files

Published

2024-06-29

How to Cite

Edelweiss, M. P., Deta, U. A., Nurlailiyah, A., Ain, T. N., Misbah, M., & Saregar , A. (2024). Physics Community Services: Analisis Bibliometrik dari Tahun 1965 Hingga 2023 dan Dampaknya Terhadap Bidang Fisika. Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(1), 25–34. https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n1.p25-34

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>