Integrasi Etnofisika dalam Pembelajaran Fisika SMA: Potensi Permainan Katapel sebagai Media yang Aman dan Menyenangkan

Authors

  • Heny Aryani Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Tri Diana Wilujeng SMA Dharma Wanita Surabaya
  • Diyah Ayu Octa Nova SMA Dharma Wanita Surabaya
  • Suliyanah Suliyanah Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwin Puspita Hadi Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.58706/reog.v1n1.p9-16

Keywords:

Ethnofisika, Katapel, Konsep Fisika, Keamanan, Peserta Didik SMA

Abstract

Permainan tradisional katapel yang dahulu populer di kalangan anak-anak kini dapat dijadikan media pembelajaran fisika di sekolah. Katapel mengandung berbagai konsep fisika seperti hukum Hooke, energi potensial elastis, gerak parabola, dan hukum Newton, sehingga relevan untuk pembelajaran berbasis kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan mengintegrasikan katapel dalam pembelajaran fisika SMA guna meningkatkan pemahaman konsep fisika berbasis kearifan lokal sekaligus memastikan aspek keamanannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek 24 peserta didik SMA. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 87% peserta didik merasa antusias dan menganggap pembelajaran fisika melalui praktik katapel lebih mudah dipahami serta lebih menarik. Namun, 65% peserta didik mengungkapkan kekhawatiran terkait keselamatan apabila penggunaan katapel tidak diatur dengan baik. Kekhawatiran ini dapat diatasi dengan penggunaan peluru lunak, aturan main yang ketat, area praktik yang aman, serta pengawasan guru selama kegiatan berlangsung. Dengan penerapan aturan keamanan yang ketat, katapel terbukti menjadi media pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, dan aman bagi peserta didik SMA. Penerapan ethnofisika melalui permainan tradisional seperti katapel diharapkan dapat membuat konsep fisika menjadi lebih nyata dan mudah dipahami oleh peserta didik.

References

Agustinaningrum, N. A., Sabrina , N. M. N., Kuswanti, N., & Krisdiyanti, D. (2024). Inovasi Pendidikan Berbasis Proyek: Implementasi Diorama Kota Ramah Lingkungan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Dedikasi: Journal of Community Engagement and Empowerment, 2(2), 56–63. DOI: https://doi.org/10.58706/dedikasi.v2n2.p56-63

Alfiah, L.C., Qiroah, I.F., Maysaputri, Y., & Saputra, O. (2024). Kajian etnofisika kearifan lokal api tak kunjung padam di Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 84–89. DOI: https://doi.org/10.58706/jipp.v2n2.p84-89.

Aryani, H., Deta, U.A., & Saregar, A. (2024). Studi literatur: integrasi ethnofisika perbedaan permainan tradisional dan permainan modern pada katapel. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi, 4(1), 128–133. Retrieved from: http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/797.

Aryannanda, I.P.G., dkk. (2022). Implementasi permainan tradisional mameong-meongan untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Kejora, 7(2), 81–91. DOI: https://doi.org/10.36526/kejaora.v7i2.2107.

Astuti, I.A.D., & Bhakti, Y.B. (2021). Analisis konsep fisika pada permainan tradisional gasing sebagai bahan ajar fisika. Navigasi Fisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 74–79. DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v3i2.869.

Astuti, I.A.D., Bhakti, Y.B., & Sumarni, R.A. (2021). Identification of rice drying culture “MOE” in Lebak as ethnophysics-based learning resource. NUCLEUS, 2(1), 33–38. DOI: http://doi.org/10.37010/nuc.v2i1.409.

Azmi, A., Festiyed, F., Muft, F., & Asrizal, A. (2021). Pembelajaran fisika mengintegrasikan etnosains permainan tradisional. Konstan: Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 6(2), 66–73. DOI: https://doi.org/10.20414/konstan.v6i2.67.

Cahyani, S.R., Pratama, D.A., Mawaddah, A.Z., Mashitoh, N.D., & Deta, U.A. (2024). Analisis konsep fisika pada budaya kesenian kearifan lokal permainan gulat okol Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 9–15. DOI: https://doi.org/10.58706/jipp.v3n1.p9-15.

Cendana, Herliana, & Suryanan, D. (2022). Pengembangan permainan tradisional untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 771–778. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1539.

Deta, U.A., Arisanti, A., Hudha, M.N., Lestari, N.A., Admoko, S., Uulaa, R.F.R., Prahani, B.K., & Suprapto, N. (2024). Analisis konsep fisika pada permainan tradisional kekehan. Jurnal Internasional Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 24–34. DOI: https://doi.org/10.58706/ijorce.v2n1.p24-34.

Deta, U.A., Suprapto, N., & Prahani, B.K. (2024). Model Glocal Wisdom (Glocalization of Local Wisdom): Sarana Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Sidoarjo: Mitra Edukasi dan Publikasi.

Dunggio, S. S., Abdjul, T., Payu, C. S., Pikoli, M., Uloli, R., & Odja, A. H. (2024). Development of learning media for the katapel quiz application on the concept of energy in living systems. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(10), 7914–7923. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i10.9031

Febrianty, W., Saputra, R.D., Amri, H.A., Rahmat, F.N., Handayani, R.D., & Putra, P.D.A. (2023). Eksplorasi konsep fisika kesetimbangan benda tegar pada permainan tradisional engklek sebagai bahan pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 109–120. Retrieved from: https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/2761.

Lestari, S.A., Admoko, S., & Suprapto, N. (2022). Identifikasi konsep fisika pada kearifan lokal kayangan api di Kabupaten Bojonegoro. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 10(1), 103–113. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v10i1.4707.

Lumbangaol, S.T., Marbun, J., & Sijabat, A. (2024). Kajian etnofisika pada pembuatan gerabah langkat Sumatera Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 277–283. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.277-283.

Melati, D.S., Lira, F., & Lubis, N.A. (2023). Analisis penerapan konsep fisika terintegrasi kearifan lokal permainan tradisional Aceh Tarek Siteuk. Gravitasi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains, 6(1), 32–37. DOI: https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v6i01.8150.

Nugraha, A.R. & Deta, U.A. (2023). Profil pemanfaatan kearifan lokal dalam program unggulan berbasis kearifan lokal di sekolah: studi observasional. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 51–55. DOI: https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p51-55.

Panis, I.C., Utomo, A.R., & Adi, K. (2023). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada alat musik tradisional untuk meningkatkan pemahaman konsep. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 50–59. DOI: http://doi.org/10.17977/um038v6i12023p050.

Rahesti, N., Irawan, F.A., Chuang, L.R. (2023). Analisis permainan tradisional dalam pelestarian budaya: Systematic literatur review. Jurnal Pedagogi Olahraga dan Kesehatan, 4(1), 22-29. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jpok.v4i1.19304.

Rohmah, A.N., Agustinaningrum, N.A., Rohmah, N.L., Sabrina, N.M.N., Agustinur, S.C., Alemgadmi, K.I.K., & Deta, U.A. (2024). Analisis etnofisika permainan tradisional patil lele: mengungkap konsep fisika dalam kearifan lokal. Jurnal Internasional Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 40–47. DOI: https://doi.org/10.58706/ijorce.v2n2.p40-47.

Wulansari, N.I. & Admoko, S. (2021). Eksplorasi konsep fisika pada tari dhadak merak reog Ponorogo. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 163–172. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.163-172.

Downloads

Additional Files

Published

2025-05-21

How to Cite

Aryani, H., Wilujeng, I. T. D., Nova, D. A. O., Suliyanah, S., & Hadi, W. P. (2025). Integrasi Etnofisika dalam Pembelajaran Fisika SMA: Potensi Permainan Katapel sebagai Media yang Aman dan Menyenangkan. Reog: Journal of Ecoethnoscience Education, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.58706/reog.v1n1.p9-16

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)