Generasi Fisika yang Kreatif dan Peduli Budaya: Eksplorasi Permainan Tradisional Kapal Otok-Otok sebagai Media Pembelajaran Berbasis Etnofisika
DOI:
https://doi.org/10.58706/reog.v1n1.p1-8Keywords:
Kapal Otok-Otok, Permainan Tradisional, Etnofisika, Pembelajaran KontekstualAbstract
Permainan tradisional merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran kontekstual, termasuk dalam mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi permainan kapal otok-otok sebagai media pembelajaran fisika dan mengeksplorasi pengaruh integrasi budaya lokal terhadap pemahaman konsep serta sikap afektif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui wawancara dan kuisioner terhadap siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menunjukkan antusiasme tinggi terhadap pembelajaran fisika yang dikaitkan dengan permainan tradisional. Mereka mampu mengidentifikasi konsep-konsep fisika seperti perpindahan kalor, tekanan uap, dan gaya dorong dalam prinsip kerja kapal otok-otok. Integrasi budaya lokal dalam pembelajaran fisika tidak hanya mempermudah pemahaman konsep-konsep ilmiah, tetapi juga menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap warisan budaya mereka. Pendekatan ini mendukung pembelajaran fisika yang lebih relevan dan kontekstual, sehingga meningkatkan keterlibatan siswa secara kognitif dan afektif. Dapat disimpulkan bahwa permainan kapal otok-otok memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang mendukung pendekatan etnofisika, yang tidak hanya memperkaya pengalaman belajar tetapi juga memperkuat ikatan siswa dengan budaya lokal mereka.
References
Abidin, N.S.R., Waroh, A.M., Amora, G.D., & Setiaji, B. (2024). Penenrapan prinsip aksi dan reaksi: hukum III Newton dalam gerakan kapal otok-otok. Jurnal Penelitian Fisika dan Terapannya (Jupiter), 9(1), 27-32. DOI: http://doi.org/10.31851/jupiter.v6i1.13931.
Ady, W.N., Muhajir, S.N., & Irvani, A.I. (2024). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA melalui model Problem Based Learning berbantuan permainan tradisional. Jurnal Pendidikan MIPA, 14(3), 772–785. DOI: https://doi.org/10.37630/jpm.v14i3.1775.
Agustin, N.W., Susandi, A., & Muhammad, D.H. (2021). Permainan tradisional sebagai sarana mengembangkan kemampuan fisik motorik anak dan nilai-nilai pendidikan Islam di PAUD Kamboja Probolinggo. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 12(2), 33–44. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i02.552.
Agustina, E., Handhika, J. & Sasono, M. (2019). Apersepsi permainan tradisional “kapal otok-otok” pada pembelajaran fisika SMK materi kalor. Seminar Nasional Pendidikan Fisika V 2019, 1-6. Retrieved from: https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNPF/article/view/1390.
Amananda, N., Fatmaryanti, S.D., & Anjarini, T. (2025). Analisis keterampilan guru dalam mengadakan variasi media pembelajaran IPA di sekolah dasar. Borobudur Educational Review, 5(1), 70-79. DOI: https://doi.org/10.31603/bedr.13312.
Astuti, I.A.D., Bhakti, Y.B., & Sumarni, R.A. (2021). Identification of rice drying culture “MOE” in Lebak as ethnophysics-based learning resource. NUCLEUS, 2(1), 33–38. DOI: http://doi.org/10.37010/nuc.v2i1.409.
Astuti, I.A.D., & Bhakti, Y.B. (2021). Kajian etnofisika pada tari piring sebagai media pembelajaran fisika. Prosiding Seminar Nasional Sains (SINASIS), 2(1), 477–482. Retrieved from: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/5387.
Dani, R., Jufrida, Basuki, F.R., & Aprily, U. (2022). Pengembangan e-modul berbasis kearifan lokal materi momentum dan impuls SMA kelas X. Physics Science Education Journal (PSEJ), 2, 32-46. DOI: https://doi.org/10.30631/psej.v2i1.1290
Deta, U.A., Arisanti, A., Hudha, M.N., Lestari, N.A., Admoko, S., Uulaa, R.F.R., Prahani, B.K., & Suprapto, N. (2023). Physics concepts analysis in the traditional games of Kekehan. International Journal of Research and Community Empowerment (IJoRCE), 2(1), 24–34. DOI: https://doi.org/10.58706/ijorce.v2n1.p24-34.
Deta, U.A., Nugraha, A.R., Prahari, B.K., & Suprapto, N. (2024). Potential development of teaching materials based on local wisdom Karapan Sapi Madura. AIP Conference Proceedings, 3058(1), 040007. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0201512.
Djarwo, C.F., Inggamer, M.M., Jukwati, J., Rumbrapuk, A.J., & Astuti, N. (2025). Analisis literasi digital berbasis etnosains dalam pembelajaran kimia untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 15(1), 62–77. DOI: https://doi.org/10.23887/jppii.v15i1.93346.
Elisa, E., Prabandi, A.M., Istighfarini, E.T., Alivia, H., Handayani, L.W.I., & Nuraini, L. (2022). Analisis konsep-konsep fisika berbasis kearifan lokal pada jajanan tradisional dawet dan klepon. Jurnal ORBITA, 8(4), 194-199. DOI: https://doi.org/10.31764/orbita.v8i2.10197.
Halimah, S.N., Amin, M., & Sasmita, F.E. (2025). Efektivitas model pembelajaran kolaboratif berbasis etnosains untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), 467-480. DOI: https://doi.org/10.56338/jks.v8i1.6812.
Hanifa, S., & Hidayah, N. (2024). Mengintegrasikan kearifan budaya lokal Batik Garutan melalui pembelajaran SBDP di sekolah dasar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1201–1209. DOI: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.647.
Hasan, S.N., Mahyudin, H., & Dahlan, N.H. (2024). Pengembangan media pembelajaran majalah fisika berbasis permainan tradisional untuk meningkatkan literasi sains pada siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan, 11, 45-56. DOI: https://doi.org/10.25157/jwp.v11i1.12583.
Hidayat, C., Maulana, A., Setiawan, C., Ariesta, E., Wijayati, E.S., & Anwaruddin. (2025). Festival budaya Aceh and Papua di Al Azhar Syifa Budi Cibubur. WIDYA LAKSMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(1), 291–296. DOI: https://doi.org/10.59458/jwl.v5i1.133.
Isnaniah, N., & Masniah. (2022). Pembelajaran Fisika Berbasis Etno-STEM melalui Permainan Tradisional Kalimantan Selatan. Al Kawnu: Science and Local Wisdom Journal, 2(1), 116-121. DOI: http://doi.org/10.18592/ak.v2i1.7418.
Lestari, N. (2023). Konsep Fisika pada Sumpit Dayak dari Kalimantan sebagai bahan ajar berbasis Etnofisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 551-556. DOI: http://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.1014.
Mahyudin, H., & Hasan, S.N. (2024). Etnofisika permainan tradisional Dodorobe sebagai pengembangan bahan ajar fisika. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika dan Riset Ilmiah), 8(2), 82–91. DOI: https://doi.org/10.30599/jipfri.v8i2.3790.
Makhmudah, N.L., dkk. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Permainan Tradisional Kalimantan Tengah Pada Materi Momentum Dan Impuls. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 181-186. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i3.15222.
Maulani, N., Linuwih, S., & Sulhadi, S. (2021). Pengembangan Asesmen Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Pada Materi Hukum Newton. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 10(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.15294/upej.v10i1.46639.
Muazimah, A., & Wahyuni, I.W. (2020). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal melalui permainan tradisional tarik upih dalam meningkatkan motorik kasar anak. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3, 70–76. DOI: https://doi.org/10.25299/jge.2020.vol3(1).5505.
Panis, I. C., Mukin, M. U. J., Uran, Y. L., & Coryunitha, I. (2023). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal pada alat musik tradisional untuk meningkatkan pemahaman konsep. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6, 50-59. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v6i12023p050
Pratiwi, A.D., Deta, U.A., & Saregar, A. (2024). Etnofisika di balik permainan tradisional kapal otok-otok: Systematic literature review. Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains Dan Teknologi, 4(1), 23–31. Retrieved from http://e-jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/SINAPMASAGI/article/view/778.
Putra, A.M.S., Handayani, R.D., Prihandono, T., & Bachtiar, R.W. (2022). Analysis of equilibrium concepts at traditional dance of Tari Banjarkemuning, Sidoarjo as an innovation of physics learning by ethnoscience approach. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 12, 62-75. DOI: https://doi.org/10.26740/jpfa.v12n1.p62-75.
Rahman, A., Munandar, S.A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8. Retrieved from: https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757.
Ramdani, E. (2018). Model pembelajaran kontekstual berbasis kearifan lokal sebagai penguatan pendidikan karakter. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 1–10. DOI: http://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8264.
Rosidah, A.S., Alqurni, A., & Prayogo, M.S. (2023). Penggunaan alat peraga pada mata pelajaran IPA Fisika tentang bunyi di Sekolah Dasar. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 298–316. DOI: https://doi.org/10.58577/dimar.v4i2.82.
Shofiyah, N., Wulandari, R., & Setiyawati, E. (2020). Modul dinamika partikel terintegrasi permainan tradisional berbasis e-learning untuk meningkatkan literasi sains. Jurnal Kependidikan, 6, 292-299. DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2639.
Utami, S.D. (2020). Mantra (permainan tradisional): aplikasi berbasis android sarana penanaman pendidikan karakter melalui pelestarian kebudayaan bangsa. Prosiding National Simposium & Conference Ahlimedia, 1(1), 67–78. DOI: https://doi.org/10.47387/nasca.v1i1.19.
Widia, C., Fathoni, R.N., Afifah, N., Ghifari, R., & Purwanti, P. (2024). Analisis konsep fisika pada permainan tradisional engklek sebagai bahan ajar pada materi usaha. Prosiding Seminar Nasional Sains (SINASIS), 5(1), 150–155. Retrieved from: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/7960.
Wulansari, N.I., & Admoko, S. (2021). Eksplorasi konsep fisika pada tari dhadak merak reog Ponorogo. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 163-172. DOI: https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.163-172.
Yahya, A.I.B., Suprapti, S., Arifin, Z.A., Wahid, S., & Sumadyo, B. (2025). Studi deskriptif penggunaan pengajaran bahasa komunikatif dalam pengajaran berbicara pada siswa kelas delapan di MTs Roudlotusysyubban Pati Tahun Ajaran 2015/2016. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2448-2458. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7155.
Yanti, Y.R., Sari, N.E., & Azzahra, M. (2022). Penerapan metode etnomatematika pada permainan engklek sebagai media pembelajaran materi bangun datar matematika jenjang sekolah dasar. Prosiding Seminar Naional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 611-618. Retrieved from: https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/issue/view/17.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ananda Dwi Pratiwi, Elfandari Anindito Kartika Putri, Setyo Admoko, Misbah Misbah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



