Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga “Perahu Rakit” dan Laboratorium Maya pada Materi Hukum Archimedes

Authors

  • Fatimatuz Zahro Universitas Negeri Surabaya
  • Tri Suci Ambarwati Universitas Negeri Surabaya
  • Jijah Septianingrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p66-76

Keywords:

Media Pembelajaran, Alat Peraga, Hukum Archimedes

Abstract

Media pembelajaran yang digunakan saat ini sudah canggih karena memanfaatkan teknologi informasi. Walaupun demikian, alat peraga sederhana masih tetap relevan dalam pembelajaran IPA. Tujuan pelakasanaan penelitian ini untuk mengetahui validitas dari alat peraga yang telah dibuat, yaitu alat peraga “Perahu Rakit” dalam penerapan hukum Archimedes. Pengujian validitas alat peraga memanfaatkan laboratorium maya di situs virtual lab rumah belajar pada materi “Hukum Archimedes”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini research design kuantitatif dengan memanfaatkan uji coba kelas skala kecil. Pengolahan data dalam menentukan validitas menggunakan koefisien Aiken’s V. Validitas alat peraga menurut dua orang guru IPA lebih efektif pada laboratorium maya simulasi “Hukum Archimedes”. Minat dan motivasi siswa saat pembelajaran mayoritas merespon menarik dan mudah dalam penggunaan alat peraga “Perahu Rakit”. Tanggapan para siswa terhadap media alat peraga uji efektivitas alat peraga “Perahu Rakit” ditinjau dari aspek desain, aspek kualitas dan aspek efektivitas. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa laboratorium maya simulasi “Hukum Archimedes” memiliki potensi untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar pada siswa.

 

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131-142. DOI: 10.1177/00131644854 51012

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas (4th ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chabibie, M. H., Hakim, W., & Hakim, W. (2016). Pengaruh Penerimaan Teknologi dengan Kebergunaan Web: Studi Kasus Portal Rumah Belajar Kemendikbud. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 37–59. Retrieved from: https://ejournals.umn.ac.id/index.php/FIKOM/articl e/view/943/676.

Edmawati, M. D., Purwaningsih, S. R., Fitriana, F., & Fauzan, D.S. (2020). Analisis Peranan Bimbingan Kelompok Berbasis Daring dengan Teknik Group Discussion dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Edu Consilium: Jurnal BK Pendidikan Islam, 2(2), 1-20.

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Manyilizu, M. C. (2022). Effectiveness of Virtual Laboratory vs. Paper-Based Experiences to the Hands-On Chemistry Practical in Tanzanian Secondary Schools. Education and Information Technologies, 28(3), 1-18. DOI: 10.1007/s10639-022-11327-7.

Nurgiansah, T. H. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Media Pembelajaran Konvensional dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1529-1534.

Putri, S.S. & Kristiana, N. (2022). Perancangan Flashcard Karikatur Fisikawan sebagai Media Pembelajaran Siswa SMP. BARIK, 3(3), 30-44. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48083.

Reiser, R. A. & Dempsey, J. V. (2012). Trends and Issues in Instructional Design and Technology. New York: Pearson.

Sa’adah, N., Syahrial, S., & Sumianto, S. (2021). Analisis Faktor Lingkungan Sekolah yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 299–309. DOI: 10.33487/edumaspul.v5i2.2067

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafiondo Persada

Hamidah, N., & Barus, M. I. (2021). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3), 316. DOI: 10.47783/literasiologi.v7i3.316.

Scanlan, C. L. (4 Juni 2022). Instructional Media: Selection and Use. Retrieved from: http://www.umdnj.edu/idsweb/idst5330/instructional_media.htm.

Sujanem, R., Sutarno, E., & Aris Gunadi, I. G. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Simulasi Praktikum IPA SMP dengan Program Simulasi PhET. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11-17. DOI: 10.23887/ijcsl.v3i1.17485.

Supahar & Prasetyo, Z. K. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Kemampuan Inkuiri Peserta Didik pada Mata Pelajaran Fisika SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 19(1), 96-108. Retrieved from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jp ep/article/view/4560.

Susilaningsih, C. Y. & Rahayu, D. S. (2019, Desember). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Siswa SLTA Kota Madiun Terhadap Jurusan Bimbingan dan Konseling. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, 3(1), 18-23.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Jurnal ISTIQRA’, 5(2), 461.

Warsita, B. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 23(1), 65-78. Retrieved from: https://jurnalteknodik.kemdikbud.go.id/index.php/ju rnalteknodik/article/view/355.

Yaumi, M. (2017). Media Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Makassar: Alauddin University Press.

Downloads

Additional Files

Published

11-07-2023

How to Cite

Zahro, F., Tri Suci Ambarwati, & Jijah Septianingrum. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga “Perahu Rakit” dan Laboratorium Maya pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.58706/jipp.v1n2.p66-76

Issue

Section

Articles

Similar Articles

<< < 1 2 

You may also start an advanced similarity search for this article.