Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Game Ular Tangga Numerasi Oleh KKN Unesa untuk Mendukung Program SAS (Sekolah Arek Suroboyo)
DOI:
https://doi.org/10.58706/dedikasi.v1n1.p16-21Keywords:
Media Pembelajaran, Game Ular Tangga, NumerasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Game Ular Tangga Numerasi untuk mendukung Program SAS (Sekolah Arek Suroboyo) di SDN Benowo 3 Surabaya. Permasalahan yang diangkat berdasarkan minimnya media pembelajaran, sehingga guru dituntut untuk kreatif dalam memilih media pembelajaran yang tepat bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, IV, dan V SDN Benowo 3 Surabaya. Sampel yang digunakan adalah 45 siswa melalui teknik random sampling. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan hasil pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu: (1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi Produk. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pengembangan media pembelajaran berupa Game Ular Tangga Numerasi sangat efektif digunakan untuk mendukung Program SAS (Sekolah Arek Suroboyo) di SDN Benowo 3 Surabaya yang kreatif dan edukatif.
References
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41-49. DOI: 10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.
Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104-1113.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171.
Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan karakter pada pembelajaran daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.
Sudarsi, S. (2017). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Edmodo Terhadap Kepuasan Siswa Di Smkn 1 Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 5(2), 246-262.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103-114.
Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik Untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Anak Usia Dini Melalui Media Permainan Ular Tangga Raksasa. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 157-167.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dea Ramadhana, Rachmadaniz Audrey, Savana Nisva, Fifta Itsna, Suliyanah Suliyanah, Nurita Apridiana Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.





