Analisis Bibliometrik: Pengembangan Konseptual dan Keterampilan Abad Ke-21 Melalui Physics Problem-Based Learning
Keywords:
Pembelajaran Fisika, Problem-Based Learning, Keterampilan Abad ke-21Abstract
Di era digital ini, pembelajaran fisika membutuhkan pendekatan yang mampu mengatasi permasalahan konseptual. Selain itu, pendekatan ini juga harus bisa meningkatkan keterampilan abad ke-21. Problem-Based Learning (PBL) merupakan salah satu strategi pedagogis yang relevan dan efektif yang membuat siswa dapat berperan aktif dalam mengatasi masalah kontekstual di kehidupan nyata. Dukungan teknologi digital seperti simulasi komputer dan laboratorium virtual dapat memperluas pengalaman belajar, dan meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan aspek kognitif hasil belajar siswa, tetapi juga dapat mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis, komunikasi, kolaborasi, dan kreativitas sesuai dengan tuntutan pendidikan di era ini. Selain itu, PBL juga berkontribusi dalam perubahan konseptual siswa serta mampu mengatasi pemahaman dalam fisika, seperti gaya, gerak, dan energi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan bibliometrik dengan database Scopus pada periode 2004-2024 melalui proses seleksi dan analisis yang melibatkan visualisasi jaringan penulis dan institusi. PBL menunjukkan kontribusi signifikan terhadap penguasaan konsep dan pengembangan keterampilan multi dimensional. Namun, penerapan PBL di lapangan juga menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan waktu, kesiapan guru, serta kurangnya sumber daya penunjang. Untuk mengatasi tantangan ini, diperlukan beberapa dukungan, seperti sumber daya yang memadai, pelatihan guru secara konsisten, dan pengembangan instrumen evaluasi yang mampu mengukur perubahan konseptual secara holistik dan autentik. Selain itu, penelitian lanjutan sangat disarankan untuk mengembangkan implementasi yang adaptif dan instrumen evaluasi yang inovatif agar PBL dapat menjadu strategi yang optimal dalam membentuk pembelajaran fisika yang kritis dan siam menghadapi tantangan global.
References
Abaniel, A. (2021). Enhanced conceptual understanding, 21st century skills and learning attitudes through an open inquiry learning model in Physics. JOTSE, 11(1), 30-43. Retrieved from: https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=7954481.
Ansya, Y.A.U. & Salsabilla, T. (2024). Model pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan antara model pembelajaran problem based learning dengan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika siswa. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 4(1), 14-20. DOI: https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946.
Arman, A., Annisa, M., & Kartini, K. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berkarakter berbasis integrasi model pembelajaran problem based learning dan keterampilan proses sains. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.90.
Asuri, A.R., Suherman, A., & Darman, D.R. (2021). Penerapan model problem based learning (PBL) berbantu mind mapping dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1), 22-28. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.7624.
Danial, M. (2012). Pengaruh strategi PBL terhadap keterampilan metakognisi dan respon mahasiswa. Chemica, 11(2), 1-10. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v11i2.487.
Dewi, S.S., Ruhiat, Y., Guntara, Y., & Adi, N.P. (2019). Integrasi problem based learning dalam pengembangan mobile apps fisika pada materi suhu dan kalor. SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains, 5(2), 173-177. DOI: https://doi.org/10.32699/spektra.v5vi2i.110.
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W.M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. DOI: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070.
Erwinsyah, A. (2017). Manajemen pembelajaran dalam kaitannya dengan peningkatan kualitas guru. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 69-84. Retrieved from: https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/517.
Fasha, A.N., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2024). Pendekatan komunikasi adaptif melalui problem-based learning untuk meningkatkan kompetensi konselor dalam public speaking. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15(3), 337-347. DOI: https://doi.org/10.23887/jibk.v15i3.89031.
Hertina, D., Nurhidaya, M., Gaspersz, V., Nainggolan, E.T.A., Rosmiati, R., Sanulita, H., ... & Ferdinan, F. (2024). Metode pembelajaran inovatif era digital: Teori dan penerapan. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.
Mayanti, A., Poluakan, C., & Tumimomor, F.R. (2022). Pengaruh model problem based learning (PBL) menggunakan metode demonstrasi dan eksperimen pada pembelajaran fisika tentang Hukum Newton. Charm Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 9-14. DOI: https://doi.org/10.53682/charmsains.v3i1.144.
Muliana, Fonna, M., & Nufus, H. (2024). Pengaruh penerapan problem based learning (PBL) terhadap keterampilan abad 21. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 5(1), 22-30. DOI: https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v5i1.2900.
Pakpahan, R.A. (2022). Improving students' scientific literacy through problem based learning. Jurnal Pendidikan LLDIKTI Wilayah 1 (JUDIK), 2(02), 68-73. DOI: https://doi.org/10.54076/judik.v2i02.257.
Putri, N.A., Yunia, A.H., & Suyuti, S. (2025). Efektivitas model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Ilmiah Penelitian Mahasiswa, 3(4), 592-602. DOI: https://doi.org/10.61722/jipm.v3i4.1142.
Resbiantoro, G., & Nugraha, A.W. (2017). Miskonsepsi mahasiswa pada konsep dasar gaya dan gerak untuk sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 5(2), 80-87. DOI: https://doi.org/10.26714/jps.5.2.2017.80-87.
Rostiany, Y. & Tjandra, E. (2022). Analisis bibliometrik studi perkembangan metode service quality pada database google scholar menggunakan vosviewer (Studi literatur tahun 2016 – 2020). Smatika Jurnal, 12(01), 85–93. DOI: http://dx.doi.org/10.32664/smatika.v12i01.677.
Satuti, R., & Atmojo, I.R.W. (2025). Mengatasi miskonsepsi dalam pembelajaran IPA: Tantangan dan strategi untuk peningkatan pemahaman sains di sekolah dasar pada materi iklim dan perubahan. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 12(1), 150-161. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4378.
Shofiyah, N. & Wulandari, F.E. (2018). Model problem based learning (PBL) dalam melatih scientific reasoning siswa. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 33-38. DOI: https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38.
Sucipta, I.W., Candiasa, I.M., & Sudirtha, I.G. (2023). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan bentuk asesmen formatif terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 13(2), 168-178. DOI: https://doi.org/10.23887/jpepi.v13i2.2660.
Suindhia, I.W. (2023). Pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 49-56. DOI: https://doi.org/10.51878/teaching.v3i1.2163.
Yahya, F., Nursalim, M., & Masito, S. (2023). Model problem based learning berbantuan laboratorium virtual dalam pembelajaran fisika: Kajian literatur. Jurnal Kependidikan Media, 12(3), 172-178. DOI: https://doi.org/10.26618/jkm.v12i3.13457.
Yulisman, B. P., & Usmeldi, U. (2021). Praktikalitas pengembangan buku siswa dengan model problem based learning ber-integrasi kemampuan berfikir kreatif untuk meningkatkan kreativitas peserta didik SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 7(2), 163-170. DOI: https://doi.org/10.24036/jppf.v7i2.113807.
Zahara, L., Suastra, I.W., Atmaja, A.W.T., & Tika, I.N. (2024). Perspektif filsafat pendidikan dalam mengembangkan pemahaman konsep fisika. Consilium: Education and Counseling Journal, 5(1), 257-267. DOI: https://doi.org/10.56959/jpss.v10i2.266.
Zulva, N.R., Ristanto, S., & Khoiri, N. (2024). Kajian literatur: Model pembelajaran problem based learning pada materi fisika terhadap hasil belajar siswa. Lontar Physics Today, 3(2), 055-063. DOI: https://doi.org/10.26877/lpt.v3i2.21839.

